Kuliner

5 Kuliner dan Makanan Khas Samarinda yang Bikin Lidah Bergoyang

kuliner Samarinda dan Makanan Khas Samarinda

kuliner Samarinda dan Makanan Khas Samarinda

Makanan Khas Samarinda adalah makanan khas yang layak dicicipi dan dinikmati. Dijamin lezat serta membuat lidah kamu bergoyang. Maka dari itu, jika sedang ke Samarinda jangan lupa untuk mampir ke berbagai tempat wisata kuliner yang menyediakannya.

Pertanyaannya adalah apa saja kuliner tersebut? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini akan dijelaskan kuliner khas Samarinda yang nikmat dan bikin kamu ketagihan. Ini dia penjelasannya:

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane, Makanan Khas Samarinda

Ayam Cincane, Makanan Khas Samarinda – foto merahputih.com

Ayam Cincane adalah kuliner atau makanan khas Samarinda yang rugi jika tidak dicicipi. Karena saking enaknya menu ini juga menjadi santapan khas di acara-acara besar seperti syukuran, resepsi pernikahan, acara sunatan dan selainnya.

Ayam Cincane adalah ayam bakar dengan bumbu khas rahasia. Bumbu ini dilumurkan terlebih dahulu hingga meresap dan harum. Jika sudah selesai baru ayan dimasukkan ke alat pembakaran.

Yang paling enak dari menu ini adalah sambalnya. Sekalipun hanya berbahan tomat dan cabe, tetapi rasanya sangat luar biasa. Maka dari itu, jika ke Samarinda silakan cari kuliner Ayam Cincane Sambal Tomat yang banyak disediakan di warung tradisional.

2. Nasi Bekepor

nasi Bekepor, Makanan Khas Samarinda

nasi Bekepor, Makanan Khas Samarinda – foto travelingyuk.com

Kuliner Samarinda yang kedua adalah nasi Bekepor. Nasi Bekepor adalah menu tradisional yang sudah top di Samarinda. Sekalipun hanya berupa nasi dengan lauk biasa, tetapi rasanya yang nikmat membuat pengunjung menyukainya.

Biasanya Nasi Bekepor dengan lauk ikan asin dan rempah dimakan bersama Garang Asem. Nah, cita rasa asin, manis dan asam inilah yang membuat di lidah lebih nendang dan mantap.

Kuliner ni juga banyak dijual di warung kaki Lima Samarinda. Untuk mencicipinya silakan datangi warung Acil Inun yang ada di Jalan Kadire Oning Samarinda.

Baca Juga ya :

3. Sop Ikan Akmal, Makanan Khas Samarinda

Sop Ikan Akmal,Makanan Khas Samarinda

Sop Ikan Akmal, Makanan Khas Samarinda – foto phinemo.com

Tidak lengkap kunjungan kamu ke Samarinda jika belum mencicipi Sop Ikan Akmal. Ini merupakan makanan khas Samarinda yang tidak hanya dijual di warung kaki lima, tetapi di restoran bintang 4 sekalipun banyak yang menyediakannya.

Jika dilihat sekilas sop ini seperti sop ikan biasa. Namun, bumbu kuahnya yang membuat sop ikan akmal berbeda dengan sop ikan yang lainnya. Rasa asin dan manisnya yang membuat rasa menu ini tidak hanya nikmat tetapi juga segar.

Sop ikan akmal sendiri terdiri dari berbagai macam penganan. Seperti bihun, ikan kakap, serta beberapa sayur. Maka dari itu, makanan ini tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Jika ingin mencicipinya silakan datangi restoran yang ada di depan kantor Telkom ini.

4. Gapit Pisang

Gapit Pisang, Makanan Khas Samarinda

Gapit Pisang, Makanan Khas Samarinda – foto dapurkobe.com

Kuliner Samarinda atau Makanan Khas Samarinda yang selanjutnya adalah Gapit Pisang. Ini merupakan makanan ringan yang tidak hanya gurih tetapi juga beraroma. Jika ingin yang lebih bercita rasa, maka silakan gapit pisang dimakan dengan kuah yang berbahan gula aren.

Gapit pisang dibuat dari pisang geprok yang dibakar. Maka dari itu aromanya benar-benar muncul yang membuat kamu tertarik untuk memakannya. Jika ingin menikmati makanan ringan ini silakan datangi warung Banjar Baharui.

Di sini tidak hanya menyediakan Gapit Pisang biasa dan berkuah, tetapi Gapit Pisang dengan sambal dan saus gula juga tersedia. Bagaimana rasanya? silakan dicoba saja.

5. Gado Gado Kemuning

Gado Gado Kemuning, Makanan Khas Samarinda

Gado Gado Kemuning, Makanan Khas Samarinda – foto dimanaja.com

Kuliner Samarinda yang terakhir adalah Gado Gado Kemuning. Ini merupakan masakan tradisional di Samarinda. Maka dari itu tidak lengkap jika ke sini tetapi tidak mencobanya.

Sejatinya Gado Gado Kemuning sama dengan jenis gado gado yang lain. Yaitu ada tahu, sayuran, telur serta taburan tauge. Tetapi untuk Gado Gado Kemuning yang berbeda adalah bumbu kacangnya.

Bumbu kacang untuk makanan ini dibuat dengan racikan khusus. Maka dari itu rasanya lebih enak dan aromanya lebih harum.

Itulah beberapa kuliner Samarinda yang rugi jika tidak dicoba. Maka dari itu, silakan datangi kota ini lalu siapkan budget kamu untuk berbelanja.

Leave a Reply