Desa Wisata, Alam, Gunung

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona | Foto : @arga_pesona

Puncak Arga Pesona – Tidak hanya memiliki Waduk/Telaga Trepus, Di Pati juga memiliki objek wisata yang merupakan puncak tertinggi Pegunungan Kendeng yaitu Puncak Arga Pesona. Apabila kalian mengunjungi tempat wisata ini, maka kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang dapat melepas penat serta memanjakan mata.

Puncak Arga Pesona

Arga Pesona | Foto : arga_pesona

Tempat wisata ini juga dikenal dengan sebutan Tranggulasi atau Puncak 0 KM, lantaran lokasinya yang berada tepat di titik perbatasan antara kabupaten Pati dan Kabupaten Grobogan. Dengan lokasi yang berada di titik nol, maka pengunjung dapat menikmati keindahan dua kota yang begitu indah.

Jika berdiri di puncak Arga Pesona, kalian dapat melihat kabupaten Pati hingga Kudus di sisi utara, tidak hanya itu kalian juga dapat melihat Gunung Muria beserta bebukitan yang indah di sekitarnya. Bergeser ke sisi barat, bebarisan perbukitan di area Semarang hingga Gunung Ungaran menyambut pandangan kalian, bahkan dari puncak ini dapat melihat ketika gunung Merapi meletus.

Kemudian di sisi selatan, kalian bisa melihat daerah kabupaten Grobogan dimana terdapat barisan pegunungan pada selatan Grobogan dan Blora, dan jika kalian beruntung dimana cuaca sedang cerah maka Gunung Lawu dapat kalian lihat dengan jelas.

Sejarah Puncak Arga Pesona

Resmi dibuka pada 16 Mei 2017, Puncak Arga Pesona menarik perhatian wisatawan tidak hanya dari daerah Pati dan Grobongan, tetapi juga wisatawan dari wilayah sekitar. Puncak Arga Pesona dirintis dan digagas oleh Bapak Suyatno yang merupakan Perangkat Desa Beketel bersama sekelompok paguyuban masyarakat Pecinta Hutan Lestari serta Karang Taruna setempat. Lokasi Puncak Arga Pesona memanfaatkan lahan Perhutani Purwodadi dan lahan milik perorangan yang tidak pernah ditanami, hingga dibangun sebuah tempat wisata yang begitu indah. Tujuan dibuatnya tempat wisata ini, tidak lain agar warga Pati memiliki tempat berekreasi bersama anak dan keluarga yang tidak jauh.

Spot-Spot Menarik

Miniatur Perahu - Puncak Arga Pesona

Miniatur Perahu | @arga_pesona

Jangan khawatir, Puncak Arga Pesona telah dilengkapi berbagai spot foto yang siap memenuhi galeri ponsel kalian. Salah satu objek wisata terfavorit pengunjung ialah miniatur perahu yang terbuat dari bahan baku bambu. Dengan lokasi miniatur perahu yang berada di puncak Arga Pesona, maka dari posisi ini kalian dapat melihat luas hamparan alam dari daerah Blora, Gorobgan, Kudus, hingga ke Semarang.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mendatangi spot menarik seperti Hobbiton dan rumah pohon. Serta disisi lain Pucak Arga Pesona terdapat susunan bebatuan kapur yang tak boleh kalian lewatkan.

Selain menawarkan keindahan alamnya yang indah. Arga Pesona juga menawarkan wisata religi yaitu berupa sumur yang terdapat di puncak Arga Pesona. Sumur ini merupakan salah satu peninggalan Syeh Jangkung atau yang lebih dikenal dengan Saridin.

Hobbiton - Puncak Arga Pesona

Hobbiton | Foto : @arga_pesona

Kedepannya, objek wisata menarik di Puncak Arga Pesona akan semakin banyak. Akan ada penambahan fasilitas Flying Fox dan bumi perkemahan. Serta, goa yang berada di sekitar Pucak Arga Pesona juga akan dibuka untuk wisatawan seperti Goa Angin dan Goa Suara serta Watu Gong yang dapat mengeluarkan bunyi tiga suara berbeda.

Karena itu, Puncak Arga Pesona wajib masuk dalam daftar tujuan liburan kalian.

Lokasi dan Akses

Wisata Arga Pesona ini berlokasi di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Lokasinya begitu unik, berada tepat di titik nol antara wilayah Pati dan Grobongan.

Untuk menuju Puncak Arga Pesona, kalian dapat melalui Kayen Pati. Dari pusat Kota Pati, kalian menempuh perjalanan selama 20 menit menuju Kayen. Perjalanan dilanjutkan menuju Baketel selama 20 menit. Dengan total 40 menit perjalanan dari Kota Pati menuju Beketel, kalian tidak perlu khawatir dengan perjalanan yang membosankan. Selama perjalanan, kalian dapat mengunjungi objek wisata lain seperti Bukit Pandang Duren Sawit, Air Terjun Lorodan Semar dan Panorama Kandangan.

Setelah tiba di Beketel, kalian dapat menuju Arga Pesona dengan melalui akses jalanan yang sudah bagus dan beraspal hingga menuju pintu masuk lokasi. Setibanya di pintu masuk Arga Pesona, kalian melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan berjalan kaki sejauh beberapa puluh meter.

Harga Tiket

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona | Foto : @arga_pesona

Untuk harga tiketnya sendiri, kalian dapat mengeluarkan uang Rp2.000 untuk hari biasa dan Rp3.000 untuk hari libur. Dengan harga tiket yang relatif murah, kalian sudah dapat menikmati keindahan dan spot menarik di Puncak Argo Pesona sepuasnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply