Pantai

 Lokasi, Rute dan Harga Tiket pantai slili gunung kidul

 Lokasi, Rute dan Harga Tiket pantai slili gunung kidul 1

pantai slili - foto by jejakpiknik

Mengunjungi beragam tempat wisata tentu menjadi hiburan tersendiri bagi paara wisatawan, terutama mengunjungi tempat wisata seperti pantai. Salah satu pantai mungil yang berada di Desa Sidoharjo misalnya, Pantai Slili Gunung Kidul yang terkenal karena keindahan alamnya dan juga dikenal sebagai pantai mungil karena memiliki panjang pantai yang tidak begitu panjang dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya didaerah tersebut.

 

Keindahan Pantai Slili Gunung Kidul

 Lokasi, Rute dan Harga Tiket pantai slili gunung kidul 2

pantai slili – foto by jejakpiknik

Pantai Slili sebenarnya berada tidak jauh dari dua pantai besar yaitu pantai krakal dan pantai sandrana, pantai slili diapit oleh dua bukit yang memisahkan ia dengan dua pantai tersebut. Pantai slili yang mungil ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat setelah bermain-main di pantai-pantai sekitarnya.

Laut yang tenang, deburan ombak dank arena pantai slili begitu mungil sehingga begitu tenang karena tidak begitu ramai dipenuhi oleh pengunjung. Selain itu, para pengunjung dapat menikmati senja saat sunset atau matahari terbenam di sore hari. Bagi pengunjung yang ingin melihat eksotisme pantai Slili dari atas bukit juga bisa melalui jalan setapak yang berada dibukit pemisah antara pantai krakal dan pantai slili, meskipun jalan setapak tersebut agak sulit dilalui dan belum ada pagar pembatas akan tetapi menikmati pemandangan dari atas bukit akan menjadi hal yang menakjubkan.

Di pantai slili pengunjung juga bisa menikmati menangkap udang di sela-sela batu karang apabila mengunjungi pantai ini saat musim kemarau. Hamparan batu karang yang berada di pantai slili kadang dapat dijangkau dengan mudah dan menjadi tempat hidupnya udang laut. Akan tetapi, karena pantai slili memang memiliki air yang dangkal sehingga pengunjung tidak bisa melakukan kegiatan snorkeling di pantai slili dan hanya bisa menikmati keindahan pantai dengan bermain di pinggiran pantai slili.

 

Kegiatan yang bisa dilakukan selama di Pantai Slili

Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai mungil slili memang terkenal tenang dan dapat menjadi alternative bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu sore hari dengan menatap senja saat matahari terbenam atau sunset. Apabila pengunjung ingin menikmati pagi cerah di pantai slili juga bisa datang lebih pagi dan bisa menyaksikan matahari terbit atau sunrise di pantai slili gunung kidul.

Menangkap udang laut dihamparan batu karang

 Lokasi, Rute dan Harga Tiket pantai slili gunung kidul 3

pantai slili – foto by jejakpiknik

Air dari pantai slili gunug kidul memang lebih dangkal dibandingkan pantai lainnya, maka itulah batu karang yang terhampar di pantai lili sangat mudah dijangkau dan menjadi daya tarik bagi pengunjung terutama saat musim panas, apabila air laut sedang dangkal ada banyak udang laut yang menyelinap di balik batu karang dan bisa diambil oleh pengunjung pantai.

Menikmati laut dari atas bukit

Terdapat dua bukit yang menjadi pemisah pantai slili dengan dua pantai lainnya. salah satu bukit dapat dinaiki oleh pengunjung karena terdapat jalan setapak yang bisa dilalui oleh pengunjung untuk menikmati pantai, laut, deburan ombak dan laingit pantai slili dari atas bukit. Tapi, pengunjung harus terus berhati-hati karena pasalnya, dijalan setapak tersebut belum ada pagar pembatas dan masih sulit untuk dilalui karena masih bebatuan yang seidkit terjal.

Mengikuti tradisi warga lokal

Di pantai slili selalu ada perayaan yang dilakukan oleh warga lokal, acara adat yang diberi nama nyadran ini menjadi tradisi untuk sedekah laut untuk keselematan warga dan hasil panen melimpah. Acara nyadran dilakukan setahun sekali dan dilaksanakan dipantai slili.

 

Lokasi dan Rute Pantai Slili Gunung Kidul

Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai slili berjarak sekitar 64 kilometer dari kota Yogyakarta dan membutuhkan jarak tempuh 2 jam perjalanan. Jika memulai perjalanan dari Yogyakarta, berangkat menuju Wonosari lalu ke pantai baron. Tiba di pertigaan TPR pantai baron belok ke kiri dan ambil rut eke pantai kukup, dari sini kita akan melihat sepanjang perjalanan pantai drinil, pantai krakal, pantai sarangan, dan pilih jalur ke pantai slili, sadranan atau ngandang. Sampai di pantai krakal ada pertigaan ambillah jalan belok kanan dan ikuti papan petunjuk menuju pantai slili.

 

Tiket Pantai Slili Gunung Kidul

 Lokasi, Rute dan Harga Tiket pantai slili gunung kidul 4

bukit pantai slili gunung kidul – poto by jejakpiknik

Untuk dapat menikmati pantai slili gunung kidul ini tidak begitu banyak mengeluarkan biaya, pasalnya karena pantai slili bersebelahan dengan pantai-pantai lainnya maka cukup dipatok harga Rp10.000 –  Rp15.000 perorang nya (harga tiket dapat berubah kapanpun), dan untuk tiket parkir akan berbeda di setiap pantai tempat para pengunjung memakirkan kendaraan. Selain itu, harga tiket masuk belum termasuk untuk biaya sewa beberapa wahana disetiap pantai seperti alat snorkeling, banana boat dan lainnya.

Leave a Reply