Taman, Desa Wisata

Flora Wisata Pujon Malang: Hot & Hits

flora wisata Pujon

Pengunjung yang mengenakan handbok korea-instagram@avitaaaa__

Flora Wisata Pujon Malang: Hot & Hits – ini nih salah satu wisata di Jawa Timur yang baru dibuka tahun lalu. Flora wisata Pujon dibuka untuk menyambut libur Nataru (natal dan tahun baru) 2019.

Wisata Baru di Malang yang Kekinian

Obyek wisata dengan nama “Flora Wisata San Terra Pujon”, yang grand opening-nya bertepatan pada tanggal 24 Desember 2019. Meski saat pembukaan San Terra Pujon masih belum rampung 100%, tetapi antusias pengunjung terutama di hari libur, sangat tinggi.

Flora wisata Pujon ditargetkan berdiri di atas lahan 7 hektar. Meskipun saat pembukaan, baru ada 4 hektar lahannya yang terbuka untuk pengunjung.

flora wisata Pujon

bergaya ala2 gangnam-instagram@malangchannel

Bangunan flora wisata San Terra Pujon dibuat dengan tema Belanda dan Korea yang dipadukan dengan spot foto epik nan instagramable. Ada beberapa miniatur Korea dan Belanda di dalam flora wisata Pujon. Tentunya cocok untuk anak-anak muda yang pecinta Korea dan hobi foto.

Lokasi Flora Wisata San Terra Pujon

Alamat Flora Wisata Pujon

San Terra Pujo berada di daerah dataran tinggi sehingga masih ada hawa sejuk saat kamu berkeliling atau pun hunting foto. Flora wisata San Terra Pujon ada di Jalan Truno Joyo, Jurangrejo – Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur – 65391.

Flora wisata berada di lokasi yang strategis yaitu di pinggir jalan / jalur besar, jurusan Malang – Kediri. Sebelum arah lokawisata Paralayang Batu. Tepatnya sekitar 29 meter atau 1 jam perjalanan dari pusat Kota Malang.

Rute Flora Wisata Pujon

  • Dari situs kanalmalang, ada rute untuk kamu yang akan mengunjungi San Terra Pujon.
    Mulai dari Underpass Karanglo. Jalan menuju kota wisata Batu.
  • Terus ke arah Payung. Sebaiknya kamu hati-hati jika mengendarai kendaraan pribadi. Karena jalannya naik dan berkelok.
  • Terus sampai ketemu Gapura Patung Sapi. Lurus sedikit dan kamu akan tiba di flora wisata San Terra Pujon.

Objek Wisata Dekat Flora Wisata Pujon

San Terra Pujon adalah flora wisata yang lokasinya dekat dengan Taman Kelinci. Di dekat San Terra Pujon juga ada beberapa wisata lain seperti Paralayang Batu, Taman Puncak Goa Pandawa sampai dengan Bukit Nirwana.

Jam Buka dan Tiket Masuk Flora Wisata Pujon

Flora wisata San Terra Pujon buka setiap hari pada pukul 09.00 – 18.00 WIB.
Pengunjung ditarik tiket masuk Rp25.000,-/orang untuk dewasa dan Rp20.000,-/orang untuk anak-anak.

Dengan harga tiket include all service tersebut, pengunjung bebas memasukki semua area tanpa ditarik tarif lagi. Kecuali jika pengunjung ingin membeli bunga ya.

Ada Apa Saja di Flora Wisata Pujon?

Istana Bunga San Terra

Di flora wisata San Terra Pujon, para pengunjung disuguhkan wisata alam, yang terintegrasi dengan pembibitan bunga yang bisa dipelajari. Ada juga bunga yang diperjualbelikan. Karena flora wisata San Terra Pujon menyajikan 700 jenis, bahkan lebih. Baik bunga alami atau pun bunga plastik.

flora wisata Pujon

Pengunjung dengan latar bebungaan yang menggantung & disusun rapi-instagram@annisatulmaghfiroh

Kawanan bunga hidup di lahan, dibiarkan merambat bahkan ada yang hidup digantung. Baik bunga lokal maupun impor. Pihak wisata mengawinkan serbuk bunga impor dari Eropa dan Amerika. Tujuannya, agar bunga impor bisa tetap hidup dan menyesuaikan diri dengan iklim tropis Indonesia.

Uniknya, bunga yang ditanam di flora wisata San Terra Pujon akan diatur sesuai musimnya. Sehingga setiap 3 bulan 1x akan berlaku sistem update bunga. Pengunjung bisa menikmati bunga di San Terra Pujon, yang berada di indoor atau pun outdoor. Di mana jenis bunga yang ditanam, disesuaikan dengan kondisi musim Apakah sedang musim hujan atau kemarau.

Wahana Permainan

Tidak hanya bebungaan yang ada di sana. Para pengunjung San Terra Pujon bisa bermain-main dengan wahana seperti bumper car, trampolin, otopet, rumah balon dan lainnya.

flora Wisata Pujon

spot foto rumah-instagram@anna.uni

Nah, khusus untuk para pecinta Korea nih, atau siapapun. Bisa berfoto dengan latar bangunan Korea memakai hanbok yang sudah tersedia di penyewaan.

Fasilitas Lain di Flora Wisata Pujon

Ada hanbok Korea dan baju Belanda, yang bisa pengunjung pinjam selama 30 menit, dengan tarif Rp50.000 (dewasa) dan Rp30.000 (anak-anak).

flora wisata Pujon

Pengunjung yang mengenakan handbok korea-instagram@avitaaaa__

Terus kalau lapar? Tenang. Ada foodcurt yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, yang bisa kamu beli untuk mengisi perutmu.

Pengembangan Flora Wisata Pujon

Kawanan bunga akan dijaga dan dirawat sepenuh hati oleh para pekerja San Terra Pujon. Sehingga para pengunjung bisa menikmati kesegaran bunga-bunga di sana. Para pekerja San Terra Pujon berasal dari masyarakat lokal (sekitar). Mereka ditugaskan menjadi tukang kebun bunga, ticketing, keamanan dan lainnya.

flora wisata Pujon

salah satu spot foto di San Terra Pujon-instagram@ristadara28

Bahkan, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparabud) Kabupaten Malang, yang sudah mengunjungi San Terra Pujon, berencana akan membantu mempromosikan lokawisata baru itu. Hal itu juga yang nantinya bisa menambah Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kabupaten Malang.

Ketika melihat para pekerjanya yang berasal dari masyarakat lokal pun, Disparabud Kabupaten Malang membuka “pintu” bagi pengelola. Untuk bersama-sama dalam peningkatan SDM di flora wisata Pujon. Disparabud siap membantu untk pengadaan BIMTEK Pariwisata, pengetahuan Undang-undang pariwisata dan sebagainya.

Leave a Reply