Alam, Bukit, Desa Wisata

Mengunjungi Ekowisata Jatisari Seropan

Mengunjungi Ekowisata Jatisari Seropan 1

sunrise Ekowisata Jatisari Seropan - foto g maps Igus Eric Virgiawan Awalludin

Ekowisata Jatisari Seropan – Menghabiskan masa liburan sangat menyenangkan bila berkunjung ke tempat-tempat yang memberikan pesona alam yang indah, terutama jika berkunjung ke kota Bantul, Yogyakarta.

Yogyakarta memang terkenal dengan beragam lokasi wisata alam, budaya dan edukasinya yang bertebaran disana.

Kesannya seperti tidak ada tempat yang tidak bisa dijadikan sebagai tempat wisata selama kita mengunjungi Yogyakarya, salah satunya adalah Bantul yang memiliki daya pikatnya sendiri terutama dalam hal wisata alam.

sunrise Ekowisata Jatisari Seropan

sunrise Ekowisata Jatisari Seropan – foto g maps Igus Eric Virgiawan Awalludin__

Salah satu yang menjadi primadona bagi para traveler adalah Ekowisata Jatisari yang berada di Seropan, seringkali lokasi wisata ini disebut juga Ekowisata Jatisari Dlingo. Bagaimana keindahan dari Ekowisata Jatisari Seropan ini, mari simak ulasan berikut

Keindahan Panorama Jatisari Seropan

Ekowisata Jatisari Seropan Merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Dlingo Bantul, yang juga merupakan bagian dari Ekowisata Jatisari.

Lokasi wisata yang berada diatas bukit memberikan panorama keindahan alam Bantul yang memang dapat memanjakan mata bagi siapapun yang datang.

Ekowisata Jatisari Seropan

Ekowisata Jatisari – Foto by Dekatour

Karena berada diatas bukit, Ekowisata Jatisari Seropan ini memiliki udara yang segar dan juga sejuk, selain itu pihak pengelola pun membiarkan pohon-pohon yang rimbun tumbuh dan tidak ditebas untuk memberikan kesejukan alami pada pengunjung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sejauh mata memandang dari atas bukit.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin melihat matahari terbit atau sunrise pengunjung bisa menginap dirumah-rumah warga yang tidak jauh dari Ekowisata Jatisari Seropan ini

Sebab sunrise sendiri menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung kesini. Sehingga bagi pengunjung yang datang diharapkan untuk datang pagi-pagi buta bila ingin menyaksikan matahari terbit.

sunset di Ekowisata Jatisari Seropan yogyakarta

sunset di Ekowisata Jatisari Seropan yogyakarta – foto ig @rizkakhadafi t

Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Gua Jatisari yang berada tidak jauh dari Ekowisata Jatisari Seropan, Gua dengan panjang sekitar 350 meter ini dialiri air yang bila musim hujan akan naik dan tinggi sehingga pengelola biasanya akan menutup akses ke Gua Jatisari.

Maka untuk pengunjung yang datang dan ingin melihat Gua Jatisari lebih baik datang saat musim panas atau kemarau. Menurut pengelola, dari nama Gua Jatisari inilah akhirnya Ekowsiata Jatisari Dlingo atau Seropan diberi nama yang sama dengan nama Gua.

Lokasi Ekowisata Jatisari Seropan

Ekowisata Jatisari Seropan

Ekowisata Jatisari – Foto by Dekatour

Lokasi dari Ekowisata Jatisari ini berlokasi di Jl. Gua Jatisari Seropan 3, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah dan agak jauh dari jalan raya sehingga begitu alami karena tidak bising oleh suara kendaraan bermotor.

Selain itu, saat tiba dilokasi kita akan diajak sedikit menanjak untuk menuju puncak Ekowisata Jatisari Seropan.

baca juga ya :

Ekowisata Jatisari Seropan yogyakarta

Ekowisata Jatisari Seropan yogyakarta – foto ig @dheakhairun_

Dan saat tiba di gardu depan selamat datang para pengunjung akan disambut dengan rindangnya pepohonan, serta akses jalan yang tidak terlalu sulit dilalui sebab untuk jalan masuk sudah di aspal.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk datang kesini, atau menyewa kendaraan bermotor. Sedangkan bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menggunakan angkutan umum.

Kalian bisa ikutin rute maps di bawah ini jika bingung :

Harga Tiket Masuk Ekowisata Jatisari Seropan

lokasi Ekowisata Jatisari Seropan

lokasi dan harga tiket Ekowisata Jatisari Seropan – foto g maps Ade Kurniawan

Memasuki kawasan witata Ekowisata Jatisari Seropan ini tidak akan menguras kantong karena pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2000 (biaya tiket bisa berubah kapanpun, pastikan untuk membawa uang lebih)

Dan juga bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Ekowisata Jatisari Seropan

Beberapa fasilitas penunjang yang disediakan oleh pengelola ekowisata jatisari sebagai bentuk pelayanan bagi pengunjung diantaranya adalah toilet, gazebo bagi pengunjung yang ingin beristirahat.

Ekowisata Jatisari Seropan

Ekowisata Jatisari Seropan – foto g maps AbangAbang Biasaa

Lalu ada beberapa kantin yang menyediakan makanan ringan, musholla, lahan parkir, guide untuk mengunjungi dan menemani Gua Jatisari dan tentunya spot-spot foto menarik bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen selama mengunjungi Ekowisata Jatisari Seropan.

Itulah pesona dari Ekowisata Jatisari Seropan yang dapat menjadi refrensi bagi para traveler berkunjung ke Bantul.

Akan sangat disayangkan bila pelancong yang datang ke Bantul justru tidak singgah ke sini, sebab panorama dan keindahan yang terlihat dari Ekowisata Jatisari Seropan sangat bagus selain itu tidak memerlukan banyak biaya untuk bisa berkunjung ke Ekowisata Jatisari Seropan.

 

Leave a Reply