Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung, Info Pendakian, jalur pendakian

Juni 2019 Gunung Merbabu kembali di Buka

Pendakian gunung Merbabu via jalur selo - foto @rbihsan

Mau naik Merbabu ?

Gimana gengs, udah gak sabar kan pengen nanjak gunung merbabu lagi. Tenang saja karena Bulan ini Juni 2019 pendakian kegunung Merbabu sudah kembali di Buka oleh pihak pengelola. Jadi yang dari kemarin menunggu-nunggu kapan sih gunung merbabu dibuka, nah sekarang saatnya kalian mendakati bersama teman dan orang yang ingin kamu ajak mendaki.

Tentang Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3145 Mdpl dan Gunung Merbabu ini merupakan gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Gunung Merbabu ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan sebagian masuk kedalam wilkayah Kabupaten Boyolali atau di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Pendakian gunung Merbabu via jalur selo – foto @rbihsan

Menurut catatan sejarah, Gunung Merbabu pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Tapi hingga kini masih perlu diteliti kebenaranya karen abelum dilakukan peneletian lebih lanjut. Gunung ini menjadi sangat populer karena memiliki pemandangan yang sangat indah baik alamnya maupun sabananya yang aduhai memanjakan mata. Tak heran jika setiap hari selalu ada pendaki yang mendaki kegunung ini terlebih saat libur sepertis abtu dan minggu, ratusan pendaki akan melakukan pendakian ke gunung Merbabu.

Jalur pendakian Merbabu Yang di Buka.

Pihak pengelola gunung merbabu baru akan membuka jalur pendakian ke puncak gunung merbabu tanggal 21 Juni 2019 mendatang. Artinya sebelum tanggal tersebut kalian harus menahan godaan dulu. Nah berikut ini ada 5 jalur pendakian gunung merbabu yang sudah dibuka dan bisa kmau pilih :

  1. Pendakian Gunung Merbabu melalui jalue Selo,
  2. Pendakian ke Gunung Merbabu lewat Jalur Wekas
  3. Jalur pendakian Gunung Merbabu via Cuntel dan terakhir
  4. Pendakian ke Gunung merbabu via jalur Thekelan

Gunung Merbabu – foto @bukan.sibolang

Regsitrasi Online Gunung Merbabu

Saat ini sepertinya mayortas taman nasional dan pengelola gunung di jawa sudah mulai menerapkan sistem booking online untuk melakukan pendakian. Nah salah satunya adalah gunung Merbabu ini. Untuk registrasi online pendakian gunung Merbabu, kalian bisa buka situsnya di tngunungmerbabu.org.

Tapi tenang saja guys, karena kawasan gunung merbabu masih baru menerapkan sistem booking online maka kita masih bisa mendaki gunung tanpa registrasi booking online alias seperti biasanya datang langsung ke basecampnya. Selamat mendaki

Leave a Reply