Air Terjun

Lokasi Curug Gentong dan Harga Tiket Masuknya

Curug Gentong

Curug Gentong - foto ig @wiyotosukardi

Curug Gentong – Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata populer. Tempat wisata tersebut ada yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Salah satu yang populer adalah Curug Gentong Sukabumi. Mungkin beberapa dari kamu masih belum terlalu familiar dengan air terjun ini.

Curug Gentong di sukabumi

Curug Gentong di sukabumi – foto ig @syamr2

Padahal Curug Gentong merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Sukabumi, Jawa Barat.

Pemerintah Sukabumi memang menjadikan curug ini sebagai salah satu destinasi wisata andalannya. Informasi seputar Curug Gentong Sukabumi akan kami bahas lebih lengkap di bawah ini.

Lokasi Curug Gentong Sukabumi

Curug Gentong Waluran Sukabumi

Curug Gentong Waluran Sukabumi – foto ig @jerryanandariadi

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa Curug Gentong telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata andalan.

Tempat ini berada di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan berada di kawasan Sungai Ciliung Gunung. Sesuai dengan namanya, curug ini memiliki bentuk seperti gentong yang memiliki tiga tingkat undakan.

Sekadar informasi bahwa Sungai Ciliung Gunung terletak di Jalan Raya Kiaradua, arah menuju Waluran.

Untuk akses jalan menuju curug ini tidak terlalu sulit sehingga wisatawan tidak perlu kesulitan dan kelelahan untuk sampai ke sini. Itu mungkin yang menjadi salah satu alasan kenapa pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata andalan.

Perlu kamu tahu bahwa jarak antara curug ini menuju Geopark Ciletuh kurang lebih hanya 150 meter. Lokasin yang bisa dikatakan sangat dekat ini membuat wisatawan tidak akan kesulitan menjangkaunya.

Wisatawan pun tidak perlu menyiapkan bekal atau hal-hal lain yang terlalu banyak karena lokasinya yang tidak terlalu pelosok.

Keindahan Curug Gentong

Curug Gentong

Curug Gentong – foto ig @wiyotosukardi

Lalu seperti apa keindahan yang dimiliki Curug Gentong Sukabumi?

Kenapa tempat ini sampai banyak dibicarakan padahal Sukabumi memiliki tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik?

Jika diperhatikan, air terjun yang ada di sini memang tidak terlalu tertata rapi seperti curug lainnya. Akan tetapi, justru fakta seperti inilah yang malah menjadi kesukaan para wisatawan.

Mereka lebih suka datang ke Air Terjung Gentong ini karena memiliki pemandangan yang masih alami dan tidak mengalami perubahan.

Jadi, ketika kamu berlibur ke sini, yang kamu lihat adalah kondis air terjun gentong yang memang seperti itu tanpa mengalami perubahan atau penataan seperti curug-curug lainnya.

Salah satu keindahan yang membuat wisatawan juga sangat menyukai tempat ini adalah kolamnya

wisata Curug Gentong

wisata Curug Gentong – foto ig @gentagunadi

Kolam renang Curug Gentong bukan kolam biasa, melainkan kolam renang yang ada di bawah air terjun dengan bentuk seperti gentong. Setidaknya terdapat 5 kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mandi di kolam terebut, pastikan kamu mengetahui kedalaman kolam tersebut agar tidak sampai salah masuk meskipun sebenarnya tidak terlalu dalam.

Untuk tingkat kedalamannya, kolam di  Air Terjun Gentong ada yang memiliki kedalaman 2 meter, 4 meter, dan ada juga yang memiliki kedalaman 8 meter.

Sementara itu, undakan lainnya mempunyai kolam dengan kedalaman rata-rata 1 sampai 1,5 meter ditambah dengan total keseluruhan ketinggiannya yaitu 50 meter.

Akses Jalan Curug Gentong Sukabumi

rute menuju Curug Gentong

rute menuju Curug Gentong – foto ig @jerryanandariadi

Bagi kamu yang ingin berlibur ke sini tidak perlu khawatir mempersiapkan semua hal. Mengapa?

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh sehingga kamu tidak perlu membawa banyak persiapan, kecuali jika kamu memang datang dari tempat yang jauh.

Jalan menuju ke curug ini masih berupa jalan setapak sehingga kami menyarankan kamu tetap berhati-hati, terutama ketika memasuki musim hujan.

Harga Tiket Curug Gentong Sukabumi

Curug Gentong sukabumi

Curug Gentong sukabumi – foto ig @ghanyabdul91 .

Lalu bagiamana dengan harga tiket Curug Gentong Sukabumi?

Sebenarnya untuk harga tiketnya masih dipublikasikan. Hal ini karena curug ini berbeda dengan curug lain yang memang sengaja dijaga dan dirawat untuk kebutuhan wisata dan bidang komersial.

Jadi, jiak kamu penasaran dengan pemandangan sekaligus harga tiketnya, silakan kamu datang sendiri ke lokasi yang sudah kami sebutkan di awal.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Curug Gentong Sukabumi.

Kesimpulannya, curug ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang harus kamu kunjungi.

Meskipun lokasinya masih belum tertata, namun hal inilah yang menjadi nila lebih karena wisatawan bisa menyaksikan bentuk atau kondisi asli dari curug ini.

Leave a Reply