Air Terjun, Danau, Gunung, Museum, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 1

Labuha - sumber : pancagarden

Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan – Kabupaten Halmahera Selatan merupakan salah satu wilayah kepulauan di Indonesia karena sebagian besar wilayahnya berupa pulau-pulau yang dikelilingi oleh perairan laut.

Sebagai ibukota kabupaten, Labuha yang terletak di Pulau Bacan ini menyimpan banyak pesona keindahan alam pada objek-objek wisatanya yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang tengah melancong ke Halmahera Selatan. Berikut lima tempat wisata menarik di Labuha yang dapat menjadi referensi destinasi liburan anda yang wajib untuk dikunjungi.

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan

1.Keraton dan Masjid Sultan Bacan

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 2

Masjid Sultan Bacan – sumber : triptrus.com

Keraton dan masjid Sultan Bacan merupakan bangunan bersejarah yang menjadi jejak kejayaan budaya Islam di Maluku Utara oleh Kesultanan Bacan. Kesultanan Bacan berdiri sejak tahun 1322 dan memiliki peranan penting sebagai pemasok bahan-bahan pangan untuk seluruh wilayah Maluku Utara. Bangunan yang tersisa dari Kesultanan Bacan ini yaitu keraton dan masjid Sultan Bacan.

Masjid Sultan Bacan memiliki atap limasan bertingkat dua dan terdapat kaligrafi arab di setiap sisinya. Pada bagian selatan masjid terdapat kompleks pemakaman keluarga dan kerabat dari Kesultanan Bacan. Beberapa wisatawan mengatakan beribadah di masjid ini memberikan nuansa yang berbeda karena udaranya yang sejuk dan juga bersih.

2. Air Terjun Air Mata Belanda

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 3

Air Terjun Air Mata  Belanda di Labuha – sumber : ceritanegeriku

Nama Air terjun Air Mata Belanda konon berasal dari sebuah legenda yang pernah terjadi di tempat ini. Dahulu kala terdapat satu keluarga Belanda yang sedang berwisata di sekitar sungai yang berada di air terjun. Saat hendak makan, alat makan mereka tidak sengaja terjatuh ke dalam sungai.

Saat mereka bermaksud untuk mengambil alat makan tersebut, mereka justru hanyut terbawa arus sungai dan menangis sekuat tenaga. Air di sungai ini bersih dan jernih. Selain itu suasananya juga sejuk dikarenakan pepohonan yang terdapat di sekitar air terjun.

Anda dapat menyewa kendaraan dari pusat kota Labuha atau menggunakan angkot carteran untuk sampai di tempat ini. Namun untuk benar-benar sampai anda masih harus berjalan sejauh 1 km menyusuri kawasan hutan tropis menuju ke hulu sungai.

3. Gunung Sibela

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 4

Gunung Sibela – sumber : triptrus.com

Gunung Sibela merupakan salah satu gunung tertinggi di Maluku Utara dengan ketinggian mencapai 2118 meter di atas permukaan laut dan telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam sejak tahun 1987 dengan luas 23.024 Ha.

Cagar alam Gunung Sibela memiliki banyak sumber mata air yang mengalir ke beberapa sungai di Pulau Bacan. Beberapa potensi flora dan fauna yang terdapat di tempat ini yaitu meliputi vegetasi hutan dataran tinggi, hutan tropis, Kera Bacan, Kakatua Alba, Nuri Ternate, dan lain-lain.

4. Benteng Barnaveld

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 5

Benteng Barnaveld – sumber : travel.detik.com

Benteng Barnaveld merupakan benteng berbentuk segi empat dilengkapi dengan tembok pertahan yang rendah, yang dahulu diperebutkan oleh tiga negara, yaitu Portugis, Spanyol dan Belanda.

Benteng ini terletak di Jalan Benteng Barnaveld, tidak jauh dari Lapangan Samargalila. Dari atas benteng, anda akan dapat melihat panorama pemandangan pantai dan pemukiman penduduk. Selain itu, anda juga bisa melihat sebuah meriam yang telah berusia ratusan tahun.

Di sekitar benteng terdapat sebuah batu prasasti besar dengan tulisan Latin yang di bagian kanannya tertera tanda keluarga Pieter Both, Gubernur Jendral pertama VOC. Benteng Barnaveld merupakan salah satu wisata sejarah di Pulau Bacan yang sayang untuk anda lewatkan.

5. Pantai Sibela

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 6

Pantai Sibela – sumber : rctiplus

Pantai Sibela dikenal juga dengan sebutan Demarga Merah dikarenakan cat warna merah yang mendominasi tempat ini. Pantai ini berlokasi sejajar dengan garis pantai Dermaga Biru (biasa dikenal dengan Pantai Derbi). Kedua tempat ini merupakan destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Pulau Bacan.

Pada hari Minggu atau hari libur akan terjadi peningkatan pengunjung yang memilih untuk berekreasi bersama dengan keluarga di Pantai Sabela karena aksesnya yang mudah dan juga fasilitasnya yang sudah dikelola dengan baik sebagai objek wisata. Banyak pengunjung yang berfoto di pantai ini dan mengunggahnya di sosial media karena tempatnya yang instagramable.

Sebagai tambahan referensi liburan kalian, bisa juga melihat-lihat topik di bawah ini ya :

  1. Kuliner khas Labuha, Halmahera Selatan
  2. Kuliner khas Tobelo, Halmahera Utara 

 

Penulis : Via

Leave a Reply