Alam, Pantai

Asyiknya Bermain Paralayang di Pantai Modangan Malang

Paralayang di Pantai Modangan Malang

Paralayang di Pantai Modangan Malang - foto jawapos.com

Pantai Modangan Malang – Mungkin banyak yang belum tahu tentang Pantai Modangan yang berada di Malang, Jawa Timur. Memang, Malang memang terkenal akan keindahan alamnya dan memiliki puluhan pantai – pantai yang indah. Akan tetapi, pantai di Malang yang banyak diketahui orang mungkin hanya sebatas Pantai Balekambang saja.

Padahal, Malang memiliki pantai – pantai lain yang tak kalah indahnya dan belum banyak terjamah manusia. Salah satunya adalah Pantai Modangan yang terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Seperti apa keindahan dan keunikan dari pantai yang satu ini? Yuk langsung saja simak ulasannya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Modangan

Pantai Modangan

Pantai Modangan -Foto: manusialembah.com

Pantai Modangan berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Malang. Cukup jauh memang, tapi begitu sampai di pantai ini, maka rasa capek setelah menempuh perjalanan akan sirna.

Pantai ini sebenarnya terletak di perbatasan antara Malang dan Blitar. Di sekitar pantai ini, banyak juga terdapat pantai – pantai lain seperti Pantai Jolosutro dan Pantai Nglurung.

Untuk mencapai pantai ini, anda dapat menggunakan bantuan dari aplikasi Google Maps atau Waze. Namun, akses menuju Pantai Modangan memang terbilang cukup sulit karena harus melewati kebun – kebun warga dan menyebrangi sungai.

Jika anda berangkat dari Kota Malang, maka arahkan kendaraan anda menuju ke arah Kepanjen. Setelah sampai di Kepanjen, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Bendungan Sengguruh, hingga sampai di pertigaan pagak.

Baca Juga ya :

Paralayang di Pantai Modangan Malang

Paralayang di Pantai Modangan Malang – foto jawapos.com

Kemudian, carilah arah menuju ke Donomulyo. Setelah sampai di Donomulyo, lanjutkan perjalanan ke arah Wates yang merupakan bagian dari Kabupaten Blitar. Disini, aspal dari jalan yang anda lalui masih mulus sampai anda tiba di kilometer kedua, yang dimana jalannya sudah mulai berlubang.

Jika telah menemui jalan yang berlubang, maka anda sudah tak jauh dari pintu gerbang Desa Sumberoto. Tak jauh dari gerbang tersebut, anda akan menjumpai pertigaan pasar Ngelih. Beloklah ke kiri dan ikuti jalan desa.

Sekitar satu kilometer kemudian, anda akan menemui pos penjagaan Perhutani dan Jembatan Miri. Dari jembatan ini, jarak Pantai Modangan sudah tak jauh lagi, kurang dari satu kilometer. Namun berhati – hatilah, karena jalan disini menurun cukup curam dan licin bila musim hujan.

Keindahan dan Fasilitas Pantai Modangan

Pantai Modangan Malang

Pantai Modangan Malang – Foto: wisatabaru.com

Modangan adalah pantai asri berpasir putih yang hampir tanpa sampah. Menghadirkan panorama alam dengan ombak yang keras namun indah. Terlebih ketika ombak secara membabibuta menghantam tebing-tebing karangnya.

Sementara itu, apabila pada umumnya pantai-pantai lain hadir dengan struktur batuan kapur. Pantai ini menawarkan jenis batuan andesit berlapis yang terbentuk dari lelehan lahar gunung berapi yang telah membeku.

Yang paling menarik adalah permukaan pantainya. Di sisi kiri pengunjung bisa melihat hamparan pasir putih yang lembut. Adapun di sisi kanan didominasi hamparan batu-batu hitam yang indah, lengkap dengan sebuah muara berair jernih.

Namun sayangnya, karena pantai ini termasuk sepi dan belum banyak terjamah, fasilitas yang ditawarkan pun masih cukup minim. Salah satu contoh minimnya fasilitas adalah tidak adanya warung yang menjajakan makanan, sehingga anda harus membawa bekal sendiri.

Selain itu, fasilitas umum seperti toilet, mushola, kamar ganti, serta penginapan pun belum tersedia di pantai ini. Jika anda ingin solat ataupun menggunakan toilet, maka anda bisa meminjam ke salah satu rumah warga.

Untuk harga tiket masuk, Pantai Modangan tidak menarik tiket masuk kepada para pengunjungnya, alias gratis.

Bermain Paralayang di Pantai Modangan

Bermain paralayang di Pantai Modangan Malang

Bermain paralayang di Pantai Modangan Malang – Foto: jawapos.com

Inilah salah satu keunikan Pantai Modangan yang jarang dapat anda temui di pantai – pantai lain. Pantai Modangan adalah spot terbaru bagi penggemar aktivitas paragliding atau paralayang di Malang Raya, selain Paralayang di Gunung Banyak.

Jika anda ingin menunjukkan kebolehan dalam olahraga tersebut, Pantai Modangan akan memanjakan wisata dirgantara Anda. Warga Desa Sumberoto sangat antusias berusaha menjadikan pantai ini sebagai bagian dari kawasan desa wisata Waung (Wisata Alam Unggulan).

Ini berarti akan banyak ditemukan sudut-sudut yang dioptimalkan, salah satu yang telah terealisasikan adalah spot selfie yang kini naik daun dibicarakan di media sosial. Anda suka memperlihatkan diri di medsos? Datang saja ke sini dan ambilah gaya terbaik untuk diabadikan.

Leave a Reply