Gunung

Info Gunung Kanaga Bogor Dan Rute Kesana

Gunung Kanaga Bogor

Gunung Kanaga Bogor // kompasiana.com

Bogor benar-benar satu wilayah yang memiliki ratusan destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yang sedang viral adalah Gunung Kanaga Bogor.

Sebuah destinasi pegunungan yang indah karena jika sudah tiba di puncak maka akan terlihat pemandangan kota Bogor di kejauhan lengkap dengan area persawahan, bukit dan hutan asri. Maka dari itu, jika sudah tiba di puncak keinginan untuk turun nyaris sirna.

Daya Tarik Wisata Gunung Kanaga Bogor

Gunung Kanaga Bogor

Gunung Kanaga Bogor // nafasmalam.com

Destinasi wisata Gunung Kanaga memang luar biasa. Daya tariknya juga sangat memuaskan membuat traveler ingin segera mencapai puncaknya dan menikmati pemandangan di sana.

Selain pemandangan yang menjadi daya tarik traveler, udara yang sejuk dan bersih juga menjadi daya tarik berikutnya. Bahkan di sini pengunjung akan mendapati puluhan gazebo tempat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang luar biasa.

Tak hanya itu batu petilasan yang berada di puncak gunung juga menjadi daya tarik yang berikutnya. Apalagi bagi yang tahu sejarah dari petilasan tersebut yang kabarnya terkait dengan munculnya agama Islam pertama kali di kawasan Bogor Jawa Barat.

Sarana Wisata Gunung Kanaga

Di Gunung Kanaga Kabupaten Bogor traveler akan difasilitasi dengan berbagai sarana wisata yang menarik. Salah satunya adalah terdapat spot foto alami dan buatan yang instagenik.

Ini merupakan fasilitas utama di Gunung Kanaga yang menjadi daya tarik untuk traveler. Pasalnya spot tidak hanya menarik dari angle, nilai artistiknya juga ada yang membuat traveler tidak malu jika men-share hasil foto ke Instagram.

Maka dari itu, jika sedang ke Gunung Kanaga jangan lupa untuk membawa kamera lengkap dengan tripod-nya. Apalagi di setiap jengkal perjalanan pasti ditemukan spot foto yang rugi jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Fasilitas yang berikutnya adalah di sepanjang jalur tracking terdapat ratusan papan peringatan yang harus dipatuhi oleh traveler. Konten-nya bermacam-macam dan ditulis dengan kalimat-kalimat yang unik dan warna-warni.

Rute Menuju Gunung Kanaga Bogor

Gunung Kanaga di Bogor

Gunung Kanaga di Bogor // liputan7.com

Gunung Kanaga Bogor berada di Desa Antajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sebuah kawasan pegunungan yang memang terkenal dengan keasrian alam dan udaranya yang sejuk.

Sekalipun demikian untuk menjangkau puncak traveler harus melakukan pendakian terlebih dahulu dengan jalur yang cukup terjal. Pastikan pula ketika melakukan tracking harus mematuhi peraturan terutama menghindari pendakian yang berdekatan dengan jurang.

Untuk tiba di pintu masuk traveler bisa menggunakan Google Map. Nanti akan diarahkan ke pintu gerbang yang di sampingnya terdapat warung. Itu merupakan warung satu-satunya di daerah tersebut. Silakan berhenti untuk membeli bekal sekaligus memarkir kendaraan yang tempatnya sudah disediakan oleh warga.

Rute Pendakian Gunung Kanaga Bogor

Gunung Kanaga

Gunung Kanaga // nasionaltempo.co

Setelah berhenti di warung sejenak, silakan mulai lakukan pendakian dengan melewati kebun pisang terlebih dahulu. Beberapa menit kemudian traveler akan memasuki semi hutan yang cukup asri yang sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Agak sedikit ke atas mulai terlihat beberapa spot foto buatan yang indah.

Jika ingin mencapai puncak silakan lanjutkan perjalanan dengan kontur tanjakan yang semakin terjal. Nah, jika sudah berjumpa dengan wilayah yang dipenuhi dengan batu-batu besar maka di sanalah puncak Gunung Kanaga yang indah.

Jika ingin turun silakan lewat jalur awal karena jalur lain masih belum dibuka dan sangat berbahaya karena tidak ada batas yang aman antara jalan dengan jurang. Oleh sebab itu patuh terhadap plang-plang keselamatan adalah syarat jika ingin berwisata yang selamat.

Tiket Masuk ke Gunung Kanaga Bogor

Untuk saat ini tiket masuk ke Gunung Kanaga Bogor masih belum tersedia atau digratiskan. Jadi budget yang perlu dipersiapkan tidak terlalu banyak kecuali untuk membeli bekal perjalanan di kota.

Traveller juga tidak perlu mempersiapkan uang parkir karena mobil tinggal dititipkan di rumah warga saja. Kecuali yang rombongan maka dipersilakan untuk patungan untuk diserahkan ke warga karena sudah bersedia menjaga kendaraan.

Itulah review singkat tentang Gunung Kanaga Bogor yang eksotis. Silakan datangi tempat wisata ini bersama tim agar perjalanan lebih nyaman dan wisata lebih memuaskan.

Leave a Reply