Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Liburan ke Pantai Sanglen, Ini Info Rute dan Harga Tiket Masuknya

Pantai Sanglen, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Pantai Sanglen, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. - foto @ericvirgiawan

Bicara soal Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta rasanya terlalu mudah untuk menyebutkan nama-nama pantainya. Ada buanyak sekali pantai-pantai indah dikawasan pesisir Gunung Kidul mulai dari patai yang sudah ramai hingga pantai yang masih sepi dan belum terjamah seperti Pantai Sanglen ini.

Pantai Sanglen terkenal dengan pasir panjangnya yang bewarna putih terbentang memanjang dari ujung keujung. Apalagi jika kita naik ke salah satu bukit yang ada di Pantai Sanglen, maka dari atas akan terlihat hamparan pasir putih yang sangat indah dipadukan dengan lautan lepas yang bewarna biru.

Baca juga pantai lain :

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen di Gunung Kidul Yogyakarta – foto @tonnykuswoyo

Salah satu yang menjadi ciri khas Pantai Sanglen selain pada pasir putih panjangnya juga ada sebuah gubuk tua yang tak berpenghuni berada disekitar pantai. Gubuk tua ini adalah tempat para pemancing beristirahat atau meletakan pancingnya ditempat ini. Kita cukup tahu saja yah jangan sampai merusaknya karena gubuk itu milik penduduk.

Berburu Sunset dan Camping Seru di Pantai Sanglen

Keindahan lain dari Pantai Sanglen adalah pemandangan sunsetnya yang aduhai menggoda kamera untuk segera mengabadikanya. Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Sanglen ini adalah anak-anak muda yang ingin menikmati sensasi liburan seru ditempat yang jauh dari keramaian dan terasa lebih private.

Pantai Sanglen, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Pantai Sanglen, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. – foto @ericvirgiawan

Nah biasanya mereka yang datang ke Pantai Sanglen ini bareng teman-temanya sekaligus untuk camping seru ditepi pantai. Pantai Sanglen memang menjadi salah satu lokasi atau tempat camping seru dan masih alami dikawasan pesisir pantai Gunung Kidul Yogyakarta.

Sunset di Pantai Sanglen

Sunset di Pantai Sanglen – foto @divapavitaa

Disepanjang pinggir pantai, banyak deretan pepohonan yang tumbuh subur seperti pohon cemara hingga Pohon Pandadan laut dimana ukuranya cukup besar menjadi tempat pengunjung berisitirahat entah memasang tenda, memasang hammock hingga menggelar tikar.

Ombak Pantai Sanglen Cukup Besar, Waspadalah!

Satu hal yang perlu kalian hindari adalah berenang ketengah patai sebab ombak dikawasan Pantai Sanglen ini cukup besar dan tinggi. Usahakan kalian hanya menikmati keindahan alamnya saja. Cukup bermain pasir atau bermain air ditepi pantai saja, hindari untuk berenang ketengah laut.

sunrise Pantai Sanglen

sunrise Pantai Sanglen

Akses menuju Pantai Sanglen memang terbilang cukup sulit dan masih belum ada jalan yang bagus untuk dilalui. Bahkan saat sebelum sampai Pantai Sanglen, kita harus berjalan lewat karang-karang di pinggir pantai. Selain cukup tajam juga karangnya cukup licin jadi harus lebih hati-hati.

Baca juga :

Oh ya satu lagi, jangan lupa jika air sedang pasang maka jalur karang menuju Pantai Sanglen tidak bisa dilewati. Jangan memaksakan melewatinya sebab ombak bisa datang kapanpun. Jadilah traveller yang tidak melawan alam yah. Kita cukup menunggunya hingga surut saja kok barulah kita bisa melewati karang.

Pantai Sanglen

Banyak Tebing dan bebatuan besar di Pantai Sanglen – foto @atiarara

Sebenarnya selain melalui tepian pantai, ada jalur lainnya yang bisa kita lalui menuju Pantai Sanglen yakni melewati kawasan persawahan milik warga hingga melewati tanaman liar seperti semak belukar. Namun kit aharu smenyiapkan tenaga ekstra karena harus berjalan mengitari perbukitar disekitar pantai sanglen selama sekitar 20- 30 menit.

Cara Menuju Pantai Sanglen dan Harga Tiket Masuknya

Pantai Sanglen berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia. Nah untuk menuju Pantai Sanglen ini kita bisa menempuhnya dari pusat Kota Jogja dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan baik menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil.

Pantai Sanglen Gunung Kidul

Pasir putih di Pantai Sanglen Gunung Kidul – foto @mw21_

Jika kalian dari arah Jalan Wonosari Yogyakarta arahkan kendaraanmu menuju ke arah jalan Baron melewat Piyungan. Kemudian Dari Jalan Baron ini kita tinggal mengikuti papan penunjuk yang menunjukkan arah Pantai Watu Kodok. Dari Pantai watu kodok ini lokasi Pantai Sanglen sudah berada tepat disampingnya.

Sementara itu untuk harga tiket masuk Pantai Sanglen, kita harus membayar tiket masuk kawasan disepanjang pantai-pantai ini.  Biaya masuk kawasan pantai ini adalah Rp10.000 per orang. Tenang saja guys, biaya tiket tersebut sudah termasuk tiket menuju pantai-pantai indah lainnya disepanjang kawasan ini termasuk menuju pantai Watu Kodok dan lain-lain.

Jadi bukan hanya tiket masuk Pantai Sanglen saja. Dan Jika kamu ingin mendirikan tenda atau camping di Pantai Sanglen maka kita harus membayar lagi sebesar Rp 10.000 per orang.

Fasilitas yang ada di Pantai Sanglen

Bicara soal Fasilitas memang tepat dilokasi pantai belum begitu banyak karena pantai ini masih terbilang pantai sepi dan baru. Namun berbagai failitas yang cukup lengkap sudah tersedia dikawasan pantai ini termasuk warung-warung makanan.

Pantai sepi dan indah Pantai Sanglen yogyakarta

Pantai sepi dan indah Pantai Sanglen yogyakarta

Sementara dipantai Sanglen sendiri hanya ada beberapa warung yang buka saat hari libur saja tetapi itu juga masih berupa gubuk sederhana. Ada juga tempat penyewaan pancing bagi pengunjung yang ingin memancing hingga fasilitas seperti toilet dan kamar mandi.

Tertarik datang kesini ? Jangan lupa ajak teman-temanmu yah.

Leave a Reply