Tari Lego Lego, Kekompakan dalam Tari - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Tari Lego Lego, Kekompakan dalam Tari

Tari Lego Lego, Kekompakan dalam Tari 1

Indahnya keanekaragaman tari Indonesia memang tak ada habisnya. Banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki tarian unik dan khas. Memang tak henti-hentinya kekaguman yang muncul saat membahas tari tradisional. Kali ini, ada satu tarian bernama tari lego lego. Bagaimana sih sejarah dari tari ini?

Sejarah Tari Lego Lego

Mengagungkan Toleransi di Bumi Alor Ditunjukkan Lewat Tari Lego ...

Penari Lego Lego Sumber : kupang.tribunnews.com

Tari lego lego merupakan tarian yang berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Di Alor sendiri terdiri dari berbagai suku yang menampilkan gaya tari dan nyanyian berbeda. Suku-suku tersebut adalah Alor Besar (Laffo Beng), Alor Kecil (Laffo Kisu), dan Dulolong (Dolulu). Meski ada sedikit perbedaan saat bernyanyi, namun pada dasarnya formasi yang dilakukan sama yaitu membentuk lingkaran.

Sejak dahulu kala leluhur mereka yang berada di sekitar Alor sering berkumpul dan bekerja sama untuk melakukan sesuatu. Salah satunya dulu dilakukan untuk menyambut orang yang pulang dari peperangan. Tarian ini sebagai ungkapan rasa syukur atas kepulangan mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini tari lego lego tak hanya diidentikan dengan peperangan. Tari ini juga dihubungkan dengan berbagai aspek keberhasilan seperti menyambut datangnya musim panen, pesta pernikahan, dan juga menyambut tamu.

Baca juga : 5 Baju Adat NTT

Bagaimana cara menari tari lego lego?

Tari Lego Lego Berasal dari Daerah Kepulauan Alor NTT | Jawa.be

Salah satu penampilan tari lego lego sumber : Jawa.be

Penari

Tari lego lego termasuk tarian berskala besar karena jumlah penarinya sekitar 50 orang atau bahkan lebih yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Para penari kemudian membentuk sebuah lingkaran besar sambil mengelilingi Mesbah. Mesbah adalah suatu benda yang dipercayai sakral bagi masyarakat Alor.

Setelah membentuk sebuah lingkaran besar, para penari akan mengikuti gerakan yang dipimpin oleh Pemantun. Tak lupa juga para penari saling bergandengan tangan. Gerakan yang dilakukan biasanya berupa gerakan ke kanan-kiri dan maju-mundur. Sederhana, namun diperlukan kekompakan agar lebih indah hasilnya.

Keunikan tari lego lego adalah jumlah penari yang sangat banyak jumlahnya. Untuk ikut menari pun tak memandang jenis kelamin, status sosial, dan lainnya sehingga sangat terasa kebersamaan dalam tari ini.  Lalu, gerakan sederhana yang harus dilakukan dengan kompak membuat semua penari semangat ikut menari.

Baju dan Atribut Tari Lego lego

Sebagaimana tari tradisional lainnya, tari lego lego yang termasuk tari adat juga memakai pakaian adat saat tampil. Semua penari memakai kain sarung dan kain tenun khas Alor. Untuk penari perempuan, rambut mereka dibiarkan terurai. Penari laki-laki biasanya memakai penutup kepala dari kain yang dibentuk sedemikian rupa.

Leave a Reply