Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Pantai Wohkudu Gunung Kidul, Tempat Camping Terbaik di Yogyakarta

Camping di Pantai Wohkudu Yogyakarta

Camoing Seru di Pantai Wohkudu Yogyakarta - foto@ adzusyar

Satu lagi pantai di Jogjakarta yang perlu kalian kunjungi khususnya bagi kalian penikmat alam wisata pantai. Namanya adalah Pantai Wohkudu Gunung Kidul. Pantai ini memang jarang terdengar dan tidak setenah pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan posisinya yang tersembunyi dan terpencil diantara bebatuan karang besar yang membuatnya seperti pantai private.

Pantai Wohkudu merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh mereka yang bosan dengan pantai seperti umumnya ramai dengan pengunjung, banyak bangunan dan spot foto keinian sehingga mengurangi kesan natural pada pantai tersebut. Nah Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini hadir sebagai salah satu pantai sunyi yang indah serta sangat cocok dijadikan tempat untuk melarikan diri dari kepenatan serta riuhnya perkotaan.

Baca juga Ya kaka :

Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Pantai Wohkudu Gunung Kidul – foto @al.rasyd

Lokasi Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Sesuai namanya, Pantai Wohkudu Gunung Kidul berada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta atau sekitar 45 km dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi Pantai Wohkudu sebetulnya dekat dengan Pantai Kesirat atau pantai Gesirat yang hanya berjarak 1 kilometeran. Hanya saja lokasi Pantai Wohkudu ini mamng sangat tersembunyi dibalik bebatuan karang atau tebing yang cukup besar.

Untuk sampai kekawasan Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini kita harus berjalan kaki melewati jalur setapak dari parkiran melewati tebing, bebatuan dan rerumputan. Jika kalian bingung bisa tanya saja kepada penduduk sekitar lokasi Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini berada.

Lokasi Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Lokasi Pantai Wohkudu Gunung Kidu diapit 2 buah tebing besar l – foto @saefullah_14

Dari pusat kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam berkendara motor atau mobil melalui Jalan Wonosari atau jalur alternatif Jalan Imogiri. Alamat lengkap Pantai Wohkudu ini berada di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta Indonesia.

Baca juga ya :

Bahakan saat menuju kawasan Pantai Wohkudu, kita juga masih harus berjalanan kaki sekitar 5-10 menit menurunin lembah atau perbukitan berkarang tajam. Namun tenang saja, jalanya cukup aman dan jelas jadi kalian gak perlu khawatir tersesat. Tapi jangan kaget yah bila tiba-tiba muncul gerombolan kera heee.

Yang Bisa dilakukan di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Pantai Wohkudu memang memberikan daya tarik sebagai pantai yang jarang terjamah manusi, hal ini terlihat dari vegetasinya dan rerumputan disekitarnya masih sangat alami. Dahuluny amemang kawasan ini tidak ada warung sama sekali yang ada hanyalah tempat sunyi dan sepi yang hanya dipenuhi rerumputan dan bebatuan saja. Namun seiring waktu kini Pantai Wohkudu Gunung Kidul mulai banyak dikujungi wisatawan yang juga ingin menikmati camping dan suasana malam dipantai sunyi ini.

Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini terkenal dengan wisata memancingnya. Banyak para wisatawan atau traveller yang camping disini ikut memancing bersama warga setempat. Memang Pantai Wohkudu Gunung Kidul ini merupakan salah satu pantai yang banyak ikannya sehingga banyak sekali pemancing datang kesini hingga pagi dini hari.

Camping di Pantai Wohkudu Yogyakarta

Camoing Seru di Pantai Wohkudu Yogyakarta – foto@ adzusyar

Meski saat kita ada di Pantai Wohkudu Gunung Kidul tidak bisa melakukan banyak hal namun moment inilah yang dinantikan para pengunjung untuk lebih erat dan bisa bercengkarama dengan teman. Bisa seru-seruan bareng atau sekdar menikmati keheningan dengan membaca buku dan beristirahat sembari menyaksikan sunset dan hembusan angin pantai.

Meski tidak banyak warung berdiri dilokasi Pantai Wohkudu Gunung Kidul namun ini membuat pantai ini tidak terlalu ramai. Hanya ada beberapa warung yang berjualan makanan atau minuman bagi par apengunjung yang enggan repot-repot membawa makanan sendiri. Buat yang kebelet ingin ke toilet juga gak perlu khawatir lagi seperti dulu sebab sudah tersedia mck yang lokasiny atak jauh dari kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Saat ini harga tiket ke Pantai Wohkudu Gunung Kidul masih cukup murah yakni Tiket Masuk Motor Rp2.000-3000, Tiket Masuk Mobil Rp5.000 dan untuk Tiket Masuk orangnya dikenakan biaya Rp Rp 2.000 saja (2018). Sementara buat kalian yang membawa parkiran dan ingin aman, silahkan dititipkan ditempat parkiran yang ada tak jauh dari lokasi pantai. Biaya parkiran motor yang menginap adalah Rp 7000-10.000 dan untuk biaya Mobil yang meningap adalah 15.000 – 20.000 saja.

Baca lagi yang lainnya :

Pemandangan Pantai Wohkudu

Pemandangan Pantai Wohkudu dipenuhi bebatuan Karang – foto @putrinoova

Warga setempat juga menjual kayu bakar loh guys buat api unggu didepan tenda kalian agar lebih menikmati suasana camping. Harganya Rp 15.000 dan ini akan cukup sampai pagi hari. Oh ya lupa, untuk biaya Campingnya sebenarnya sukarela tidak ada aturan resmi. Namun biasanya wisatawan atau pengunjung yang camping disini memberikan uang Rp 15.000 – 25.000 / tenda sebagai ucapan terima kasih.

Bagaimana, tertarik untuk camping disini ? Ditunggu kedatnganya guys.

Leave a Reply