6 Tari Adat Bengkulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

6 Tari Adat Bengkulu

Tari Adat Bengkulu

https://perpustakaan.id/

Tari adat Bengkulu merupakan salah satu peninggalan budaya Nusantara yang wajib kita jaga dan lestarikan. Di setiap gerakan tari adat Bengkulu mengandung makna selain dari memiliki nilai estetika. Nilai yang tersimpan di dalam tari daerah, yaitu nilai sosial ataupun nilai agama.

Jenis-jenis tarian dapat dibedakan menjadi beberapa bagian ada tarian berkelompok, berpasangan, dan tunggal. Dan jumlah dari penari tari adat Bengkulu juga berbeda-beda. Gerakan dari setiap tarian harus selaras mengikuti alunan musik pengiring agar terlihat nilai estetika dan makna yang terkandung dalam tarian sampai pada penonton.

Bengkulu merupakan termasuk suku Melayu sehingga kostum yang dipakai terdapat campuran suku Melayu. Pada artikel ini kami akan membahas 6 tari adat Bengkulu. Namun kami sudah membahas artikel tari daerah lainnya yang menarik juga dan pastinya akan menambah pengetahuan Anda mengenai budaya Nusantara, silahkan baca juga artikel lainnya :

6 Tari Adat Kepulauan Riau

6 Tari Adat Tradisional Papua Barat

Asal Usul dan Sejarah Tari Tanggai

Berikut ini adalah 6 tari adat Bengkulu yang akan kami bahas, yaitu :

1. Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih ini adalah tari persembahan untuk penyambutan tamu kehormatan. Di setiap daerah Nusantara selalu ada tarian persembahan untuk menyambut tamu kehormatan yang datang atau mengunjungi ke daerah tersebut. Tarian ini adalah salah satu kebanggaan masyarakat Bengkulu.

Anggota penari dari Tari Sekapur Sirih adalah lima orang atau lebih. Salah satu dari penari akan membawa lengguai sebagai tanda penyambutan kepada tamu kehormatan dan diberikan kepada tamu kehormatan. Tarian ini juga sering dibawakan pada acara pernikahan. Untuk acara pernikahan lengguai akan diberikan kepada sang mempelai.

2. Tari Lanan Belek

Leave a Reply