Daftar Wisata, Tentang Kota

5 Tempat Wisata di Tanjungbalai, Sumatera Utara

Tempat Wisata di Tanjungbalai

Tempat Wisata di Tanjungbalai - Sumber: @tobasaparhiteanrafting

Tempat Wisata di Tanjungbalai – Kota Tanjungbalai adalah salah satu bagian dari provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini terletak kurang lebih 186 km dari kota Medan atau sekitar 5 jam bila ditempuh dengan kendaraan darat. Kota Tanjungbalai terletak di tepi sungai terpanjang di Sumatera Utara, Sungai Asahan.

Kota Tanjungbalai mendapatkan penghargaan”Adipura” sebagai “Kota Terbersih se-Indonesia” sebanyak lima kali. Oleh karena itu, kota Tanjungbalai punya pesona untuk mendatangkan wisatawan. Berikut 5 Tempat Wisata di Tanjungbalai Kabupaten Asahan Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi ya.

1. Sungai Asahan

sungai asahan, Tempat Wisata di Tanjungbalai

Sungai Asahan, Tempat Wisata di Tanjungbalai – Sumber: @tobasaparhiteanrafting

Sungai terpanjang di Sumatera Utara menjadi tempat wisata wajib di Tanjungbalai. Sungai ini melintasi beberapa Kabupaten, mengalir dari Danau Toba di Kabupaten Toba Samosir, melewati Bendungan Sigura-gura, berlanjut melewati lembah pegunungan Bukit Barisan, dan berakhir di Selat Malaka, Kabupaten Asahan.

Sungai Asahan menjadi sungai terbaik ke-3 di dunia untuk lintasan arung jeram di bawah Sungai Colorado, Amerika Serikat dan Sungai Zambesi, Afrika. Tak heran jika sungai Asahan ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Tanjungbalai yang wajib kalian kunjungi.

Arung Jeram Sungai Asahan ini mengalir sejauh 22 kilometer dengan arus aliran air yang sangat cepat. Sejak 2003, sungai Asahan menjadi tuan rumah acara internasional Arung Jeram hingga saat ini.  Arung Jeram ini berpusat di Kecamatan Bandar Pulau.

Apabila kamu ingin bermain arung jeram bersama keluarga atau teman-teman, alternatif untuk sampai ke lokasi adalah dari Bandara Kualanamu di Medan, kamu langsung ke kecamatan Bandar Pulau melalui Jalan Kisaran. Dari Bandar Pulau, kamu langsung melanjutkan perjalanan ke Desa Tangga. Jarak yang akan ditempuh yakni 90 km dan waktu yang dibutuhkan adalah 4 jam.

2. Jembatan Tabayang

Jembatan Tabayang, Tempat Wisata di Tanjungbalai

Jembatan Tabayang, Tempat Wisata di Tanjungbalai – Sumber: wartawisata.id

Tempat Wisata di Tanjungbalai Asahan lainnya adalah panorama di sekitar Jembatan Tabayang. Jembatan Tabayang sendiri memiliki panjang  sekitar 600 meter dan dibangun pada tahun 2008 di atas Sungai Asahan. Selain menjadi media penyeberangan Kota Tanjungbalai dan Kecamatan Sei Kepayang, Jembatan Tabayang menjadi destinasi wisata yang menarik.

Banyak anak muda-mudi datang ke sini untuk menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi di atas sungai dan hijaunya pepohonan yang berada di pinggiran sungai. Jembatan Tabayang biasanya ramai di malam hari karena sorot lampu di jembatan ini menciptakan suasana yang indah.

3. Istana Asahan

Istana Asahan

Istana Asahan

Bila kamu adalah penyuka wisata sejarah, jangan lewatkan Tempat Wisata di Tanjungbalai ini yakni Istana Asahan. Di tempat bersejarah ini kamu akan mendapatkan informasi sejarah Kesultanan Asahan yang berdiri pada sekitar tahun 1880.

Pada tahun 1970, Istana Asahan yang seharusnya dipugar akhirnya dirobohkan oleh pihak pengembang untuk perluasan bangunan. Akhirnya, pada tahun 2010 bangunan replika Istana Asahan berhasil dibangun. Lokasinya ada di Jalan Bendang, Sei Raja, Kecamatan Tualang Raso.

Namun, bangunan yang ada saat ini masih sangat persis dengan gaya arsitekturistana yang asli. Struktur bangunan yang berlantai 2, dua kubah yang ada di atas, hingga 3 ruang di dalam istana yang terdiri dari bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri.

Baca Juga ya :

4. Vihara Tri Ratna

Vihara Tri Ratna, Tempat Wisata di Tanjungbalai

Vihara Tri Ratna, Tempat Wisata di Tanjungbalai – Sumber: Instagram @viharatriratna

Resmi diresmikan pada tahun 1984, Vihara Tri Ratna sudah berdiri dengan kokoh selama 36 tahun di kota Tanjungbalai. Vihara ini berlokasi ini di Jalan Asahan, Kelurahan Indrasakti.

Vihara Tri Ratna ini terdiri dari 6 lantai, Vihara Tri Ratna dapat menampung lebih dari 2.000 jemaat di kota Tanjungbalai. Vihara ini tidak hanya dikunjungi oleh para jemaatnya, para wisatawan juga banyak yang mampir ke sini karena keindahan dari arsitektur bangunannya.

Dengan arsitektur khas Tiongkok dengan tambahan desain yang modern, vihara ini terlihat sangat menarik. Dari kejauhan, terlihat keberadaan Patung Buddha Amithaba di lantai puncak. Pesona yang ditawarkan vihara ini menjadikanya sebagai salah satu Tempat Wisata di Tanjungbalai Asahan yang wajib dikunjungi.

5.  Water Boom Tanjungbalai

waterboom tanjung balai

Water Boom Tanjungbalai – Sumber: pariwasatasumut.net

Selain terkenal dengan keindahan sungai dan lautnya, kota Tanjungbalai juga mempunyai wisata air yang menjadi favorit warga setempat, yaitu Water Boom Tanjungbalai Asahan. Tempat Wisata di Tanjungbalai ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit bagi warga Asahan.

Cukup membayar tiket masuk Rp 20.000,- per orangnya, kamu bisa menikmati wisata air yang menyenangkan. Wahana di water boom ini sudah cukup lengkap, jadi tak heran bila tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama saat liburan sekolah.

**

Itulah beberapa tempat wisata di kota Tanjungbalai Asahan yang wajib kamu kunjungi ya. Jangan lupa ajak kerabat atau teman-teman terdekat untuk berwisata bersama di kota Tanjungbalai. Jangan lupa juga abadikan momen-momen tersebut dan bagikan di media sosial agar lebih banyak orang tau tentang kota Tanjungbalai.

Leave a Reply