6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Desa Wisata, Alam, Daftar Wisata, Danau

6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

danau sanggu | travelingkuy.com

Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan – Kota Buntok adalah nama kota yang terletak di Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Kota Buntok ini juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Barito Selatan.

Letak kota ini berada di pesisir sungai Barito dan merupakan kota penghubung Kota Palangkaraya dengan kota yang terdapat di aliran sungai Barito seperti Barito Timur, Barito Utara hingga Murung Raya. Dulunya, kota Buntok adalah kota yang terisolir. Tapi kini dapat ditempuh dengan melewati rute Jalan Trans Kalimantan poros tengah.

Jadi, kalau ada rencana berkunjung ke kota Buntok, sempatkan untuk mampir ke 6 tempat wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan berikut ini.

1. Danau Sanggu

6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

danau sanggu | instagram.com/iainmanclark

Salah satu destinasi tempat wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan yang wajib dikunjungi bila sedang berlibur di Barito Selatan. Danau Sanggu bisa ditempuh dengan menempuh jarak sekitar 20km dari desa Dusun Selatan menuju desa Sanggu, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Pamait.

Untuk harga tiket masuk, hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saat weekday maupun weekend yang buka pada pukul 08.00 – 18.00. Hanya dengan kocek yang terjangkau, sudah bisa menikmati panorama pemandangan yang disajikan di Danau Sanggu.

2. Danau Malawen

6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

danau malawen | histori.id

Tidak jauh dari Danau Sanggu, Danau Malawen bisa dinikmati keindahannya. Bahkan uniknya,  Danau Malawen ini menyatu dengan Danau Sanggu. Untuk letaknya, sama halnya dengan Danau Sanggu tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Pamait, Desa Sanggu, Dusun Selatan, Barito Selatan.  Danau Malawen ini dipenuhi dengan tanaman anggrek dan sangat cocok dijadikan tempat memancing.

Ada kisah legenda di balik Danau Malawen, dulunya Danau Malawen adalah sebuah sungai. Namun karena hujan dan Guntur Sungai itu berubah menjadi danau. Sementara nama Malawen diambil dari piring pusaka Malawen terbalik saat menyebrangi sungai yang dinaiki oleh Kumbang Banaung dan Intan.

Sungai yang berubah menjadi danau itu kemudian dinamai dengan Danau Malawen. Sementara Kumbang Banaung dan Intan berubah menjadi buaya putih dan konn menjadi penghuni abadi di Danau Malawen.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo

3. Taman Iring Witu

6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

taman iring witu | akurat.co

Salah satu tempat wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan yang tak boleh terewatkan adalah Taman Iring Witu. Letaknya di Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Taman Iring Witu merupakan destinasi yang cocok untuk berkreasi bersama dengan keluarga maupun para kerabat, karena letaknya di tepi jalan. Taman Iring Witu juga termasuk salah satu taman yang bersih dan terawat.

Leave a Reply