Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu - makassar.tribunnews.com

Kota Belopa kabupaten Luwu – Kabupaten Luwu terletak di Sulawesi Selatan yang tergolong baru. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kabupaten ini telah dimekarkan menjadi tiga daerah strategis, yaitu Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, dan Palopo. Pusat pemerintahan di kabupaten ini dipindahkan dari Palopo ke Belopa sejak tahun 2006 sebagai ibu kota berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2005.

Masjid Raya di Kota Belopa kabupaten Luwu

Masjid Raya di Kota Belopa, Kabupaten Luwu – makassar.tribunnews.com

Keberadaan kabupaten Luwu cukup unik karena wilayahnya dibagi menjadi dua wilayah yang dipisahkan oleh sebuah daerah otonom, yakni Kota Palopo. Dua daerah yang terpisah adalah Walenrang dan Lamasi yang dikenal dengan sebutan WALMAS. Wilayah Luwu berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang di sebelah barat, di timur berbatasan dengan Teluk Bone, di utara berbatasan dengan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara, sedangkan di selatan berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Sidenreng Rappang.

Profil Singkat Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu

Kota Belopa kabupaten Luwu – luwuinfo.blogspot.com

Mengenal Kota Belopa Kabupaten Luwu sejak lama (pada masa sejarah), Belopa memang bagian integral dari Kerajaan Luwu yang berkedudukan di Ussu yang menjadi pusat pengendalian pemerintahan yang dipimpin oleh Payung Luwu Pertama. Tari adat tradisional dari Sulawesi Selatan kerap dipakai untuk berbagai acara di daerah ini.

Komoditi yang menjadi unggulan di Kabupaten Luwu adalah perkebunan, pertanian, dan jasa. Di sektor perkebunan, terdapat Kelapa Sawit, Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Kemiri, Lada, Pala, Sagu, dan Vanili yang menjadi komoditi utama. Sedangkan di sektor pertanian, komoditi yang diunggulkan adalah Jagung, Tembakau, dan Ubi kayu. Sedangkan di sektor pariwisata, jenis wisata yang diunggulkan adalah wisata alam dan budaya.

Tempat Wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga tidak heran jika banyak terdapat tempat wisata alam di sana. Luwu, sebagai bagian dari Sulawesi Selatan tentunya memiliki banyak tempat wisata alam. Adapun 4 tempat wisata alam unggulan di Lawu sebagai berikut.

1. Pantai Ponnori

Pantai Ponnori adalah salah satu tempat wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan pasir merah dan putih seperti bendera Indonesia. Selain itu, keindahan pantai ini begitu mempesona.

Pantai Ponnoriini sudah dikelola secara profesional sehingga tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti beberapa gazebo untuk bersantai bagi para pengunjung. Lokasi pantai ini di Temboe, Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Cukup mudah untuk didatangi karena hanya berjarak sekitar 1 km dari jalan poros Makassar – Palopo.

Objek wisata bahari ini sangat bersih sehingga air lautnya terlihat bening. Tak heran jika pantai ini sangat digemari oleh para wisatawan lokal dan internasional. Uniknya, di pantai ini terdapat hutan bakau dan pohon kelapa yang banyak. Para wisatawan bisa mengambil kelapa untuk dinikmati ketika berkunjung di pantai ini.

2. Buntu Matabing

Buntu Matabing, wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu

Buntu Matabing, wisata di Kota Belopa kabupaten Luwu – nyero.id

Leave a Reply