Budaya

6 Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Salude Alat Musik Tradisional Dari sulawesi

Salude Alat Musik Tradisional Dari sulawesi

Alat musik tradisional dari Sulawesi – Kepulauan Sulawesi merupakan tempat dimana berpusatnya berbagai macam keunikan dari adat istiadat, kultur serta budayanya. Semuanya memiliki nilai-nilai warisan dari sejarah masa lalu, dari generasi ke generasi.

Khususnya pada budaya kesenian, Sulawesi disebut juga sebagai daerah yang kaya akan berbagai corak instrumen alat musik tradisionalnya.

Budaya Sulawesi

Budaya Sulawesi – Photo By Kode Singkatan

Dari ujung Sulawesi Utara, Tengah, hingga Selatan, semua wilayah ini masih tetap menjaga seni dan alat musik tradisionalnya dengan sangat baik , hingga tidak sampai pupus ditelan zaman.

Dibawah ini akan kita bahas mengenai 6 alat musik tradisional dari Sulawesi, yang masih digunakan hingga saat ini.

Baca Juga:

Menikmati alunan 6 Lagu Daerah Yang Berasal Dari Kalimantan Utara Dan Makna Plus Liriknya

Menyanyikan 6 Lagu Daerah Berasal Dari Nusa Tenggara Barat

1. Alat Musik Kolintang

Kolintang Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Kolintang Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Gas Banter

Alat musik Kolintang merupakan salah satu alat musik tradisional dari Sulawesi. Atau lebih tepatnya merupakan alat musik yang cukup terkenal di Minahasa, Sulawesi Utara.

Instrumen musik ini biasanya terbuat dari kayu yang ringan dan disusun secara horizontal.

Untuk dapat  memainkannya dibutuhkan alat tambahan berupa tongkat pukul kecil, yang di bagian ujungnya dibalut dengan kain atau benang. Tongkat pemukul ini disebut dengan mallet.

2. Alat Musik Salude

Salude Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Salude Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Gas Banter

Alat musik Salude merupakan salah satu alat musik sejenis sitar tabung. Instrumen ini merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi, atau tepatnya di Sulawesi bagian utara.

Salude biasa dibuat dari seruas bambu yang dilengkapi dengan dua dawai, yang berasal dari kulit ari bambu tersebut. Pada bagian tengah bidang bambu,terdapat lubang yang berfungsi sebagai ruang resonansi.

Cara memainkan alat musik tradisional ini dengan cara dipetik dan dipukul. Alat pemukulnya berupa pelepah pinang yang sudah diproses sedemikian rupa .

3. Alat Musik Jalapa

Jalapa Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Jalapa Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Tentang Provinsi

Alat musik Jalapa adalah alat musik tradisional dari Sulawesi bagian selatan. Alat ini berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Instrumen tradisional  ini biasanya dimainkan pada setiap ada upacara adat tertentu. 

Alat musik ini juga  memiliki nama lain. Pada beberapa daerah, lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalapa pada saat upacara adat tolak bala . Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari proses seremoni. 

Baca Juga:

4. Alat Musik Tolindo/Popondi

Tolindo Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Tolindo Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Wadaya

Selanjutnya adalah alat musik Tolindo, yang merupakan alat musik tradisional  dari Sulawesi Selatan. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik.

Bentuknya sangat unik, karena terbuat dari bahan kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh. Sedang pada bagian busurnya, terdapat senar panjang yang akan menghasilkan suara bila dipetik. 

Mayoritas masyarakat Bugis memberi nama alat musik ini dengan sebutan Tolindo, sedangkan masyarakat Makassar menyebutnya dengan sebutan Popondi.

5. Alat Musik Ganda

Ganda Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Ganda Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Tentang Provinsi

Alat musik Ganda merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Tengah. Cara memainkannya dilakukan dengan cara ditabuh seperti gendang. 

Bentuk alat musik ini lebih mirip dengan alat musik Tifa, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping. Alat musik ini dilapisi dengan kulit binatang di bagian kedua sisinya.

6. Alat Musik Dimba Nggowuna

Dimba Nggowuna Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi

Dimba Nggowuna Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi – Photo By Zona Berita Sultra

 

Alat musik ini memiliki nama yang khas, yaitu Dimba Nggowuna. Alat musik tradisional dari Sulawesi Tenggara ini, dimiliki oleh suku Tolaki sejak Zaman Neolitikum. 

Namun sayangnya, seiring berkembangnya zaman, alat musik yang terbuat dari bambu ini, mulai tergantikan dengan alat musik modern.

Demikian  informasi tentang  6 alat musik tradisional dari Sulawesi, yang sudah kita bahas pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat, dan dapat membuat kita semakin mencintai kesenian anak Bangsa kita sendiri.

 

 

Leave a Reply