Tentang Kota

Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu - makassar.tribunnews.com

Kota Belopa kabupaten Luwu – Kabupaten Luwu terletak di Sulawesi Selatan yang tergolong baru. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kabupaten ini telah dimekarkan menjadi tiga daerah strategis, yaitu Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, dan Palopo. Pusat pemerintahan di kabupaten ini dipindahkan dari Palopo ke Belopa sejak tahun 2006 sebagai ibu kota berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2005.

Masjid Raya di Kota Belopa kabupaten Luwu

Masjid Raya di Kota Belopa, Kabupaten Luwu – makassar.tribunnews.com

Keberadaan kabupaten Luwu cukup unik karena wilayahnya dibagi menjadi dua wilayah yang dipisahkan oleh sebuah daerah otonom, yakni Kota Palopo. Dua daerah yang terpisah adalah Walenrang dan Lamasi yang dikenal dengan sebutan WALMAS. Wilayah Luwu berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang di sebelah barat, di timur berbatasan dengan Teluk Bone, di utara berbatasan dengan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara, sedangkan di selatan berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Sidenreng Rappang.

Profil Singkat Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu – luwuinfo.blogspot.com

Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu sejak lama (pada masa sejarah), Belopa memang bagian integral dari Kerajaan Luwu yang berkedudukan di Ussu yang menjadi pusat pengendalian pemerintahan yang dipimpin oleh Payung Luwu Pertama. Tari adat tradisional dari Sulawesi Selatan kerap dipakai untuk berbagai acara di daerah ini.

Komoditi yang menjadi unggulan di Kabupaten Luwu adalah perkebunan, pertanian, dan jasa. Di sektor perkebunan, terdapat Kelapa Sawit, Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Kemiri, Lada, Pala, Sagu, dan Vanili yang menjadi komoditi utama. Sedangkan di sektor pertanian, komoditi yang diunggulkan adalah Jagung, Tembakau, dan Ubi kayu. Sedangkan di sektor pariwisata, jenis wisata yang diunggulkan adalah wisata alam dan budaya.

Tempat Wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga tidak heran jika banyak terdapat tempat wisata alam di sana. Luwu, sebagai bagian dari Sulawesi Selatan tentunya memiliki banyak tempat wisata alam. Adapun 4 tempat wisata alam unggulan di Lawu sebagai berikut.

1. Pantai Ponnori

Pantai Ponnori adalah salah satu tempat wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan pasir merah dan putih seperti bendera Indonesia. Selain itu, keindahan pantai ini begitu mempesona.

Pantai Ponnoriini sudah dikelola secara profesional sehingga tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti beberapa gazebo untuk bersantai bagi para pengunjung. Lokasi pantai ini di Temboe, Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Cukup mudah untuk didatangi karena hanya berjarak sekitar 1 km dari jalan poros Makassar – Palopo.

Objek wisata bahari ini sangat bersih sehingga air lautnya terlihat bening. Tak heran jika pantai ini sangat digemari oleh para wisatawan lokal dan internasional. Uniknya, di pantai ini terdapat hutan bakau dan pohon kelapa yang banyak. Para wisatawan bisa mengambil kelapa untuk dinikmati ketika berkunjung di pantai ini.

2. Buntu Matabing

Buntu Matabing, wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu

Buntu Matabing, wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu – nyero.id

Buntu Matabing menyajikan pemandangan kompleks berupa panorama pegunungan dan pantai yang sangat menarik. Objek wisata bahari ini selalu ramai pengunjung terutama pada akhir pekan dan masa liburan. Para pengunjung bisa menginap di Buntu Matabing karena ada cottage dan villa yang bisa disewa.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti gazebo, play ground, water sport, dan lain-lain. Pantai ini terletak di Desa Buntu Matabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Tertarik untuk berkunjung?

3. Air Terjun Salu Kawa

Kota Belopa kabupaten Luwu

Air Terjun Salu kawa- induksagunews.com

Air Terjun Salu Kawa menawarkan nuansa alam yang masih sangat asri dan air terjunnya yang begitu eksotis. Kesegaran alami akan membuat jiwa dan raga merasa tentram ketika berada di tempat ini. Air Terjun Riwang Selatan terletak di Desa Riwang Selatan, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu.

Surga tersembunyi ini butuh perjuangan untuk mendatanginya karena para pengunjung harus melewati jalan setapak terlebih dahulu. Namun, siapapun tidak perlu khawatir karena kelelahan akan terbayar lunas ketika sampai di tempat ini. Asiknya ketika berada di air terjun ini belum banyak orang sehingga bisa berfoto dan bermain air sepuasnya.

4. Goa Ilan Batu

Goa Ilan Batu adalah tempat wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu selanjutnya yang sayang untuk kalian lewatkan. Goa Ilan Batu juga menjadi bukti peninggalan prasejarah pada zaman batu yang otentik. Di dalam goa ini terdapat beberapa ornamen unik yang menyerupai meja dan kursi.

Konon katanya, penunggu goa ini adalah ular sawah besar yang akan menampakkan diri pada pengunjung yang baru pertama kali datang ke lokasi ini. Hih seram! Jadi, jangan datang seorang diri jika baru pertama kali ke sana ya! Gua Ilan Batu terletak di  Desa Ilan Batu, Kecamatan Wilanreng Barat, Kabupaten Luwu.

Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu dari berbagai sudut seperti mencicipi makanan khas Belopa memang sangat menyenangkan. Salah satu di daerah Sulawesi Selatan ini begitu eksotis. Jangan lewatkan Luwu ketika berada di Sulawesi Selatan. Selamat menelusuri keindahan Indonesia.

Leave a Reply