Daftar Wisata, Alam

6 Tempat Wisata di Gunung Kijang Kabupaten Bintan

Tempat wisata di Gunung Kijang Bintan

Tempat wisata di Gunung Kijang Bintan, Pantai Trikora - Sumber:

Tempat Wisata di Gunung Kijang – Indonesia merupakan tempatnya wisata. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi ada Gunung Kijang.

Gunung Kijang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Walaupun namanya yang tidak terlalu tersohor, namun Gunung Kijang memiliki tempat wisata yang tidak bisa diremehkan.

Baca ini juga ya:

Nah, berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Gunung Kijang Kabupaten Bintang yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Trikora Bintan

Tempat wisata di Gunung Kijang, Pantai Trikora

Tempat wisata di Gunung Kijang, Pantai Trikora – Sumber: doyanjalan.com

Tempat wisata di Gunung Kijang yang sangat terkenal di Provinsi Kepulauan Riau adalah Pantai Trikora. Bila ingin melihat pesona alam dari pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 45 km dari pusat Kota Tanjung Pinang. Tidak terlalu jauh Pantai Trikora ini tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Kamu akan melihat banyak sekali kumpulan batuan granit yang tentunya sangat indah. Karakteristiknya itu membuatnya mirip dengan pantai-pantai yang ada di Belitung. Tidak hanya itu loh, Pantai Trikora memiliki pasir yang putih bersih dengan air yang sangat jernih.

Disepanjang garis Pantai Trikora yang sangat panjang, kamu bisa menemui pondok-pondok dengan berbagai ukuran. Biasanya, pondok-pondok itu akan disewakan untuk para wisatawan yang ingin berteduh dan bersantai menikmati udara dan pesona pantai ini.

2. Bukit Panglong

Bukit Panglong Bintan

Bukit Panglong Bintan – foto wisatalengkap.com

Bukit Panglong merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kijang yang patut kamu cicipi. Dulunya, bukit ini merupakan bekas pertambangan loh. Wilayah bekas tambang granit ini kini membentuk sebuah danau yang memiliki air yang jernih dan membiru.

Tentunya, bila kamu datang ke bukit panglong ini, kamu akan menerima dengan lapang dada keindahan alam yang terpampang nyata di depanmu. Apalagi, untuk masuk ke bukit panglong, kamu tidak perlu mengeluarkan baiya apapun alias gratis. Lokasi bukit ini terletak tepat di Kijang Kota, Kabupaten Bintan.

3. Pulau Beralas Pasir

Tempat wisata di Gunung Kijang yang satu ini biasa dikenal juga dengan White Sand Island. Pulau ini merupakan pulau yang tergolong kecil bahkan tidak berpenghuni loh.

Tempat wisata di Gunung Kijang, Pulau Beralas Pasir

Tempat wisata di Gunung Kijang, Pulau Beralas Pasir – Sumber: blogspot.com

Pulau beralas pasir ini memiliki pesona yag luar biasa indahnya dengan banyak spot cantik untuk kegiatan snorkeling dan diving.Walaupun tidak berpenghuni, pulau ini terlihat sangat terawat dan terjaga kealamiannya. Hingga suasananya masih sangat kental dengan pulau bernuansa tropis.

Pulau beralas pasir ini terletak persis di daerah Teluk Bakau, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke pulau itu, namun kamu perlu menggunakan jasa travel untuk menikmati pulau layaknya pulau pribadi itu.

4. Danau Biru Kawal

Danau Biru Kawal merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kijang yang harus dikunjungi. Danau yang terbentuk akibat adanya pertambangan ini memiliki air yang berwana kebiruan. Danau ini memberikan sebuah pemandangan yang sangat menyegarkan dengan keeksotisannya.

Danau Biru Kawal Bintan

Danau Biru Kawal Bintan – foto lifestyle.okezone.com

Pesona danau biru kawal ini semakin tampak akibat adanya pepohonan rimbun yang berbaris di tepi danau ini. Liburanmu akan sangat berarti saat berkunjung ke tempat ini. Salah satu tempat favorit untuk menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi.

Meskipun sangat disarankan untuk tidak berenang di danau ini. Kamu masih bisa menikmati pemandangan indah yang dimilikinya. Jadi tenang, kamu tidak akan merasa sia-sia bila datang ke Danau Biru Kawal ya.

5. Museum Bahari Bintan

Salah satu tempat wisata di Gunung Kijang, Kabupaten Bintan yang  mengedukasi adalah Musem Bahari. Sesuai dengan namanya, museum ini menyajikan beberapa koleksi alat tangkap laut yang digunakan masyarakat dahulu, misalnya jaring, pukat, bento dan lain-lain.

Museum Bahari Bintan kepulauan riau

Museum Bahari Bintan kepulauan riau – foto gpswisata.com

Di sana juga ada benda-benda antik seperti pecahan piring yang merupakan peninggalan sejarah dari Dinasti Ming pada kerajaan China masa lalu.

Tidak hanya peralatan yang digunakan saat menangkap ikan dan benda antik, di Museum Bahari ini kamu juga bisa menemukan berbagai macam hewan laut yang telah diawetkan misalnya  ubur-ubur, kuda laut, ikan dan lain sebagainya.

Museum satu-satunya di Bintan ini memiliki arsitektur yang menarik. Museum ini dibangun berbentuk menyerupai kapal laut yang besar. Nah, kamu bisa kunjungi Museum Bahari ini di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

6. Aroma River Spa

Tempat wisata di Gunung Kijnag, Aroma River Spa

Tempat wisata di Gunung Kijnag, Aroma River Spa, Sumber: riau-hijau.com

Ini merupakan tempat wisata di unung Kijang Kabupaten Bintan yang cukup menarik. Setelah lelah beraktivitas mengelilingi Gunung Kijang, kamu perlu menjakan dan merelaksasikan tubuhmu. Salah satunya dengan spa.

Tapi, spa yang satu ini berbeda. Kamu bisa merasakan santainya spa ditengah-tengah hutan bakau yang rindang. Kamu bisa mendapatkan perawatan tubuh sambil menikmati ketenangan dalam sebuah perahu yang menyusuri sungai.

Uniknya, semua fasilitas yang diberikan dirancang dengan sangat baik, sehingga terlihat sangat menyatu dengan alam. Aroma River Spa bisa kamu temui di Mutiara Beach Resort, Jalan Trikora Km.55, Telok Dalam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Leave a Reply