City Tour, Kuliner, Pantai, Tentang Kota

Mengenal Kota Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Mengenal Kota Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah 1

Tentang Kota Pandan Tapanuli Tengah. Sumber : Wanitamedan.com

Berada di sebelah timur Kabupaten Toba, Kota Pandan merupakan nama kecamatan yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah provinsi Sumatera Utara. Kota Pandan ini juga merupkan ibukota dari Kabupaten Tapanuli Tengah. Namun meski berstatus sebagai ibukota sejak tahun 1992, tampilan dari Kota Pandan bisa dibilang masih jauh dari kata baik. Tata ruang kota yang kurang baik, menjadi salah satu penyebab kenapa ibukota Tapanuli Tengah ini nampak tidak begitu rapi.

Walau begitu, buka berarti bahwa Kota Pandan ini menjadi tidak menarik untuk dikunjungi. Banyak pesona-pesona tersembunyi yang bisa dieksplor di kota ini, mulai dari pariwisata, budaya hingga kulinernya.

keharmonisan Masyarakat di Kota Pandan Tapanuli Tengah

Kota Pandan

Sumber : Medanbisnisdaily.com

  Bisa dibilang Kota Pandan di Tapanuli Tengah ini daerah yang mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Bagaimana tidak, wilayah Kota Pandan ini dihuni oleh berbagai macam suku. Suku pesisir, Suku Batak, Suku Bugis, Suku Minang, Suku Jawa, Suku Aceh, Suku Cina dan Suku Sunda bisa hidup saling berdampingan dengan rukun di Kota Pandan. Semangat gotong royong dan tolerasni menjadikan Kota Pandan Tapanuli Tengah sangatlah kondusif dan begitu nyaman untuk didatangi siapa saja. selain itu keterbukaan masyarakatnya dalam menyikapi cepatnya perubahan di era globalisasi, menjadikan Kota Pandan mampu terus berkembang menjadi lebih baik.

Agama yang dianut oleh masyarakat di Kota Pandan Tapanuli Tengah pun juga beragam. Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Buddha merupakan agama yang dipeluk oleh masyarakat di Kota Pandan. Namun mayoritas paling banyak masyarakat di Kota Pandan adalah pemeluk agama Kristen dan Islam.

Pesona di Kota Pandan Tapanuli Tengah

Wisata Kota Pandan

Sumber : Ifanhmd.blogpot.com

Berada di wilayah pesisir pantai, tentu saja membuat Kota Pandan memiliki potensi yang besar dalam sektor pariwisata, khususnya wisata bahari. Di kota Pandan ada beberapa wisata pantai yang mempunyai pesona yang begitu menawan, salah satunya adalah Pantai Hotel PIA Pandan. Pantai Hotel PIA Pandan ini mempunyai keunggulan pemandangannya yang luar biasa dari lautnya yang biru dan pasirnya yang putih bersih. Selain itu disisinya terdapat tebing-tebing yang dipenuhi rimbunnya pepohonan yang menghasilkan pemandangan hijau yang begitu menyejukkan indra penglihatan.

Di pantai Hotel PIA Pandan ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang beragam. selain bisa menikmati pemandangan laut lepas pengunjung juga bisa memacu andrenalin dengan mencoba wahanan Banana Boat. Fasilitas lain yang juga bisa ditemukan di pantai ini antara lain adalah kolam renang, tempat karaoke, penginanap, rumah makan dsb.

Selain Pantai Hotel PIA Pandan, ada juga alternatif pantai lain di Kota Pandan yang juga tak kalah indah, yaitu Pantai Indah Pandan atau juga Pantai Hollywood Pandan. Baik pantai Indah Pandan atau Pantai Hollywood, keduanya sama-sama sangat cocok dijadikan spot untuk menghabiskan sore di Kota Pandan Tapanulit Tengah.

Kesenian Daerah di Kota Pandan Tapanuli Tengah

Kesenian Tapanuli Tengah

Sumber : Udarozi.blogspot.com

Dalam hal kesenian daerah, Kota Pandan Tapanuli Tengah mempunyai beragam kesenian tradisional yang khas mulai dari seni musik, seni rupa, seni tari hingga lagu daerah.

  • Seni Musik

    Kota Pandan Tapanuli Tengah memiliki alat musik daerah yang sudah ada sejak jaman dahulu, namanya adalah Singkadu. Singkadu adalah alat musik dari bambu yang cara memainkannya adalah ditiup.

  • Seni Tari

    Cukup banyak tarian daerah yang lahir dari Tapanuli Tengah, salah satunya adalah Tari Adok Sibolga dan Tari Tor-Tor Sigale-Gale. Tari Adok Sibolga adalah tarian yang sering dipentaskan di acara pernikahan, sedangkan Tari Tor-Tor Sigale-Gale adalah tarian yang sering difungsikan di upacara kematian.

  • Seni Rupa

    karya seni rupa yang terkenal di Kota Pandan Tapanuli Tengah adalah seni patung. Patung-patung dari Kota Pandan memiliki kemiripan dengan seni dari Mesir, Cina, India dan Afrika. Hal ini disebabkan oleh arus perdagangan di Tapanuli Tengah yang berlangsung sejak zaman dahulu.

  • Lagu Daerah

    Lagu daerah yang sering dinyanyikan di Kota Pandan Tapanuli Tengah adalah Sikambang. Lagu ini adalah lagu khas masyarakat pesisir di Kota Pandan.

 

Kuliner Khas di Kota Pandan Tapanuli Tengah

Dengke Mas Na Niura

Sumber : Merahputih.com

   Kota Pandan Tapanuli tengah memiliki banyak sekali sajian olahan kuliner yang menarik dan bisa menggoyang lidah siapa saja yang mencicipinya. Salah satu kuliner khas yang ada di Kota Pandan adalah Dengke Mas Na Niura. Makanan ini berbahan dasar ikan mas mentah yang diberi berbagai macam bumbu. Walaupun mentah namun Dengke Mas Na Niura tidak amis dan memiliki cita rasa khas ikan segar.

Selain Dengke Mas Na Niura, hidangan lain yang juga berasal dari Kota Pandan Tapanuli Tengah antara lain ada Sambal Tuk-Tuk, Mie Gomak hingga Selai Kacang.

Leave a Reply