Mengenal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota

Mengenal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat

alun alun kota taliwang kabupaten sumbawa barat

alun alun kota taliwang kabupaten sumbawa barat - foto milik @ahmad_ravael

Kota Taliwang merupakan ibukota sebuah kabupaten baru yang bernama Kabupaten Sumbawa Barat, hasil pemekaran dari kabupaten sumbawa. Tadinya taliwang merupakan sebuah kota kecil dengan jalan-jalan utama yang tidak lebih lebar dari 4 meter.

Namun menjadi sebuah ibukota kabupaten mau tidak mau memaksa Taliwang untuk berbenah menjawab tantangan untuk menjadi kota yang “terstandarisasi” sebagai ibukota kabupaten. Kecamatan Taliwang sebagai Ibu Kota Kabupaten memiliki luas wilayah 37.593 ha yang terdiri dari 6 Kelurahan dan 7 desa.

Baca Juga ya :

alun alun kota taliwang kabupaten sumbawa barat

alun alun kota taliwang kabupaten sumbawa barat – foto milik @ahmad_ravael

Kabupaten Sumbawa Barat berpenduduk 135,031 jiwa jiwa dan memiliki luas wilayah sekitar 1,849.02 km. Kabupaten Sumbawa Barat terdiri dari 8 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 57 Desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 135.031 jiwa dengan luas wilayah 1.849,02 km² dan sebaran penduduk 73 jiwa/km².

Alun-Alun Kota Taliwang ada di Komutar Telu Center

Jika kamu kebetulan mampir di kota ini, cobalah bertanya kepada masyarakatnya tentang Komutar Telu Center (KTC), KTC merupakan sebuah lokasi yang baru dibangun dan diperuntukkan sebagai city center dan pusat pemerintahan dari Kota Taliwang.

Masjid Agung Darussalam KTC (KSB)

Masjid Agung Darussalam KTC (KSB) – foto @marisrhamdani

Di KTC kamu akan menemukan masjid agung, balai kota, dan jalanannya pun telah dipersiapkan dengan terencana untuk menjadi sebuah pusat kota. Dua Jalan besar terpisah lurus dan panjang terhampar di KTC, namun pembangunannya seperti agak terburu-buru karena masih terdapat kerusakan di sana sini. Masjid Agung Taliwang sangat indah tata arsitekturnya, terutama di malam hari.

Mengenal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat 2

KTC juga menjadi tempat keramaian baru bagi para muda mudi taliwang menghabiskan malamnya, terutama malam minggu. Menjadi tempat berkumpul dan bercengkrama, bahkan tak jarang KTC menjadi arena balap motor liar karena trek lurus dan panjangnya memungkinkan untuk hal tersebut.

Taliwang juga mempunyai hotel baru berbintang 4 yang bernama Grand Taliwang. Hal itu seperti sebuah tanda bahwa Pemda Taliwang benar-benar mempersiapkan kota secara serius untuk menjadi ibukota Kabupaten Sumbawa Barat.

Mengenal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat 3

sumber : youtube

Taliwang memang nikmat karena sepinya, siang hari selalu terasa lebih sepi jika dibandingkan dengan malam hari, apalagi jika hari libur, karena panas dan berdebu masyarakatnya agak enggan untuk beraktifitas di siang hari jika tidak ada suatu kepentingan yang mendesak.

Untuk kuliner, ayam taliwang yang terkenal itu justru tidak ditemukan di kota ini, dan makanan yang ada termasuk standar, seperti ayam goreng, sea food, dsb. Namun ada sebuah restoran ayam goreng ala kentucky. Namanya Yummy Fried Chicken, rasanya pun tidak mengecewakan.

Taman Tiangnam Kota Taliwang

Taman Tiangnam Kota Taliwang – foto google maps Andre Arman

Jika anda singgah ke Taliwang, mungkin kesederhanaan restoran lokal ini (ala kentucky) layak dicoba, karena didalamnya terasa semangat kewirausahaan dari penduduk kota kecil ini.

Untuk objek wisata terdekat, Taliwang bukanlah sebuah kota strategis yang dekat dengan objek-objek wisata alam, yang terdekat mungkin Pantai Sekongkang yang (itupun) berjarak tempuh 2-3 jam dari Taliwang.

Untuk menuju Sekongkang kita harus melewati medan berkelok dan menanjak, dan pemandangan selama perjalanan pun indah, banyak kuda yang berkumpul di pinggir jalan.

Mengenal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat 4

sumber : dlokasi

PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) Adalah sebuah perusahaan tambang asal Amerika Serikat yang berada di kabupaten Sumbawa Besar. Perusahan kelas dunia sangat terkenal bukan hanya di wilayah NTB saja namun diselueuh Indonesia dan dunia sebagai salah satu perusahaan Tambang terbesar di Indonesia.

 

 

Leave a Reply