Alam, Danau

Ada Apa di Waduk Cirata Purwakarta? Ini Infonya

waduk cirata Purwakarta

waduk cirata Purwakarta - foto ig @novirobiansyah

Waduk Cirata – Setiap tempat wisata seperti danau, waduk, maupun situ atau bendungan merupakan salah  satu tempat yang memiliki cukup banyak pengunjung.

Apalagi jika tempat wisata tersebut memang menawarkan keindahan alam maupun kelebihan-kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh tempat wisata yang lain.

Bisa-bisa setiap hari kamu tidak akan pernah menemukan tempat wisata tersebut sepi pengunjung.

Salah satu tempat wisata yang terkenal, khususnya di Jawa Tengah adalah Waduk Cirata.

Waduk ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata wajib di akhir pekan bagi masyarakat yang tinggal di Jawa Tengah atau bahkan masyarakat dari daerah yang lain.

Salah satu alasan mengapa banyak yang datang ke Waduk Cirata adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Lokasi Waduk Cirata memang cukup strategis dan mudah dijangkau.

waduk cirata

waduk cirata – foto ig @karinsoerya_

Selain itu, tempat ini juga menawarkan panorama yang sangat indah yang akan membuat siapa saja langsung kagum ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Waduk Cirata.

Sebenarnya untuk penamaan atau nama dari Waduk Cirata cukup membingungkan. Mengapa? Karena sebenarnya waduk ini memiliki beberapa nama terkenal lainnya.

Ada yang menyebutnya sebagai Waduk Cirata Purwakarta, Waduk Cirata Bandung, maupun Waduk Cirata Cianjur. Mengapa bisa memiliki nama yang berbeda?

Hal ini dikarenakan lokasi dari waduk tersebut yang memang berada di tiga kabupaten tadi sehingga tidak heran jika waduk ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Namun intinya, waduk tersebut hanya satu yakni Waduk Cirata.

Lokasi Waduk Cirata

Ada Apa di Waduk Cirata Purwakarta? Ini Infonya 1

Lokasi Waduk Cirata, Foto: Nativeindonesia.com

Dikarenakan tempatnya yang sangat luas, membuat kamu bisa mengunjungi ke berbagai area yang ada di waduk ini.

Namun biasanya para wisatawan kebanyakan akan datang ke waduk yang lokasinya tidak jauh dari Kawasan Kuliner Buangan, Kec. Cipeundeuy, Purwakarta.

Akses Menuju Waduk Cirata

waduk cirata Purwakarta

waduk cirata Purwakarta – foto ig @novirobiansyah

Untuk akses menuju ke Waduk Cirata yakni waduk ini terletak di perlintasan utama Bandung – Jakarta.

Jika kamu pergi melalui tol Cipularang, maka kamu bisa berangkat dari arah Bandung dan kemudian keluar menuju tol Cikalong wetan. Setelah itu, baru kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Cirata.

Sementara untuk para wisatawan yang berangkat dari Jakarta, kamu bisa keluar melalui tol Jatiluhur dan kemudian masuk ke area plered.

Jika kamu berangkat dari Cianjur, maka kamu dapat langsung memanfaatkan rute yang melalui Waduk Cirata via Cikaling kulon.

Daya Tarik Waduk Cirata

Ada Apa di Waduk Cirata Purwakarta? Ini Infonya 2

Daya Tarik Waduk Cirata, Foto: Nativeindonesia.com

1. Lokasi memancing yang mantap

Salah satu daya tarik Waduk Cirata adalah di sini kamu akan menemukan sebuah tempat yang sangat cocok untuk lokasi memancing.

baca juga :

mancing di waduk cirata

mancing di waduk cirata – foto ig @suukmaku

Banyak orang yang memang hobinya memancing datang ke sini karena ada banyak spot terkenal di Waduk Cirata.

Adapun beberapa spot memancing terkenal di Waduk Cirata antara lain:

  • Pasir Ucing
  • Calingcing
  • Palumbon
  • Palalangon dan Babakan Garut
  • Jangari
  • Cipicung atau Pasir Geulis

2. Panorama yang begitu indah

bendungan cirata

bendungan cirata – foto g @thelaxi

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa Waduk Cirata memiliki panoram yang sangat indah yang akan membuatmu langsung terkagum-kagum ketika melihatnya.

Panorama tersebut sangat cocok kamu nikmati, terutama di sore hari. Di sini akan ada banyak wisatawan yang ingin melihat matahari terbenam sehingga memang sore merupakan lokasi terbaik untuk datang ke Waduk Cirata.

3. Terdapat kuliner khas

Daya tarik Waduk Cirata juga terletak pada wisata kuliner yang disajikan di sini. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan yang menjual aneka makanan khas Purwakarta maupun Jawa Tengah.

Jangan khawatir, harga yang harus kamu keluarkan untuk mencicipi makanan tersebut terbilang terjangkau sehingga aman di kantongmu.

 

Leave a Reply