Pelabuhan Jagoh Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pengetahuan, City Tour, Tentang Kota

Pelabuhan Jagoh Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

Pelabuhan Jagoh

Pelabuhan Jagoh Sumber: HALAMAN KEPRI

Pelabuhan Jagoh adalah salah satu pelabuhan utama di Desa Jagoh Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. Desa Jagoh terletak di bagian utara pulau Singkep dan menjadi pintu gerbang utama menuju ke Pulau Singkep.

Desa Jagoh terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lingga No. 12 Tahun 2008. Desa ini memiliki 2 dusun dan masing-masing memiliki 2 RW. Di desa Jagoh ini terdapat 6 kampung yaitu Jagoh Sebrang Kemas, Air Lintah, Bukit, Jagoh Besar, Jagoh Air Uting, dan Jagoh Tanjung Batang.

Sejarah Pelabuhan Jagoh, Lingga, Kepulauan Riau

Pelabuhan di Jagoh

Pelabuhan di Jagoh – Sumber: BeritaTrans

Bupati Lingga, Kepulauan Riau, Alias Wello (Awe) meresmikan pelabuhan domestik Jagoh atau juga biasa disebut dengan pelabuhan Jagoh Dabo Singkep pada Jumat, 3 Maret 2016. Secara simbolik, peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Lingga ini.

Pelabuhan yang menelan biaya Rp4,6 miliar itu dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2016. Sejak selesai awal tahun 2016, percobaan pelabuhan telah dilakukan dan telah disinggahi tol laut KM Sabuk Nusantara lintas provinsi. Pelabuhan Jagoh dapat disinggahi oleh kapal-kapal ukuran sedang.

Baca Juga ya :

Wisata disekitar Pelabuhan Jagoh, Lingga, Kepulauan Riau

Hamparan pasir putih yang menghiasi Pelabuhan Jagoh nampak begitu indah. Adanya kawasan wisata di sekitar Pelabuhan Jagoh membuat nama pelabuhan ini semakin terkenal saja. Terlihat dengan jelas beberapa objek wisata dadakan dibangun di sana.

Ada yang memberi nama Pantai Marquez, ada pula yang namanya Pantai Payung dengan ciri khas pantai yang didekorasi dengan payung. Ada tempat wisata berupa juga jejeran karang yang masih belum diberi nama.

Di Pelabuhan Jagoh kita disuguhi hamparan laut yang luas dan sesekali dapat melihat beberapa pulau berpasir. Itu saja cukup untuk menjadi pengobat stres bagi kita. Selain wisata dadakan ada pula wisata alam yang tak kalah menarik, antara lain Air Terjun Makunggal dan Resun yang jarang dijamah. Sehingga masih tampak asri dan alami.

Leave a Reply