Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Kukila

Makna dan Sejarah Tari Kukila

https://www.youtube.com/

Pada artikel ini kami akan membahas makna dan sejarah Tari Kukila. Apakah kalian tau tentang makna dan sejarah Tari Kukila ?. Mari kita bahas makna dan sejarah Tari Kukila.

Makna dan Sejarah Tari Kukila

Tari Kukila berasal dari daerah Jawa Tengah. Atau tari ini bisa juga disebut Tari Kukilo. Latar belakang dari Tari Kukila adalah gerakan binatang, yaitu burung. Gerakan utama dalam Tari Kukila menggambarkan perilaku burung yang tergambar ketika dipentaskan sangat menarik, gesit dan lincah.

Dalam falsafah Jawa, Kukila termasuk ke dalam lima syarat paripurnanya hidup seorang pria, setelah wisma (rumah), wanondya (istri), turangga (kendaraan), dan curiga (senjata). Kukila dalam falsafah Jawa, Kukila berarti burung peliharaan sebagai klangenan atau hobi.

Esensi dari memiliki klangenan bertujuan untuk memberikan kesenangan, membuang penat dan menyegarkan pikiran pemiliknya. Umumnya Tari Kukila akan dipentaskan pada acara formal ataupun non-formal sebagai sarana hiburan, seperti acara pernikahan dan hiburan acara tamu kehormatan serta dalam festival.

Penari Tari Kukila

Tari Kukila biasa dipentaskan oleh wanita. Bisa dipentaskan oleh tunggal maupun berkelompok. Seiring perkembangan zaman Tari Kukila ditarikan oleh anak-anak.

Kostum Tari Kukila

Kostum yang dipakai oleh menari menyerupai burung. Dilengkapi dengan mahkota menyerupai burung dan selandang, seperti Tari Merak. Selendang tersebut akan dimainkan sesuai dengan gerakan dan membuat gerakan menjadi indah. Kostum yang dipakai juga terdapat ciri khas Melayu.

Perbedaan Tari Kukila dan Tari Merak terdapat pada kostumnya. Tari Kukila lebih berwarna-warni dan motif dari kostum.

Durasi Tari Kukila

Biasanya Tari Kukila berdurasi sekitar 5 menit. Gerakan yang ditampilkan adalah Serisih, Debeg Gejug, Buka Tutup, Putar.

Untuk mengetahui asal usul dan sejarah tari daerah lainnya, kalian juga bisa baca di artikel kami lainnya, yaitu :

Asal Usul dan Sejarah Tari Kinyah Uut Danum

Asal Usul dan Sejarah Tari Lengger

Asal Usul dan Makna Tari Gunde

Asal Usul dan Makna Tari Kecak

Asal Usul dan Sejarah Tari Ajat Temuai Datai

 

 

 

Leave a Reply