Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Cara Menuju Pantai Pangasan, Wisata Baru di Pacitan

harga tiket masuk Pantai Pangasan Pacitan jawa Timur

Pantai Pangasan Pacitan jawa Timur - foto @malik_ash_shidiqi

Pacitan selalu saja mempunyai spot wisata baru yang sangat menarik untuk dikunjungi. Saat ini ada salah satu destinasi baru lainnya di Pacitan yang sedang ramai diperbincangkan traveller karena keindahanya maupun keunikanya. Namanya adalah Pantai Pangasan yakni sebuah pantai cantik ditepian area persawahan dengan ciri khasnya batu atau tebing besar.

Pantai Pangasan

Pantai Pangasan Pacitan – foto @catur_assegaf99

Seperti yang kita tahu jika Pacitan sudah banyak memiliki pantai-pantai yang indah dan sudah terkenal sejak lama. Sebut saja pantai Klayar, pantai Banyu Tibo,  pantai Teleng Ria, Pantai Srau dan pantai-pantai lainnya yang sering dikunjungi wisatawan. Nah Pantai Pangasan ini sepertinya bakalan segera menyusul pantai lainnya sebagai salah satu destinasi pantai yang harus dikunjungi saat liburan ke Pacitan.

Ciri Khas dan keunikan Pantai Pangasan

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat keramaian menjadikan Pantai Pangasan salah satu lokasi spot foto yang ciamik seolah sangat alami dan sangat terasa nuansa pedesaan yang sepi dan sunyi. Apalagi disekitar Pantai Pangasan ini hanya ada sawah dan hutan serta tebing-tebing tinggi saja. Saat sunset, kawasan Pantai Pangasan akan terlihat sangat indah.

Baca juga destinasi ini :

Pantai Pangasan di Pacitan Jawa timur

Bebatuan disekitar Pantai Pangasan di Pacitan Jawa timur – foto @jokowarsito

Pantai Pangasan memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dengan pantai lainnya. Jika di Pantai Klayar terkenal dengan Seruling Samuderanya dan di Banyu Tibo terkenal dengan air terjun yang jatuh kelautnya, maka di Pantai Pangasan ini terkenal dengan Tebing Tingginy ayang berada tepat disebelah pantai.

Tak hanya tebing tinggi saja, Pantai Pangasan juga terkenal dengan keindahan landscap persawahan subur terbentang disepanjang tepi pantai dan tepat berada disekitar tepi pantai pangasan ini. Akan terlihat sangat berbeda dengan umumnya pantai yang didominasi oleh Pohon Kelapa atau Cemara.

Pantai Pangasan Pacitan

Pantai Pangasan Pacitan – foto @joshuaflevante

Meskipun Pasir di Pantai Pangasan ini tidak seputih pantai-pantai lainnya dipacitan namun banyakny abebatuan besar dan tebing besar di Pantai Pangasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta keindahan alam. Apaagi disepanjang pesisir pantai kita bisa melihat bebatuan yang berserakan dengan ukuran yang besar-besar mulai dari persawahan hingga tepat ditepi pantainya.

Bagi masyarakat sekitar, Tebing yang ada di Pantai Pangasan ini sering disebut gunung karang.  Selain itu keunikan lainnya adalah Jika dilihat dari arah timur Gunung Lanang, maka kita akan melihat batu yang menjulang tinggi ditepi pantai atau yang sering disebut Gunung Karang oleh warga setempat. Sementara jika kita berada disebelah sisi barat, kita akan melihat hamparan pasir putih dengan laut birunya atau yang sering disebut kawasan Pantai Pangasan.

Baca juga destinasi ini :

Sunset di Pantai Pangasan

Sunset di Pantai Pangasan – foto @indraiswanto84’s

Cara menuju Pantai Pangasan

Buat temen-temen yang tertarik berkunjung ke Pantai Pangasan, jangan lupa persiapan yang cukup matang karena untuk menuju Pantai Pangasan kita butuh sedikit perjuangan. Pantai Pangasan berada di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung Pacitan. Meski dari pusat Kota Pacitan tidak terlalu jauh, numun kita membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai lokasi Desa Kalipelus.

Dari Desa Kalipelus ini kita harus berjalan menuju lokasi Pantai Pangasan. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari jalan desa melewati jalan setapak yang hanya dapat dilalui kendaraan roda dua saja, tetapi itu juga tidak sampai di lokasi Pantai Pangasan karena jalananya cukup curam sehingga lebih aman dengan berjalan kaki saja.

Melewati Area Persawahan menuju Pantai Pangasan Pacitan

Melewati Area Persawahan menuju Pantai Pangasan Pacitan – foto @danarsibolang

Tenang saja guys, meski lumayan jauh berjalan kakinya namun pemandangan disekitar jalan itu sangat keceh loh. Hamparan persawahan yang hijau dan susunan terasiring serta alam disekitarnya membuat jarak dan waktu tak akan terasa lama. Apalagi begitu kita tiba di Pantai Pangasan, duh pasti semua lelah kalian akan terbayarkan.

Harga Tiket Pantai Pangasan

Sebenarnya Pantai Pangasan ini belum dikelola secara resmi olah pemerintah setempat. Hanya saja warga lokal mulai memanfaatkan keberadaan wisatawan yang datang agar lebih terkoordinir dengan baik. Dengan membayar tiket masuk Rp 5000 perorang kita sudah bisa masuk dan menikmati kawasan wisata Pantai Pangasan. Untuk tiket parkirnya sendiri sukarela kalian saja. Parkiranya masih numpang dirumah warga atau warung yang tak jauh dari desa.

harga tiket masuk Pantai Pangasan Pacitan jawa Timur

Pantai Pangasan Pacitan jawa Timur – foto @malik_ash_shidiqi

Jangan lupa membawa bekal makanan atau minuman saat menuju Pantai Pangasan. Sebab dikawasan Pantai Pangasan tidak ada warung yang berjualan jadi agar tidak kelaparan saat menikmati keindahan Pantai Pangasan, pastikan perut kalian terisi atau kalian membawa makanan untuk dimakan bersama.

 

Leave a Reply