Alam, Bukit

Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung

Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung 1

Bukit Panguk Kediwung - sumber : jogjaprrivatetour

Sunrise di Bukit Panguk Kediwung – Sensasi melihat matahari terbit memang menjadi suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Keindahan alam di pagi buta ditemani semilir sejuk udara dingin nan menggoda meninggalkan kesan mendalam bagi siapapun yang menyaksikan hadirnya sang surya dari ufuk timur.

Jika kalian berkunjung ke Yogyakarta, kalian akan mendapati ada banyak tempat wisata yang menawarkan kegiatan melihat matahari terbit, salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung. Tempat wisata yang satu ini tak hanya sekedar memberikan keindahan alam semata namun mampu memberikan kalian sensasi seakan berada di atas awan!

Bukit Panguk Kediwung

Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung 2

Bukit Panguk Kediwung – sumber : viva.com

Tempat wisata yang satu ini berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Berada kurang lebih sekitar 24km dari pusat Kota Jogja dan hanya berjarak 2km dari Kebun Buah Mangunan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini membuat Bukit Panguk Kediwung mampu memberikan pengalaman bagaikan berada di atas awan yang tak terlupakan.

Keindahan Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung mulai dibuka pada tahun 2016 tepatnya pada 16 Mei. Tempat wisata ini dekat dengan Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus dan Puncak Becici. Karena terhitung baru, banyak wisatawan yang kurang mengetahui adanya surga dunia yang satu ini. Apalagi tempatnya yang berdekatan dengan beberapa tempat wisata terkenal lainnya membuat Bukit Panguk Kediwung sering luput untuk masuk dalam daftar kunjungan wisata. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi informasi, beberapa unggahan dari media sosial ternyata mampu membuka mata kita terhadap keindahan Bukit Panguk Kediwung ini.

Keistimewaan Bukit Panguk Kediwung dari tempat lainnya adalah posisinya yang menghadap ke timur membuatnya menjadi tempat paling strategis untuk menyaksikan Sang Surya bangun dari perandainnya.

Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung 3

Bukit Panguk Kediwung – sumber: Tribun

Kalian dapat menyaksikan sunrise dengan nyaman saat berada di Bukit Panguk Kediwung ini sebab pengelola menyediakan beragam gardu pandang sebagai tempat kalian untuk melihat sunrise. Ada yang berbentuk gardu kayu, sayap kupu-kupu dan menghadap ke arah Sungai Oya, berbentuk bintang, perahu origami, hingga kereta kuda. Letak gardu pandang ini menjorok ke tepi tebing sehingga kalian bisa melihat awan-awan terasa makin dekat dan pemandangan alam dari ketinggian.

Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung 4

Gardu Pandang Bukit Panguk Kediwung – sumber : eksotisjogja

Selain itu beragam fasilitas lainnya juga tersedia di sini, antara lain ada tempat parkir, toilet, mushola hingga warung makan untuk mengisi energi sebelum kembali melanjutkan perjalanan wisata kalian. Jangan lupa untuk mengunjungi spot-spot foto yang disediakan oleh pengelola ya. Ada lebih dari lima spot foto yang dapat kalian gunakan untuk mengabadikan momen liburan di Bukit Panguk Kediwung ini loh.

Sudah bersemangat untuk menjadi saksi munculnya matahari pagi? Nah waktu terbaik untuk datang ke Bukit Panguk Kediwung adalah sekitar pukul 05.00 WIB sehingga berangkatlah saat masih gelap dan pada bulan-bulan musim kemarau.

Akomodasi dan Transportasi

Bukit Panguk Kediwung ini buka dari pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Meskipun terletak di dataran tinggi, namun perjalanan menuju Bukit Panguk Kediwung tidaklah buruk bahkan sepanjang jalannya telah di aspal. Walau jalan yang kalian tempuh tidaklah terlalu lebar.

Jika kalian berangkat dari pusat Kota Jogja, maka pilihlah rute menuju arah Terminal Giwangan lalu ke arah Selatan menuju Pasar Imogiri. Setelah itu ikutilah petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Oia sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ya! Selama perjalanan pula kalian akan melewati beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya seperti Taman Komplek Makam Raja Imogiri, Hutan Pinus hingga Kebun Buah Mangunan. Saat kembali dari Bukit Panguk Kediwung nanti kalian dapat mengunjungi beberapa tempat tersebut nih.

Untuk menikmati seluruh keindahan alam pagi hari, kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan membayar Rp.7000 untuk tiket masuk, ditambah dengan biaya parkir sekitar Rp.2000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

Nah jika kalian ingin menaiki gardu pandang terutama gardu pandang yang menghadap Sungai Oya maka biaya sewa sekitar Rp.3000/orang selama 3 menit. Sedangkan untuk gardu pandang yang menghadap selatan tidak dipungut biaya.

Selepas liburan di Bukit Panguk Kediwung, kalian bisa juga loh liburan di tempat-tempat berikut ini!

6 Tempat Wisata di Masohi Kabupaten Maluku Tengah

6 Tempat Wisata di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara

 

1 Comment

  1. abu zuhdi

    Destinasi yang menarik utk melihat sunset pagi hari.
    Perlu dimasukkan dalam daftar saat kw Yogyakarta.

Leave a Reply