Pulau Papatheo, Tempat Camping Seru di Kepulauan Seribu

Tapi Ingat Pulang

Pulau

Pulau Papatheo, Tempat Camping Seru di Kepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu - foto @sisiatas

Salah satu pulau wisata yang ada dikepulauan seribu yang bisa dijadikan tempat camping seru adalah pulau Papatheo. Pulau ini adalah sebuah pulau tanpa penghuni yang kini menjadi pulau tempat wisatawan melakukan aktivitas camping atau memancing. Pulau papateho juga sering disebut Pulau Petodan Kecil.

Pulau Papa theo ini dulunya merupakan sebuah pulau resort yang cukup ramai. Namun seiring waktu Pulau Papatheo Akhirnya ditinggalkan dan kini sisa bangunan dipulau ini masih berdiri meski sebagian bangunanya lagi sudah hancur dimakan usia.

Baca Juga ya wisata lainnya :

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu

Pulau Papatheo dikepulauan Seribu – foto @sisiatas

Kini Pulau Papatheo Menjadi salah satu tempat tujuan camping oleh warga Jakarta yang sedang liburan ke Pulau Seribu. Biasanya komunitas Backpacker Jakarta rajin menggelar trip camping ke Pulau Papatheo. Selain karna pemandanganya cukup indah juga karna Pulau Papatheo Masih sepi dan tak berpenghuni sehingga wisatawan leluasa melakukan aktivitasnya.

Cara Menuju Pulau Papatheo

Karena Pulau Papatheo Berada dikepulauan seribu maka kita harus naik kapal terlebih dahulu dari pelabuhan Kali adem Muara Angke Jakarta Utara. Jadwal keberangkatan kapalnya setiap hari jam 07.00 – 08.30 pagi. Usahakan datang lebih awar agar tak perlu mengantri tiket apalagi saat weekend pasti banyak wisatawan yang juga akan berlibur kekawasan pulau seribu.

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu – foto @bang_aje

Oh ya, saat ini memang belum ada pelayaran langsung menuju Pulau Papatheo Sebab pulau ini tak berpenghuni. Jadi kalian harus singgah terlebih dahulu dipulau terdekatnya yakni pulau Harapan. Di Pulau Harapan tersedia banyak fasilitas umum sebab pulau ini adalah pulau berpenghuni dan merupakan salah satu pusat aktivitas warga kepulauan seribu.

Untuk harga tiket penyebrangan kapal dari pelabuhan Kali Adem Muara Angek ke pulau Harapan adalah Rp 55.000 / Penumpang sekali jalan. Selama hampir 2-3 jam lamanya diatas kapal kita akan dibawa melihat luasnya lautan diutara Jakarta hingga melintasi pulau-pulau indah disepanjang jalur perlintasan hingga sampai didermaga pelabuhan pulau Harapan.

Cara menuju Pulau Papatheo

Pesona Pulau Papatheo – foto @ wisatanusantara.id

Setibanya kita di Pulau Harapan ini, kita harus menyewa kapal kecil lagi untuk mengantarkan kita menuju Pulau Papatheo. Biasanya harga sewa kapal kecilnya itu tergantung jumlah orang yang naik. Mulai dari 500.000 – 1 jutaan per antar jemput. Jadi nantinya kapal kecil yang mengantar kita hanya akan menurunkan kita saja disana, lalu keesokan harinya kita akan dijemput kembali kepulau Harapan.

Biaya Izin Camping di Pulau Papatheo

Buat masuk dan mendirikan tenda di Pulau Papatheo, kalian harus izin terlebih dahulu. Nah untuk izinya sendiri bisa datang langsung ke pulau papatheo. Biasanya ada 1-2 orang petugas atau warga yang berjaga disekitar pulau. Jadi begitu kalian tiba bisa langsung mendaftar ke mereka.

Harga tiket camping dipulau papatheo

Pulau Papatheo, Pulau berpasir putih dan Indah – foto @masdonyy

Untuk biaya izin masuk mendirikan tenda dikenakan biaya Rp 25.000 / orang. Untuk jumlah tendanya tidak dibatasi jadi biaya tersebut termasuk biaya perizinan camping dan biaya explore Pulau Papatheo.

Satu hal lagi, dipulau Papateho ini tidak ada penghuninya yang ada hanya penjaganya saja. Jadi jika kalian mau camping dipulau ini jangan lupa bawa bahan makanan, minuman dan obat-obatan pribadi.

Ada Apa di Pulau Papatheo

Banyak teman-teman yang beratanya, ada apa sih di Pulau Papatheo ? Sebenarnya Pulau Papatheo itu sama saja dengan pulau tanpa penghuni lainnya. Pulau yang hanya berisi semak belukar dan sedikit hutan-hutan disekitarnya tanda pulau ini memang tidak terawat. Namun pemandangan alam disekitar Pulau Papatheo Ini sangat indah menurutku.

Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu

Paoatheo Pulau Tak Berpenghuni dikepulauan Seribu – foto @bang_aje

Pasirnya putih bersih dan ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga bisa nenikmati air disekitar kawasan pulau sambil menyelam atau sekedar snorkling cantik. Deretan pohon kelapa dan pepohonan lain disekitaran Pulau Papatheo Menambah kesan alami dan jarang dikunjungi. Meski ada beberapa bangunan tua yang sudah ditinggalkan namun itu tak terlihat dengan jelas lagi karena sudah tertutup semak belukar.

Saya juga sempat berkeliling pulau lewat tepian Pulau Papatheo. Meski sedikit susah dan sesekali harus nyebur kelaut juga tapi jadi tau kalo ternyata pulau ini masih bisa dikelilingi. Disebalh sisi ujung pulau papateho memang tidak ada apa-apa, yang ada hanya kawasan pohon mangrove yang masih tersisa, pepohonan entah apa namanya sampai kebun kelapa tua.

Leave a Reply