5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Danau, Gunung, Museum, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 1

Labuha - sumber : pancagarden

Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan – Kabupaten Halmahera Selatan merupakan salah satu wilayah kepulauan di Indonesia karena sebagian besar wilayahnya berupa pulau-pulau yang dikelilingi oleh perairan laut.

Sebagai ibukota kabupaten, Labuha yang terletak di Pulau Bacan ini menyimpan banyak pesona keindahan alam pada objek-objek wisatanya yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang tengah melancong ke Halmahera Selatan. Berikut lima tempat wisata menarik di Labuha yang dapat menjadi referensi destinasi liburan anda yang wajib untuk dikunjungi.

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan

1.Keraton dan Masjid Sultan Bacan

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 2

Masjid Sultan Bacan – sumber : triptrus.com

Keraton dan masjid Sultan Bacan merupakan bangunan bersejarah yang menjadi jejak kejayaan budaya Islam di Maluku Utara oleh Kesultanan Bacan. Kesultanan Bacan berdiri sejak tahun 1322 dan memiliki peranan penting sebagai pemasok bahan-bahan pangan untuk seluruh wilayah Maluku Utara. Bangunan yang tersisa dari Kesultanan Bacan ini yaitu keraton dan masjid Sultan Bacan.

Masjid Sultan Bacan memiliki atap limasan bertingkat dua dan terdapat kaligrafi arab di setiap sisinya. Pada bagian selatan masjid terdapat kompleks pemakaman keluarga dan kerabat dari Kesultanan Bacan. Beberapa wisatawan mengatakan beribadah di masjid ini memberikan nuansa yang berbeda karena udaranya yang sejuk dan juga bersih.

2. Air Terjun Air Mata Belanda

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 3

Air Terjun Air Mata  Belanda di Labuha – sumber : ceritanegeriku

Nama Air terjun Air Mata Belanda konon berasal dari sebuah legenda yang pernah terjadi di tempat ini. Dahulu kala terdapat satu keluarga Belanda yang sedang berwisata di sekitar sungai yang berada di air terjun. Saat hendak makan, alat makan mereka tidak sengaja terjatuh ke dalam sungai.

Saat mereka bermaksud untuk mengambil alat makan tersebut, mereka justru hanyut terbawa arus sungai dan menangis sekuat tenaga. Air di sungai ini bersih dan jernih. Selain itu suasananya juga sejuk dikarenakan pepohonan yang terdapat di sekitar air terjun.

Anda dapat menyewa kendaraan dari pusat kota Labuha atau menggunakan angkot carteran untuk sampai di tempat ini. Namun untuk benar-benar sampai anda masih harus berjalan sejauh 1 km menyusuri kawasan hutan tropis menuju ke hulu sungai.

3. Gunung Sibela

5 Tempat Wisata di Labuha Halmahera Selatan 4

Gunung Sibela – sumber : triptrus.com

Gunung Sibela merupakan salah satu gunung tertinggi di Maluku Utara dengan ketinggian mencapai 2118 meter di atas permukaan laut dan telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam sejak tahun 1987 dengan luas 23.024 Ha.

Leave a Reply