5 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang yang Sangat Menggoda - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam

5 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang yang Sangat Menggoda

Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang

Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang - sumber : andalas tourism

Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang – Empat Lawang ini merupakan kabupaten yang ada di Sumatera Selatan yang baru terbentuk pada tahun 2017 hasil pemekaran dari kabupaten Lahat. Sebagai kota tua, maka Tebing Tinggi dan berbagai kecamatan yang ada di sekitarnya tentu mempunyai situs-situs bersejarah yang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai sebuah destinasi wisata.

Disamping itu pesona alam yang dimiliki oleh kabupaten ini juga mempunyai daya jual. Sehingga tidak salah jika memang Empat Lawang ini mulai mengembangkan sektor pariwisata. Nah berikut ini saya mencoba merangkum  5 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang yang wajib kalian kunjungi.

1. Air Terjun Kemangmanis

Air Terjun Kemangmanis, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang

Air Terjun Kemangmanis, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang – Sumber : beritamusi

Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang yang pertama adalah Air Terjun Kemangmanis. Seperti yang kita tahu jika Kemangmanis ini merupakan nama sebuah desa yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi. Desa ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena mempunnyai 3 objek wisata air terjun yang ada di 3 lokasi yang berbeda-beda.

Semuanya memiliki suguhan keindahan alam yang sangat berbeda pula tentunya. Ketiga air terjun tersebut bernama Air Terjun Taman Jodoh, Air Terjun Batu Jambat Akar dan Air Terjun Curug Bengkuang.

Daya tarik dari ketiga air terjun yang terdapat di Desa Kemangmanis tersebut tidak hanya dari sisi keindahannya saja, tapi juga dari lokasinya yang memang cukup mudah untuk dijangkau karena tidak seberapa jauh dari perkampungan penduduk. Sehingga kamu tidak perlu harus untuk menguras tenaga untuk bisa sampai ke lokasi.

2. Air Terjun Batu Betiang, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang 

Air Terjun Batu Betiang, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang

Air Terjun Batu Betiang, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang – Sumber L mongabay

Nama Air Terjun Batu Betiang mungkin memang sudah cukup akrab di telinga para wisatawan karena “Batu Betiang” ini dipakai untuk nama beberapa objek wisata air terjun seperti yang ada  di Rejang Lebong, Bengkulu serta di Empat Lawang.

Seperti wisata air terjun pada umumnya, maka Air Terjun Batu Betiang yang ada di Empat Lawang ini berada di kawasan hutan dengan akses jalan yang cukup berat, licin serta terjal, bahkan terkadang cukup ekstrim karena harus menaiki tebing yang curam.

Menariknya, panorama yang sangat indah tidak hanya ditemui oleh para wisatawan pada saat berkunjung ke lokasi air terjun. Pada saat akan melakukan perjalananpun, maka kamu akan disuguhi oleh kecantikan alam khas  kawasan hutan serta juga perbukitan.

Baca Juga ya : 

3. Arung Jeram Ulu Musi

Arung Jeram Ulu Musi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang

Arung Jeram Ulu Musi, Tempat Wisata di Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang – sumber : andalas tourism

Menjelajah aliran sungai yang berbatu dengan kondisi arus yang sangat deras serta ombak yang besar di atas perahu karet, maka akan memberikan sebuah keasyikan tersendiri jika di sepanjang sungai yang dilalui, terhampar sebuah pemandangan alam yang indah dan asri.

Leave a Reply