Bukit, Alam

Puncak Puthuk Kembang, Paralayangnya Mojokerto

Puncak Puthuk Kembang

Puncak Puthuk Kembang - pacetadventure

Puncak Puthuk Kembang – Beberapa waktu lalu Kabupaten Mojokerto menjadi sorotan dan perbincangan warganet di sosial media. Hal tersebut dikarenakan viralnya objek wisata baru, yaitu Ranu Manduro. Ya, Ranu Manduro disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Ngoro Mojokerto.

Di sana, kamu akan melihat hamparan padang rumput yang sangat luas dengan latar belakang gunung yang dihiasi dengan ornamen bebatuan. Tentu saja hal ini membuat banyak orang penasaran sehingga saat ini Ranu Manduro diserbu pengunjung setiap hari, baik lokal maupun dari luar kota.

Nah, setelah Ranu Manduro viral di dunia maya, nama Ngoro semakin melejit dan dikenal khalayak ramai. Meskipun selama ini dikenal sebagai kota industri, ternyata Ngoro juga punya banyak tempat wisata yang pantas dikunjungi saat liburan tiba, loh! Salah satunya adalah Puncak Puthuk Kembang.

Pesona Puncak Puthuk Kembang

Puncak Puthuk Kembang

Puncak Puthuk Kembang – pacetadventure

Puncak Puthuk Kembang adalah salah satu wisata alam yang baru-baru ini ramai diekspos media. Sesuai dengan namanya, tempat wisata bukit ini berada di ketinggian atau puncak perbukitan sehingga kamu perlu sedikit mendaki untuk sampai di atas.

Tapi tenang saja, setelah sampai di atas, kamu akan takjub. Sebab dari atas kamu akan melihat perkotaan dengan sangat jelas. Apalagi jika berkunjung malam hari, kerlap-kerlip lampu kota terlihat sangat memukau yang akan membuatmu terhipnotis oleh keindahannya. Belum lagi ditambah hawa yang sejuk dengan sepoi angin yang pasti akan membuat sensasi semakin menyenangkan.

Baca juga: Puncak Danau Buyan Wanagiri, Wisata Langit Kekinian di Bali

Puncak Puthuk Kembang

Puncak Puthuk Kembang – ekosulistio

Dari atas, kamu tidak hanya akan melihat rumah-rumah saja, tapi juga kawasan industri, sungai Brantas, dan bahkan lumpur Lapindo. Di sana kamu bisa berswafoto sesuka hati karena banyak spot-spot keren yang bisa kamu jadikan latar. Salah satu spot foto yang paling diminati oleh muda mudi adalah gardu cinta.

Jadi, di atas puncak terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari bambu dengan bingkai hati. Meski terkesan sederhana, gardu ini selalu menjadi incaran bagi setiap pengunjung yang datang. Di balik gardu pandang berbentuk hati ini kamu akan melihat panorama yang sangat cantik dengan view perbukitan dan keindahan spektrum lampu kota di malam hari.

Tempat ini cocok buat kamu yang ingin melepas penat karena kesibukan sehari-hari. Selain udaranya yang sejuk, suasananya juga hening sehingga kamu bisa membuang beban sejenak dan menikmati keindahan alam.

Puncak Puthuk Kembang Mojokerto

Puncak Puthuk Kembang Mojokerto – foto wisataoke.com

Banyak yang mengatakan jika Puthuk Kembang ini mirip dengan Bukit Paralayang yang ada di Malang. Memang benar, panoramanya cukup mirip dengan Paralayang sehingga tidak sedikit warga Malang yang penasaran dan datang untuk memastikan.

Puthuk Kembang sendiri lokasinya dekat dengan gunung Penanggungan. Jadi, kamu bisa sekaligus mendaki ke puncak Pawitra karena lokasinya berdekatan. Lebih dari itu, tempat wisata yang berada di ketinggian 550 MDPL ini juga bisa digunakan untuk kemah karena tersedia campground.

Tidak sedikit pemuda berkelompok yang datang untuk merasakan sensasi dinginnya Puthuk Kembang. Jadi, jika kamu ingin merasakan suasana baru, tidak ada salahnya mencoba kemah di tempat ini. Tapi ingat, harus jaga kebersihan, ya!

Baca juga: Menikmati Keindahan Kota Bandung dari Puncak Ciumbuleuit

Lokasi Puthuk Kembang

Pemandangan Puncak Puthuk Kembang

Pemandangan Puncak Puthuk Kembang – pacetadventure

Puthuk Kembang berlokasi di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dari kota Surabaya, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan. Sesampainya di Ngoro, kamu akan dibantu dengan papan alamat sehingga tidak sulit untuk menuju ke sana.

Jika dirasa masih bingung, kamu bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci “Kunjorowesi”. Jika memang lemah sinyal, kamu tidak perlu takut kesasar karena warga sekitar pasti akan membantumu memberikan alamat atau rute ke tujuan.

Baca juga: Puncak Sibarat, Wisata keren di Gunung wuled Purbalingga

Harga Tiket Puthuk Kembang

Banyak yang salah sangka, mengira harga tiket masuk Puthuk Kembang mahal. Padahal, kamu tidak akan dipungut biaya masuk sepeserpun, alias gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan uang jasa parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk sepeda motor untuk menjaga kendaraan ketika kamu sedang di atas puncak. Ya, dengan uang segitu, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Ngoro. Terjangkau, bukan?

Nah, itulah sekilas cerita tentang Puthuk Kembang yang disebut-sebut sebagai Paralangnya Mojokerto. Bagaimana? Penasaran ingin ke sana? Jangan lupa ajak teman dan keluarga, ya!

Leave a Reply