Pengetahuan, City Tour, Tentang Kota

Pelabuhan Jagoh Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

Pelabuhan Jagoh

Pelabuhan Jagoh Sumber: HALAMAN KEPRI

Pelabuhan Jagoh adalah salah satu pelabuhan utama di Desa Jagoh Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. Desa Jagoh terletak di bagian utara pulau Singkep dan menjadi pintu gerbang utama menuju ke Pulau Singkep.

Desa Jagoh terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lingga No. 12 Tahun 2008. Desa ini memiliki 2 dusun dan masing-masing memiliki 2 RW. Di desa Jagoh ini terdapat 6 kampung yaitu Jagoh Sebrang Kemas, Air Lintah, Bukit, Jagoh Besar, Jagoh Air Uting, dan Jagoh Tanjung Batang.

Sejarah Pelabuhan Jagoh, Lingga, Kepulauan Riau

Pelabuhan di Jagoh

Pelabuhan di Jagoh – Sumber: BeritaTrans

Bupati Lingga, Kepulauan Riau, Alias Wello (Awe) meresmikan pelabuhan domestik Jagoh atau juga biasa disebut dengan pelabuhan Jagoh Dabo Singkep pada Jumat, 3 Maret 2016. Secara simbolik, peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Lingga ini.

Pelabuhan yang menelan biaya Rp4,6 miliar itu dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2016. Sejak selesai awal tahun 2016, percobaan pelabuhan telah dilakukan dan telah disinggahi tol laut KM Sabuk Nusantara lintas provinsi. Pelabuhan Jagoh dapat disinggahi oleh kapal-kapal ukuran sedang.

Baca Juga ya :

Wisata disekitar Pelabuhan Jagoh, Lingga, Kepulauan Riau

Hamparan pasir putih yang menghiasi Pelabuhan Jagoh nampak begitu indah. Adanya kawasan wisata di sekitar Pelabuhan Jagoh membuat nama pelabuhan ini semakin terkenal saja. Terlihat dengan jelas beberapa objek wisata dadakan dibangun di sana.

Ada yang memberi nama Pantai Marquez, ada pula yang namanya Pantai Payung dengan ciri khas pantai yang didekorasi dengan payung. Ada tempat wisata berupa juga jejeran karang yang masih belum diberi nama.

Di Pelabuhan Jagoh kita disuguhi hamparan laut yang luas dan sesekali dapat melihat beberapa pulau berpasir. Itu saja cukup untuk menjadi pengobat stres bagi kita. Selain wisata dadakan ada pula wisata alam yang tak kalah menarik, antara lain Air Terjun Makunggal dan Resun yang jarang dijamah. Sehingga masih tampak asri dan alami.

Pelabuhan Jagoh

Pelabuhan Jagoh – Sumber: HALAMAN KEPRI

Ada juga Pulau Benan, Pulau Duyung, Pulau Berhala, Pulau Lalang, dan Pulau Penaah yang eksotis nan cantik. Juga Pantai Dungun, Pantai Moyang, Pantai Pasir Panjang, serta pantai-pantai dengan hamparan pasir putih lainnya yang memesona.

Yang keren, ada Gunung Daik dengan kemiringan ekstrem yang menanti untuk ditaklukkan. Gunung Daik sangat memacu adrenalin dan merupakan spot yang baik untuk mendaki.

Jalan-jalan di Kabupaten Lingga ini mengingatkan kita akan suatu kawasan wisata: Pulau Lombok. Posisi jalannya mirip. Di sebelah kanan tebing, di sisi satunya pantai. Bahkan, masih jarang terlihat ada pemukiman. Suasana yang benar-benar indah.

Fasilitas di Pelabuhan Jagoh, Lingga, Kepulauan Riau

Pelabuhan Jagoh yang merupakan salah satu pelabuhan utama sebagai akses pintu masuk dan keluar Kabupaten Lingga ini masih tergolong jauh dari kata nyaman. Banyak faktor yang menyebabkan demikian, antara lain:

Pelabuhan

Pelabuhan di Jagoh – Sumber: Kabupaten Lingga

1. Pelabuhan Jagoh belum memiliki ruang tunggu yang memadai

2. Dermaga menuju ponton belum dipasang atap

Akibatnya, pada musim penghujan penumpang akan kebasahan. Keadaan ini bertolak belakang dengan pelabuhan yang terletak bersebelahan dengan Pelabuhan Jagoh. Namun karena sedang dalam pembenahan yang tak kunjung usai, terpaksa masyarakat harus memilih Pelabuhan Jagoh ini.

3. Akses menuju Pelabuhan Jagoh dari Kecamatan Singkep Barat sangat memprihatinkan

Akses menuju pelabuhan Jagoh bila ditempuh dari Kecamatan Singkep Barat saat ini sangat memprihatinkan. Jalan yang setiap hari dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat tersebut rawan kecelakaan, apalagi pada jam-jam tertentu seperti pagi dan sore hari di jam keberangkatan kapal feri maupun kapal roro.

Pasalnya didapati banyak jalan yang bergelombang dengan berbagai diameter. Hal ini sangat bertolak belakang dengan penilaian Nurdin Basirun yang notabene menjabat sebagai Gubernur Provinsi Kepri.

Beliau mengatakan bahwa saat ini jalan yang menghubungkan pelabuhan utama Jagoh dengan Kecamatan desa – desa di Kecamatan Singkep Barat sudah lebih baik.

4. Kawasan parkir akan diperluas pada tahun 2020

Meski begitu Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Perhubungan (Dishub), berencana akan memperluas kawasan parkir di Pelabuhan Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga tahun 2020.

Leave a Reply