Daftar Wisata, Alam, Danau, Desa Wisata, Inspirasi

Situ Rawa Arum, Tempat Wisata di Cilegon Banten

Situ Rawa Arum Cilegon Banten

Situ Rawa Arum Cilegon Banten - citragardenbmw.com

Situ Rawa Arum – Jika anda bosan dengan pemandangan kesibukan kota, dan pemandangan dari puncak gunung. Mungkin tempat wisata bertemakan danau menjadi alternatif yang bagus untuk tempat berlibur atau sekedar melepaskan penat dari kesibukan dan rutinitas hari – hari.

Indonesia juga kaya akan keindahan danau dan wisata air lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkanTak jauh dari ibu kota Jakarta, tepatnya di Banten, ada tempat wisata baru bernama Situ Rawa Arum di kota Cilegon, Banten. Walau ini adalah kota yang terletak di bagian ujung barat dari pulau Jawa, namun wisata alam yang ditawarkan cukup menarik.

Pemkot Cilegon terkesan kembali melirik Situ Rawa Arum untuk. Asda I Pemkot Cilegon Taufiqurrohman meminta Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon untuk merawat Situ Rawa Arum yang sudah menjadi asset Pemkot Cilegon. Berkat kerja pemkot Cilegon, maka keindahan danau dapat kita nikmati sekarang.

Lokasi Situ Rawa Arum

Lokasi Situ Rawa Arum

Lokasi Situ Rawa Arum – bantennews.co.id

Situ Rawa Arum merupakan wisata alam yang berlokasi di Banten, tepatnya di kota Cilegon. Situ Rawa Arum memiliki luas 10 hektar dan terletak di antara padatnya permukiman penduduk dan juga merupakan danau satu satunya yang ada di Cilegon ini berada di Lingkungan Tegal Wangi dan Rawa Arum, Kecamatan Grogol atau sekitar 5 km sebelah barat arah Merak dari Pusat Pemerintahan Kota Cilegon.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan eksotis dengan hamparan air yg cukup luas dan biasanya telaga tersebut, dijadikan alternatif tempat wisata keluarga di saat senggang atau liburan.

Asal Muasal Situ Rawa Arum 

Asal Muasal Situ Rawa Arum 

Asal Muasal Situ Rawa Arum  – kompasiana.com

Situ Rawa Arum merupakan danau yang tidak memiliki sumber mata air. Danau ini memiliki panorama dan pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang bukit-bukit membuat danau ini semakin menarik dan indah. Di atas danaunya banyak tumbuh bunga teratai putih dan biasanya aroma bunga teratai putih ini akan lebih semerbak baunya dikala malam hari tiba

Pemerintah Cilegon baru-baru ini mulai mengurus kawasan Situ Rawa Arum. Dapat terlihat perubahan yang terjadi seperti sudah dipasangnya tanda dipinggir jalan dengan tulisan yang menunjukan Situ Rawa Arum. Tujuannya agar memudahkan orang yang ingin berkunjung kesini. untuk masuk ke Situ Rawa Arum ini tidak dipungut biaya.

Di danau ini terdapat juga wisata air seperti bebek-bebekan dan juga rakit. Selain itu jangan lupa untuk mengabadikan foto Anda bersama teman Anda di sini. Ada spot foto paling popular disini, yaitu dermaga kayu yang dibuat di atas danaunya.

Sejarah Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum Cilegon Banten -

Situ Rawa Arum Cilegon Banten – tangerangnews.com

Munculnya Situ Rawa Arum berawal ketika meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan Gunung Krakatau yang sangat hebat mengakibatkan tsunami yang begitu besar. Saat itu Situ Rawa Arum masih merupakan Desa yang bernama Tegal Lega.

Desa itu dipimpin oleh seorang tokoh besar yang bernama Ki Ageng Ireng. Saat Tsunami terjadi Ki Ageng Ireng dan warganya berhasil menyelamatkan diri mereka ke atas bukit-bukit di Pulo Merak.

Tsunami tersebut menenggelamkan beberapa wilayah yang sekarang lebih dikenal dengan nama Selat Sunda dan termasuk juga Desa Tega Lega. Setelah sekian lama banjir yang menenggelamkan pesisir Selat Sunda telah surut, para warga dan Ki Ageng Ireng kembali turun ke Desa.

Namun apa yang dilihat, Desa yang sebelumnya menjadi tempat tinggal mereka tertutup air laut. Warga Desa pun akhirnya tinggal di pinggiran danau, sambil berharap air laut yang membanjiri desa mereka surut. Namun, harapan tersebut tidak pernah terjadi karena air tersebut tidak pernah surut. Bahkan, rasa air yang sebelumnya asin berubah menjadi tawar.

Baca Juga ya :

Sejarah Situ Rawa Arum

Sejarah Situ Rawa Arum – ksmtour.com

Akhirnya desa tersebut menjadi sebuah danau yang banyak ditumbuhi bunga teratai yang berbunga putih dan menebarkan bau yang sangat harum. Karena rawa tersebut mengeluarkan bau yang begitu harum, maka dari itu Ki Ageng Ireng menyebutnya dengan nama Telaga Arum yang sekarang lebih dikenal dengan sebutanRawa Arum.

Semoga dengan penjelasan tentang Situ Rawa Arum ini menambah referensi atau wistlist tempat yang akan dikunjungi untuk melepaskan penat atau sekedar liburan tipis – tipis bagi anda yang merasa jenuh dan bosan dengan keseharian yang dilewati selama bekerja di weekdays.

Sumber :

  • ksmtour.com
  • www.kabar-banten.com

Leave a Reply