Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pulau

Pulau Papatheo, Tempat Camping Seru di Kepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu - foto @sisiatas

Salah satu pulau wisata yang ada dikepulauan seribu yang bisa dijadikan tempat camping seru adalah pulau Papatheo. Pulau ini adalah sebuah pulau tanpa penghuni yang kini menjadi pulau tempat wisatawan melakukan aktivitas camping atau memancing. Pulau papateho juga sering disebut Pulau Petodan Kecil.

Pulau Papa theo ini dulunya merupakan sebuah pulau resort yang cukup ramai. Namun seiring waktu Pulau Papatheo Akhirnya ditinggalkan dan kini sisa bangunan dipulau ini masih berdiri meski sebagian bangunanya lagi sudah hancur dimakan usia.

Baca Juga ya wisata lainnya :

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu – foto @sisiatas

Kini Pulau Papatheo Menjadi salah satu tempat tujuan camping oleh warga Jakarta yang sedang liburan ke Pulau Seribu. Biasanya komunitas Backpacker Jakarta rajin menggelar trip camping ke Pulau Papatheo. Selain karna pemandanganya cukup indah juga karna Pulau Papatheo Masih sepi dan tak berpenghuni sehingga wisatawan leluasa melakukan aktivitasnya.

Cara Menuju Pulau Papatheo

Karena Pulau Papatheo Berada dikepulauan seribu maka kita harus naik kapal terlebih dahulu dari pelabuhan Kali adem Muara Angke Jakarta Utara. Jadwal keberangkatan kapalnya setiap hari jam 07.00 – 08.30 pagi. Usahakan datang lebih awar agar tak perlu mengantri tiket apalagi saat weekend pasti banyak wisatawan yang juga akan berlibur kekawasan pulau seribu.

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu – foto @bang_aje

Oh ya, saat ini memang belum ada pelayaran langsung menuju Pulau Papatheo Sebab pulau ini tak berpenghuni. Jadi kalian harus singgah terlebih dahulu dipulau terdekatnya yakni pulau Harapan. Di Pulau Harapan tersedia banyak fasilitas umum sebab pulau ini adalah pulau berpenghuni dan merupakan salah satu pusat aktivitas warga kepulauan seribu.

Untuk harga tiket penyebrangan kapal dari pelabuhan Kali Adem Muara Angek ke pulau Harapan adalah Rp 55.000 / Penumpang sekali jalan. Selama hampir 2-3 jam lamanya diatas kapal kita akan dibawa melihat luasnya lautan diutara Jakarta hingga melintasi pulau-pulau indah disepanjang jalur perlintasan hingga sampai didermaga pelabuhan pulau Harapan.

Cara menuju Pulau Papatheo

Pesona Pulau Papatheo – foto @ wisatanusantara.id

Setibanya kita di Pulau Harapan ini, kita harus menyewa kapal kecil lagi untuk mengantarkan kita menuju Pulau Papatheo. Biasanya harga sewa kapal kecilnya itu tergantung jumlah orang yang naik. Mulai dari 500.000 – 1 jutaan per antar jemput. Jadi nantinya kapal kecil yang mengantar kita hanya akan menurunkan kita saja disana, lalu keesokan harinya kita akan dijemput kembali kepulau Harapan.

Biaya Izin Camping di Pulau Papatheo

Buat masuk dan mendirikan tenda di Pulau Papatheo, kalian harus izin terlebih dahulu. Nah untuk izinya sendiri bisa datang langsung ke pulau papatheo. Biasanya ada 1-2 orang petugas atau warga yang berjaga disekitar pulau. Jadi begitu kalian tiba bisa langsung mendaftar ke mereka.

Harga tiket camping dipulau papatheo

Pulau Papatheo, Pulau berpasir putih dan Indah – foto @masdonyy

Untuk biaya izin masuk mendirikan tenda dikenakan biaya Rp 25.000 / orang. Untuk jumlah tendanya tidak dibatasi jadi biaya tersebut termasuk biaya perizinan camping dan biaya explore Pulau Papatheo.

Satu hal lagi, dipulau Papateho ini tidak ada penghuninya yang ada hanya penjaganya saja. Jadi jika kalian mau camping dipulau ini jangan lupa bawa bahan makanan, minuman dan obat-obatan pribadi.

Ada Apa di Pulau Papatheo

Banyak teman-teman yang beratanya, ada apa sih di Pulau Papatheo ? Sebenarnya Pulau Papatheo itu sama saja dengan pulau tanpa penghuni lainnya. Pulau yang hanya berisi semak belukar dan sedikit hutan-hutan disekitarnya tanda pulau ini memang tidak terawat. Namun pemandangan alam disekitar Pulau Papatheo Ini sangat indah menurutku.

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu

Paoatheo Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu – foto @bang_aje

Pasirnya putih bersih dan ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga bisa nenikmati air disekitar kawasan pulau sambil menyelam atau sekedar snorkling cantik. Deretan pohon kelapa dan pepohonan lain disekitaran Pulau Papatheo Menambah kesan alami dan jarang dikunjungi. Meski ada beberapa bangunan tua yang sudah ditinggalkan namun itu tak terlihat dengan jelas lagi karena sudah tertutup semak belukar.

Saya juga sempat berkeliling pulau lewat tepian Pulau Papatheo. Meski sedikit susah dan sesekali harus nyebur kelaut juga tapi jadi tau kalo ternyata pulau ini masih bisa dikelilingi. Disebalh sisi ujung pulau papateho memang tidak ada apa-apa, yang ada hanya kawasan pohon mangrove yang masih tersisa, pepohonan entah apa namanya sampai kebun kelapa tua.

Sunset pulau papatheo

Indahnya sunset Pulau Papatheo – foto @kataomed

Kita juga bisa menikmati kesegaran buah kelapa yang tumbuh subur di Pulau Papatheo loh. Biasanya tinggal meminta mamang-mamang yang berjaga untuk mengambilkan buah kelapa dan tinggal membayarnya saja. Atau buat kamu yang suka masang hammock, duh di Pulau Papatheo Ini banyak sekali pohon-pohon yang tempatnya sangat pas buat masang hammock, pas lagi tepat di depan area camping.

Hemm apa lagi yah. Oh iya, disini juga ada sebuah sumur tua bekas penghuni pulau yang lumayan masih bisa dimanfaatkan untuk bilas setelah berenang atau snorkling di laut. Tapi kalo bisa jangan diminum yah karena rasanya payau. Hanya untuk aktivitas mck dan untuk bersihin bekas masakan atau makanan kita saja. Yah meski lokasi sumur ini agak ketengah pulau tetapi aksesnya atau jalanya cukup jelas.

Rincian Biaya Trip Pulau Papatheo

Saya mencoba merincikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk camping atau liburan ke Pulau Papatheo. Untuk aktifitas snorkling bisa kita lakukan dipulau-pulau sekitar pulau Harapan atau sebelum tiba dipulau Papateho. Jadi sebelum mendirikan tenda kita snorkling dan keliling pulau lainnya terlebih dahulu. Baru menjelang sore kita ke Pulau Papatheo dan mendirikan tenda disana.

Sunset di pulau papatheo

Pemandangan senja di pulau Papatheo – foto @abdillahramdhani

Berikut ini rincian atau biaya Trip Pulau Papatheo :

Kuota Peserta : 10 orang
Keberangkatan : Sabtu – Minggu

– Tiket PP Kalo AdemĀ  ke Pulau Harapan : 120.000 x 10 = 1.200.000
– Sewa Kapal explore Papateho : 800.000
– Biaya Izin Camping : 30.000×10 = 300.000
– Konsumsi Bersama : 200.000

Total Biaya camping dipulau Papateho adalah Rp 2.500.000 / 10 orang = Rp 250.000 per peserta.

Murah kan, yap akan jauh lebih murah jika jumlah peserta yang ikutan juga banyak. Atau buat kalian yang males buat arenge biaya perjalanan atau atur dan contact ke sana sini, kalian bisa ikutan tripnya komunitas Backpacker Jakarta saja yang selalu sharecost atau patungan. Cek di ignya @backpackerjakarta

Itinerary Trip Pulau Papatheo

Berikut ini sekilas info Itinerary Trip Pulau Papatheo Yang saya ambil dari temen-temen Backpacker Jakarta saat mengadakan Trip kepulau ini.

*ITINERARY Trip Pulau Papateho*

Hari Pertama : Hari Sabtu

06.00 mepo di Pelabuhan Kaliadem
07.30 naik ke kapal menuju pulau Harapan
12.00 sampai di pulau Harapan dan lanjut ishoma
13.30 menuju ke pulau papatheo mendirikan tenda bareng
14.30 menuju spot snorkeling, pulau dolphin-perak dsktr-nya
17.15 menuju pulau papatheo dilanjut ishoma
19.00 perkenalan sesama rekan trip dan BBQ an (bila mau), serta makan malam bersama.
22.00 istirahat, hunting milky way (jika memungkinkan)

Hari Kedua : Minggu

05.00 bangun menikmati matahari pagi di pinggir pantai
07.00 sarapan
08.00 prepare dan re-packing
09.30 Naik kapal hoping ke pulau Harapan.
11.00 sampai di pulau Harapan
12.00 naik kapal menuju Pelabuhan Kaliadem,
15.00 sampai pelabuhan kaliadem,
dan trip selesai

waktu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai situasi dan kondisi serta kesepakatan bersama.

Bagaimana guys, kalian tertarik camping dipulau Papatheo ?

Leave a Reply