Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata

5 Tempat wisata di Banggai yang paling keren

Pulau Tinalapu

Pulau Tinalapu, tempat wisata di banggai yang ngehits - sumber jalan wisata

Tempat wisata di Banggai – Banggai merupakan Kabupaten Banggai dan berlokasi di provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Banggai memiliki Ibukota yang terletak di Luwuk. Salah satu kabupaten Banggai yang berlokasi di Sulawesi Tengah ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, diantaranya adalah hasil laut, aneka hasil bumi, dan hasil pertambangan serta gas.

Tidak hanya itu saja, banyak pula obyek wisata alami yang bisa dikunjungi di Kabupaten Banggai, lima diantaranya yaitu:

1. Air Terjun Piala

Air Terjun Piala

Air Terjun Piala – Sumber: Festival Jalan-jalan

Tempat wisata di Banggai yang pertama adalah Air Terjun Piala. Air terjun ini Berlokasi di Kelurahan Hanga-hanga, bisa diakses dalam waktu kurang lebih 20 menit dari pusat kota Luwuk.

Seperti air terjun lainnya, pengunjung harus berjalan dari pintu masuk sebelum dapat menikmati dan bermain di air terjunnya. Perjalanan dari pintu masuk hingga mencapai lokasi kawasan Air Terjun Piala dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit.

2. Pulau Tinalapu

Pulau Tinalapu adalah Tempat wisata di Banggai yang kedua. terletak di sebuah Kecamatan Pagimana. Pulau ini memiliki pelabuhan dan juga wisata kuliner terutama seafood-nya sudah tersohor.

Pulau Tinalapu

Pulau Tinalapu, tempat wisata di banggai yang ngehits – sumber jalan wisata

Untuk dapat menikmati pemandangan serta santapan khas pulau ini, pengunjung dapat memulai perjalanan dari Kota Luwuk menuju ke Kecamatan Pagimana dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam via darat lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu motor menuju Pulau Tinapalu.

3. Bukit Teletubbies Keles

Ingatkah kalian dengan bukit pada acara anak Teletubbies? Uniknya, di Kabupaten Banggai ini memiliki bukit serupa. Bukit hijau yang menyegarkan mata inipun diberi nama oleh warga sebagai Bukit Teletubbies. Lokasi tepatnya adalah di Bungin, Luwuk.

Bukit Teletubbies Keles

Bukit Teletubbies Keles – foto okezone

Untuk dapat menuju ke bukit ini juga terbilang mudah dan memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Luwuk. Lokasi ini kerap dijadikan tempat untuk berfoto termasuk foto pre-wedding karena memang pemandangannya dapat memanjakan tiap mata yang memandang. Selain itu, bukit inipun kerap dijadikan lokasi camping oleh para pengunjung terutama komunitas pecinta alam.

4. Pantai Kilo Lima, Tempat wisata di Banggai yang paling terkenal

Pantai Kilo Lima merupakan ikon Kota Luwuk. Sesuai dengan namanya, lokasi pantai ini berlokasi 5 km dari pusat Kota Luwuk. Banyak kafe di pinggiran yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar duduk menikmati pemandangan kejernihan air laut dan hamparan langit ditemani dengan cemilan khas daerah setempat.

Pantai Kilo Lima luwuk bangai

Pantai Kilo Lima luwuk bangai – foto justrulife.com

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di pantai Kilo Lima yaitu snorkeling dengan menyewa alat selam dan menggunakan jasa pemandu lokal untuk mengarahkan ke lokasi tempat bagus untuk menyelam.

5. Pulo Dua, Tempat wisata di Banggai yang istimewa

Pulo Duo

Pulo Duo, Tempat wisata di Banggai yang keren – Sumber: Travesia

Dari Kota Luwuk menuju Pulo Dua, pengunjung dapat berkendara dengan tujuan Desa Kampangar, Kecamatan Balantak. Jarak tempuh sekitar 2,5 jam dari kota Luwuk untuk sampai ke kota tersebut. Sesampainya pengunjung di sana, perjalanan masih harus diteruskan dengan menyewa perahu untuk menyeberangi lautan untuk dapat sampai di di Pulo Dua.

Baca juga:

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk tiba di Pulo Dua. Perjalanan Panjang untuk mencapai pulau ini akan lunas terbayarkan setelah kita disuguhkan pemandangan yang mengagumkan, laut jernih dan bukit yang cantik. Berdasarkan data dari dinas pariwisata, terdapat 35 lokasi selam yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

 

Leave a Reply