Tari Sepen, Semangat dan Ceria dalam Tari - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Tari Sepen, Semangat dan Ceria dalam Tari

Tari Sepen, Semangat dan Ceria dalam Tari 1

Tari Sepen, tahukah kamu dari mana asalnya?  Indonesia adalah negara kepulauan dengan ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kondisi Indonesia ini memberikan keindahan alam yang sangat cantik. Kekayaan laut yang melimpah sebagai keuntungan alam sungguh patut disyukuri. Keindahan alam Indonesia juga diiringi dengan keindahan kebudayaan asli Indonesia.

Alam Indonesia yang terdiri dari keindahan hutan dan laut selalu menakjubkan. Laut Indonesia yang indah salah satunya ada di Kepulauan Bangka Belitung. Namun, pada artikel ini tidak akan membahas lautnya, melainkan sebagian dari kebudayaan asal Bangka Belitung. Tari Sepen, tari tradisional yang memiliki unsur pencak silat. Apa saja sih yang bisa diketahui dari tari ini?

Baca juga : 5 Pantai Keren di Pulau Belitung

Sejarah Tari Sepen

Warisan Budaya Takbenda | Beranda

Tari Sepen Sumber : warisanbudaya.kemendikbud.go,id

Tari ini sering ditampilkan sebagai tari penyambutan tamu. Biasanya tari sepen akan menjadi pembukaan bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Bangka Belitung. Tak hanya penyambutan, tari ini juga biasa ditampilkan pada pentas budaya. Konon, tari sapen ini merupakan tari pergaulan yang sangat pepuler dikalangan pemuda Belitong Timor.

Dalam gerakan tarinya sangat kental unsur melayu dan ada gerakan pencak silat. Di daerah asalnya, tari sepen sangat terkenal. Hal ini karena biasa ditampilkan pada acara besar sebagai penyambutan dan hiburan yang menarik. Kini tari sepen sudah lebih berkembang dan ditampilkan pada acara perayaan seperti hajatan, kawinan, dan syukuran untuk menampilkan rasa kebersamaan dan gembira.

Bagaimana Cara Menampilkan Tari Sepen?

Mengenal Sepen Buding, Potensi Wisata Budaya Di Belitung Timur

Penampilan Penari Berpasangan Sumber : disbudpar.belitungtimurkab.go,id

Penari

Biasanya tari sepen dilakukan oleh penari wanita yang berpasangan. Namun, ada juga kombinasi pasangan penari pria dan wanita. Intinya para penari harus menampilkan gerakan tari yang khas. Tari ini dilakukan minimal oleh enam orang penari. Penari bisa terdiri dari anak muda atau pun orang tua. Setiap pasangan saling menari membuat gerakan yang lincah dan harmonis.

Gerakan tari yang dilakukan lebih mirip gerakan bela diri. Banyak variasi gerakan yang dilakukan dan menghasilkan kedinamisan yang apik. Gerakan tepuk tangan lebih mendominasi tarian. Selain itu, ada berbagai perubahan formasi penari yang membuat tarian ini terlihat indah dan rapi. Kelincahan penari dalam mengombinasikan gerakan tangan dan kaki juga sangat diperlukan.

Musik Pengiring

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tari sepen sangat kental dengan budaya Melayu. Hal ini juga terlihat dari musik dan lagu yang mengiringi berupa lagu-lagu khas Melayu. Adapun penampilan pengiring juga menggunakan alat musik tradisional. Contohnya adalah gendang, rebana, akordion, biola, dan alat musik melayu lainnya.

Alunan musik dari alat tradisional dan lagu Melayu yang dinyanyikan dipadukan dengan gerakan penari yang lincah. Iringan musik ini akan membuat gerakan perubahan formasi terlihat rapi dan dinamis. Sangat cantik dan menarik pastinya untuk dinikmati. Terasa semangat dan keceriaan saat penari tampil. Apalagi seringnya gerakan tepuk tangan memberi kemeriahan.

Leave a Reply