Lokasi Curug Kapak Kuda Majalengka dan Harga Tiketnya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

Lokasi Curug Kapak Kuda Majalengka dan Harga Tiketnya

Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda - foto ig @sekilasphotography

Curug Kapak Kuda – Curug atau yang lebih kita kenal dengan sebutan air terjun merupkan salah satu destinasi wisata yang setiap hari tidak pernah sepi.

Mengunjungi air terjun memang bisa menjadi pilihan pada saat kondisi tidak hujan atau curah hujan tidak tinggi.

Pasalnya, ketika kondisi curah hujan tinggi membuat debit air menjadi deras yang berdampak pada pemandangan curug tersebut menjadi kurang menarik.

Berkaitan dengan tempat wisata curug, di Majalengka ada banyak curug terkenal yang bahkan beberapa di antaranya menjadi tujuan utama ketika berlibur ke Majalengka.

Salah satu curug terkenal tersebut adalah Curug Kapak Kuda. Informasi yang berkaitan dengan air terjun Tapak Kuda akan kami jelaskan di bawah ini.

Mengenal Tempat Wisata Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda Sadawangi Lemahsugih

Curug Kapak Kuda Sadawangi Lemahsugih – foto ig @exploremajalengka

Curug Kapak Kuda merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang ada di Majalengka.

Tempat ini berlokasi di Blok Simpur, Dusun Tapak Kuda, Desa Sedawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Sebenarnya curug ini mempunyai nama lain yaitu Curug Citerus dan Curug Tapak Kuda.

Akan tetapi, karena lokasinya berada di Dusun Tapak Kuda, maka masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang mengunjungi tempat ini menyebutnya sebagai Curug Tapak Kuda.

Sekadar informasi bahwa nama dari Dusun Tapak Kuda berasal dari sebuah batu yang berukuran besar yang letaknya tidak jauh dari desa tersebut.

Pada bagian tersebut terdapat sebuah cekungan yang jika diperhatikan memang mirip seperti tapak kaki kuda. Mulai dari itu, istilah Curug Kapak Kuda populer dan menyebar luas hingga sekarang.

Keindahan Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda – foto ig @sekilasphotography

Lalu seperti apa keindahan Curug Kapak Kuda sehingga membuat banyak wisatawan rela datang jauh-jauh untuk mengunjunginya?

Wisata air terjun Curug Citerus mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter. Salah satu hal yang menjadi keunikan sekaligus menjadi alasan mengapa banyak yang mengunjunginya adalah karena tempat ini mempunyai lima undakan.

Pada air terjun mempunyai ukuran yang lebih tinggi serta di bawahnya terdapat kolam alami. Sementara itu, untuk air terjun berikutnya mempunyai ukuran yang lebih pendek.

Lokasi yang menjadi tempat favorit bagi siapa pun yang datang ke Curug Kapak Kuda adalah curug pertama dan kedua.

Hal ini karena untuk curug ketiga dan selanjutnya para wisatawan harus menuruni tebing yang tinggi yang medannya lumayan terjal.

baca juga : inilah 31 tempat wisata di majalengka yang wajib kamu kunjungi

rute menuju curug kapak kuda di majalengka

rute menuju curug kapak kuda di majalengka – foto ig @sri_muja

Tentu tidak semua orang berani dan mau melakukan hal tersebut sehingga mereka lebih memilih berada di curug pertama dan juga curug kedua.

Selain itu, suasana yang ada di Curug Kapak Kuda terasa sejuk. Hal ini tidak lepas dari kondisi di sekitarnya yang masih alami dan terjaga dengan baik hingga sekarang.

Aliran airnya yang masih bersih memberikan kesegaran tersendiri ketika wisatawan membasuh wajahnya di sini. Keindahan alam di sekitar air terjun Kapak Kuda sawah, bukit, serta gunung yang memberikan pemandangan yang sangat indah.

Wisatawan akan betah berlama-lama di sini dan pastinya Curug Tapak Kuda akan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Majalengka yang mereka kunjungi.

Harga Tiket Menuju Curug Kapak Kuda

curug kapak kuda majalengka

curug kapak kuda majalengka – foto ig @adiryanans

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa memasuki kawasan Curug Kapak Kuda? Sebenarnya untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini wisatawan tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Hal ini karena curug tersebut memang masih belum dikelola sehingga mungkin masih belum ada tarif bagi siapa pun yang ingin mengunjunginya.

Akan tetapi, untuk bisa sampai ke sini, wisatawan harus benar-benar dalam kondisi yang fit.

Pasalnya, jaraknya cukup jauh dan pastikan kendaraan yang dipakai untuk ke sini dalam kondisi yang bagus. Bayangkan saja, jaraknya dari pusat kota Majalengka sekitar 40 KM.

curug kapak kuda di majalengka

curug kapak kuda di majalengka – foto ig @rifan_zuma

Biasanya wisatawan yang datang ke sini akan menitipkan kendaraannya di halaman rumah warga. Masyarakat yang tinggal di sekitar curug tersebut merupakan orang-orang yang ramah.

Mereka akan dengan senang hati menunjukkan arah menuju Curug Tapak Kuda kepada pada wisatawan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tempat wisata Curug Kapak Kuda. Kesimpulannya, curug ini memiliki tiga nama yaitu Curug Kapak Kuda, Curug Tapak Kuda, serta Curug Citerus.

Untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra karena jaraknya yang jauh.

Namun ketika sudah sampai, rasa lelah akan hilang setelah melihat keindahan dari air terjun Kapak Kuda.

Leave a Reply