Alam

Waduk Selorejo, Spot Wisata Hits di Malang

Waduk Selorejo

Waduk Selorejo - foto malang.merdeka .com

Waduk Selorejo berlokasikan di Kecamatan Ngantang, tepatnnya berada di Desa Pandansari, Ngantang, Malang, Jawa Timur. Lokasinya terletak di bagian barat dari Kabupaten Malang.

Untuk menuju Waduk Selorejo, kamu bisa menggunakan transportasi umum, seperti bus. Naiklah bus yang menuju ke arah Kediri. Setelah itu naiklah bus kembali sampai menuju terminal Malang. Setelah sampai di terminal, kamu bisa naik angkutan umum untuk menuju Waduk Selorejo. Jika kamu berasal dari luat Kota Malang, maka rutenya adalah Malang-Batu.

Daya Tarik Waduk Selorejo

Waduk Selorejo merupakan waduk yang berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga udara di sana sangat sejuk. Pemandangan sekitar waduk juga sangat indah karena dikelilingi oleh Gunung Kelud, Gunung Kawi, dan Gunung Anjasmoro. Perjalanan jauhmu akan terbayarkan saat sampai di spot wisata ini.

waduk selorejo

Waduk Selorejo – foto travelspromo.com

Wisatawan biasa berdiri di pinggiran waduk untuk menikmati panorama waduk yang diselimuti awan. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat nelayan sekitar yang sedang menjaring ikan di bendungan. Untuk kamu yang suka memancing, kamu juga bisa ikut memancing karena ikan di sini terkenal besar-besar. Ikan yang paling dominan di Waduk Selorejo adalah ikan Mujaer.

Selain menjadi spot wisata, Waduk Selorejo juga dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air untuk Kecamatan Ngantang. Masyarakat sekitar memang pintar dalam mengelola Waduk Selorejo.

waduk selorejo

Waduk Selorejo – foto ayorafting.id

Selain itu, jika kamu sudah lelah, kamu bisa beristirahat di warung-warung yang ada di sekitar waduk. Makanan yang ada di warung-warung tersebut dominasi adalah ikan yang bisa digoreng ataupun dibakar.

Di Waduk Selorejo juga teradpat jembatan gantung yang menghubungkan taman dengan kolam renang. Kamu juga bisa melakukan jogging di jembatan gantung tersebut.

Fasilitas Waduk Seloreja

Fasilitas yang tersedia di Waduk Selorejo adalah camping area, lapangan tenis, lapangan golf, tempat memancing yang nyaman, dan lahan parkir yang bisa dibilang cukup luas. Jika kamun ingin camping, ada baiknya kamu membawa perlengkapan camping sendiri, seperti tenda, kompor portable, matras, dll.

Baca juga:

Waduk Selorejo

Waduk Selorejo – foto malang.merdeka .com

Selain itu, jika kamu ingin memancing, kamu juga harus membawa peralatan memancing sendiri agar kamu bisa memancing dengan nyaman. Kamu juga bisa berperahu ke Pulau Jambu yang terletak di tengah waduk. Disebut Pulau Jambu karena di pulau tersebut terdapat ratusan pohon jambu biji.

Harga Tiket Waduk Selorejo

Untuk masuk ke dalam Waduk Selorejo, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang. Selain itu, ada juga biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi sebesar Rp 3.000,- per kendaraan.

Jika kamu ingin main ke Pulau Jambu, kamu bisa naik perahu milik masyarakat setempat. Tarif perahu mesin PP adalah Rp 8.000,- sampai Rp 10.000,-. Sedangkan perahu dayung sebesar Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,-. Begitu sampai di Pulau Jambu, kamu masih harus mendaki bukit kecil untuk sampai di lokasi. Jika kamu ingin masuk dan makan buah jambu tersebut, kamu akan dikenai biaya tambahan lagi sebesar Rp 5.000,- maka kamu sudah bisa membawa pulang jambu yang kamu petik sendiri.

Leave a Reply