Bukit

Rute Menuju Bukit Halimun Gunung Salak Endah Bogor

canopi di Bukit Halimun

canopi di Bukit Halimun - foto ig @haruntsaqif

Bukit Halimun Gunung Salak Endah Bogor merupakan tempat wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Lokasi tepatnya berada di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju bukit halimun sangat mudah karena hanya berjarak dua puluh kilo meter dari pusat Kota Bogor.

Bukit Halimun di Gunung Salak

Bukit Halimun di Gunung Salak – foto ig @ddinadamayanti

Dari pusat kota, pengunjung bisa mengambil jalur ke Bukit Halimun melalui kecamatan pamijahan.

Karena merupakan objek wisata yang baru, belum ada penunjuk arah untuk menuju ke Bukit Halimun sehingga disarankan untuk menggunakan google maps.

Akses jalan menuju bukit halimun masih jalan bebatuan karena memang tempat wisata ini meurpakan tempat wisata baru dan belum diresmikan.

spot foto di Bukit Halimun Gunung Salak

Meskipun merupakan tempat wisata baru, bukit halimun sudah cukup popular di kalangan wisatawan. Para pengunjung dimanjakan dengan taman yang tertata rapi sehingga tampak asri.

spot foto di Bukit Halimun Gunung Salak

spot foto di Bukit Halimun Gunung Salak – foto ig @istilia99

Selain itu, disediakan spot-spot foto yang instagramable seperti rumah hobbit, rumah pohon, dan jembatan gantung.

Selain spot tersebut disediakan juga gazebo dan warung makan untuk pengunjung yang ingin bersantai. Fasilitas lain yang tersedia di bukit halimun adalah tempat parkir dan toilet.

Bukit Halimun Gunung Salak

Bukit Halimun Gunung Salak – foto ig @mplue

Spot favorit di Bukit Halimun adalah jembatan gantungnya. Jembatan gantung ini mengubungkan dua bukit.

Awalnya jembatan gantung ini digunakan untuk keperluan penelitian tetapi saat ini jembatan gantung ini sudah bebas untuk digunakan pengunjung.

Dari jembatan gantung bukit halimun kita dapat menikmati pemandangan gunung salak dan lembah yang menghijau. Spot ini menjadi favorit karena memang sangat instagramable. Selain itu, di tempat ini udaranya sejuk, jadi enak banget untuk bersantai.

Jam Operasional Bukit Halimun Gunung Salak

pemandangan Bukit Halimun Gunung Salak

pemandangan Bukit Halimun Gunung Salak – foto ig @@iwanrafli_2

Tempat wisata bukit Halimun dibuka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21 malam. Untuk menikmati keindahan alam bukit halimun gunung salah ini wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk pada bulan Juli 2020 adalah sepuluh ribu rupiah.

Jalur yang dapat ditempuh dari Jakarta adalah dengan berkendara ke arah Bogor, Leuwiliang, Nanggung, hingga tiba di Kampung Citalahab. Waktu tempuh dari jalur ini adalah kurang lebih selama 5 jam.

Jalur lain yang bisa ditempuh adalah melalui Jakarta (Tol Jagorawi) – keluar Tol Ciawi – Parungkuda (arah Sukabumi, belok ke kanan di Stasiun Kereta Parungkuda) – Kabandungan (Kantor Balai TNGHS) – Cikaniki – Citalahab. Melalui jalur kedua ini dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 5 jam hingga 5 jam 30 menit.

Untuk menuju ke Bukit Halimun ini sebaiknya pengunjung membawa kendaraan pribadi karena kendaraan umum masih sangat jarang bahkan hampir tidak ada yang menuju Cikakini atau Citalahap.

Kendaraan yang dibawa pun sebaiknya bukan merupakan sedan atau mobil yang ketinggiannya rendah. jalan menuju ke bukit halimun masih berbatu sehingga dikhawatirkan kendaraan macet atau rusak dalam perjalanan.

Kegiatan yang bisa dinikmati di bukit halimun diantaranya adalah canopi trail, melihat jamur menyala, cikakini loop trail, dan tea walk di Kebun Teh Nirmala.

Canopi trail di Bukit Halimun

canopi di Bukit Halimun

canopi di Bukit Halimun – foto ig @haruntsaqif

Canopi trail dilakukan dengan menyusuri jembatan kayu yang dipasang diantara pepohonan. Jembatan ini memiiki ketinggian 60 m di atas tanah. Cukup menegangkan memang akan tetapi pemandangan yang disajikan dari canopi trail ini sangat indah.

Cikakini loop trail dapat dilakukan dengan melakukan trekking sepanjang 2 km memotong hutan. Dengan trekking ini pengunjung dapat menikmati suasana hutan dan mengamati satwa liar.

Di hutan ini hidup berbagai satwa seperti owa, elang, lutung, dan masih banyak lagi. Selain itu suasana hutan yang tenang dengan suara alam seperti desir angin dan aliran air sungai sangat menenangkan.

wisata Bukit Halimun

wisata Bukit Halimun – foto ig @elmarahmalia

Mengamati jamur menyala tentunya dilakukan pada malam hari. Oleh karena itu, pengunjung harus menyewa guide dan membawa senter.

Di lokasi memandang jamur menyala pengunjung akan diarahkan untuk mematikan sumber cahaya untuk melihat jamur-jamur yang menyala dalam gelap. Jamur-jamur ini umumnya hidup di dahan pohon rasamala yang sudah mati.

Tea walk di Kebun Teh Nirmala dilakukan dengan berkeliling kebun teh. Kalian dapat berkeliling kebun teh untuk melihat proses pemetikan daun teh. Jika kalian penasaran bagaimana proses pembuatan teh. Kalian juga dapat mengamati proses pengolahan teh  di pabrik teh yang berada di tengah kebun teh Nirmala.

Leave a Reply