Budaya, Daftar Wisata, Pengetahuan, Rumah Adat, Taman

5 Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Tempat wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Tempat wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat – Tulang Bawang Barat adalah salah kabupaten di Provinsi Lampung dan merupakan daerah pecahan dari Kabupaten Tulang Bawang. Tulang Bawang barat adalah Kabupaten yang terbilang baru karena baru diresmikan pada 26 November 2008.Memiliki luas daerah 1.201,15 km², Kabupaten Tulang Bawang Barat juga memiliki beberapa obyek wisata yang menarik. Walau merupakan daerah baru, pemerintah Tulang Bawang Barat sangat gencar dalam mengembangkan sektor pariwisata karena Pariwisata adalah sektor yang bisa menarik orang-orang luar daerah untuk berkunjung ke Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Berikut informasi tentang 5 tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi jika melancong ke Kabupaten Tulang Bawang Barat :

1. Nuwo Sesat Agung Bumi Gayou

Nuwo Sesat Bumi Agung Gayou : Berugocottages.com

Nuwo Sesat Bumi Agung Gayou : Berugocottages.com

Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang pertama adalah Nuwo Sesat Agung Bumi Gayou. Tempat Wisata ini adalah bangunan rumah adat yang biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan dan musyawarah adat antar marga yang berada di Tulang Bawang Barat. Kegiatan seni dan budaya pun tak jarang juga dilakukan disini.

Selain itu tempat ini juga dibuka menjadi obyek wisata karena desain bangunannya yang begitu unik dan kawasan sekitarnya yang begitu asri.

Tempat ini masih berada di satu komplek dengan obyek wisata Islamic Center Tulang Bawang, sehingga bisa sekaligus bewisata di dua bangunan ikonik di Tulang Bawang.

 2. Taman Agro Wisata Tubaba

Taman Agrowisata Tubaba : Newslampungterkini.com

Taman Agrowisata Tubaba : Newslampungterkini.com

Taman Agrowisata Tubaba adalah Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat  selanjutnya. Merupakan kawasan hijau di tulang bawang barat dan sekaligus menjadi ikon wisata bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat. Di Taman Agro Wisata Tubaba pengunjung dapat melihat dan belajar tentang budidaya tanaman dan buah-buahan.

Karena merupakan salah satu wisata unggulan di Tulang Bawang Barat, maka obyek wisata ini dikelola dengan sangat baik oleh instansi terkait, sehingga fasilitas yang ada di Taman Agro Wisata ini cukup lengkap.

Taman Agro Wisata Tubaba ini terletak tak jauh dari Islamic Center Tulang Bawang dan lokasinya sangat strategis karena berada di Pusat Kota Tulang Bawang.

3. Patung Relief Empat Marga

Patung Relief Empat Marga ; Tribunnews.com

Patung Relief Empat Marga di Tulang Bawang Barat ; Tribunnews.com

Di Tulang Bawang barat ada satu bangunan ikonik yang sangat unik, yaitu sebuah relief besar dengan wajah empat marga  yang mendiami wilayah Tulang Bawang. Terletak di pusat kota Tulang Bawang Barat, bangunan Patung Relief Empat Marga ini sekilas mengingatkan Patung relief wajah hokage desa Konoha pada anime Naruto.

Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini merupakan cerminan Empat Marga yang ada dipatung ini yakni Marga Buay Buan, Marga Buay Aji, Marga Tegamoan dan Marga Suwai Umpu.

Baca Juga ya :

Karena bentuknya yang indah dan sangat ikonik, kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah untuk melihat secara langsung Patung Relief Empat Marga ini.

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan wisatawan disini tentu saja adalah berfoto ria dengan background Patung Relief Empat Marga. Tmepat ini juga menjadi destinasi favorit para fotografer jika berkunjung ke Tulang Bawang Barat.

4. Taman Umbul Kapuk, Tempat Wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk keluarga

Taman Umbul Kapuk

Taman Umbul Kapuk : Sugiyantofitri.blogspot.com

Taman Umbul Kapuk adalah Tempat wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang menawarkan keindahan Taman. Taman kota di Tulang Bawang Barat yang satu ini sangat cocok digunakan untuk sarana rekreasi bersama keluarga ataupun kawan dan sahabat. Suasananya yang begitu asri dan sejuk membuat betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu rindangnya pepohonan menjadikan udara yang berada di Taman Umbul Kapuk ini sangat segar.

Fasilitas yang tersedia di Taman Umbul Kapuk sangat beragam, mulai dari adanya gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai, lalu ada juga bebek-bebek air yang bisa digunakan untuk berkelliling kolam yang cukup luas.

Taman Umbul Kapuk juga memiliki beberapa koleksi satwa, khusunya burung. Burung elang, Burung Murai ataupun Burung Love Bird bisa ditemukan di tempat ini.

5. Kolam Embung Budidaya Ikan dan Pemancingan

Embung Budidaya dan Pemancingan Ikan : Newslampungterkini.com

Embung Budidaya dan Pemancingan Ikan : Newslampungterkini.com

Bagi penggemar wisata mancing, di Tulang Bawang Barat ada juga sebuah tempat wisata memancing yang sangat digemari oleh msyarakat sekitar dan selalu ramai dikunjungi.

Embung yang dibangun oleh pemerintah daerah dan masih terbilang baru ini adalah tempat untuk membudidayakan berbagai macam jenis ikan sekaligus area untuk memancing bagi masyarakat.

Ikan yang dibudidaya disini sangat banyak jenisnya, mulai dari ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan gabus dll.

***

demikianlah tadi informasi seputar Tempat wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Meski merupakan daerah baru namun perkembangan wisata dan sarana hiburan di Tulang Bawang Barat berkembang dengan cukup cepat. hal itu terlihat dari banyaknya kawasan-kawasan wisata yang dibangun oleh pemerintah daerah.

Semoga dunia perwisataan di Kabupaten Tulang Bawang Barat akan semakin berkembang dan melimpah, sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke Tulang Bawang Barat.

Leave a Reply