Alam, Bukit, Pendaki

Eksotisnya Panorama Alam Batu Miring Jogjakarta

Batu Miring Jogjakarta

Batu Miring Jogjakarta

Batu Miring Jogjakarta – Jika sedang berada di Jogjakarta terkadang kerap bingung ingin berwisata ke mana, karena teramat banyak obyek wisata yang tersebar di seluruh kabupaten-kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Obyek wisata baru di yogyakarta seakan terus muncul dan tidak ada habis-habisnya. Dan salah satu obyek wisata baru yang sedang hits bagi kalangan pelancong dan pemburu keindahan alam adalah wisata Batu Miring.Batu Miring adalah sebuah kawasan wisata yang berupa perbukitan dengan sebuah batu besar yang tinggi menjulang.

Batu itulah yang kemudian diberi nama Batu Miring. Obyek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah karena berada di kawasan hijau dengan dikelilingi pegunungan dan perbukitan yang begitu mempesona.

Pesona Batu Miring Jogjakarta

Pesona Batu Miring Jogjakarta

Pesona Batu Miring Jogjakarta : Traveloka.com

Hal menarik yang terdapat di Batu Miring adalah pemandangan alam menakjubkan yang bisa dilihat dari puncak Batu Miring. Dari puncak kita bisa melihat hamparan hijau pepohonan yang begitu luas dengan dikelilingi oleh barisan bukit dan pegunungan serta tebing-tebing kapur.

Baca Juga ya :

Waktu yang paling eksotis untuk menikmati pemandangan di  Batu Miring adalah ketika matahari terbit ataupun saat matahari tenggelam. Waktu ketika sinar jingga menyinari dan berpadu dengan warna hijau dari kawasan di sekitar Batu Miring menjadi momen yang mampu menghipnotis mata setiap siapa saja yang melihatnya. Jika langit sedang cerah-cerahnya, gunung merapi dan merbabu pun akan tampak begitu jelas kegagahannya.

Perjalanan Menuju Puncak Batu Miring  Jogjakarta    

Perjalanan Menuju Puncak Batu Miring  Jogjakarta

Perjalanan Menuju Puncak Batu Miring  Jogjakarta – Tripcanvasindonesia.com

Obyek wisata Batu Miring terletak di kawasan Gunung Kukusan, Kulon Progo. Untuk Menuju ke puncak Batu Miring dimulai dari tempat parkir dimana pengujung harus jalan sekitar 200m untuk menuju ke kaki Gunung Kukusan.

Setelah tiba akan ada 2 alternatif jalur yang bisa digunakan untuk dapat mencapai puncak Batu Miring. Yang pertama adalah jalur kiri yang akan menuju ke puncak Dempok, sementara untuk jalur kanan akan membawa ke Puncak Kendeng.

Jalur kanan merupakan jalur yang bisa digunakan jika ingin mencapai puncak tertinggi, yaitu puncak Kendeng. Namun mau puncak Kendeng ataupun Dempok, Keduanya sama-sama memiliki pemandangan yang begitu luar biasa.

Batu Miring Jogjakarta

Batu Miring Jogjakarta – Ringgarentcar.com

Bagi penggemar wisata petualangan, Batu Miring ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Sensasi trekking dan mendaki untuk menuju ke puncak yang ditawarkan tempat ini akan mampu memanjakan jiwa petualangan.

Selain itu karena waktu tempuh yang tidak terlalu lama untuk mencapai puncak, menjadikan tempat ini menjadi alternatif bagi yang ingin mendaki namun tidak punya banyak waktu luang.

Panorama sunrise dan sunset di tempat ini pun tidak kalah jika dibandingankan dengan wisata ketingggian lainnya.

Lokasi dan Rute Menuju Batu Miring Jogjakarta

Lokasi dan Rute Menuju Batu Miring Jogjakarta

Lokasi dan Rute Menuju Batu Miring Jogjakarta – foto Ringgarentcar.com

Obyek wisata Batu Miring ini terletak di kawasan Gunung Kukusan yang berada di Dusun Wonokerto, Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju tempat ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena lokasinya yang berada sedikit di plosok dengan jalanan yang cukup ekstrem khas jalanan desa di kawasan pegunungan.

Jika dari kota Jogja, untuk ke Batu Miring pertama-tama menuju ke Godean. Sesampainya di Godean ambil arah menuju ke Kulon Progo hingga kemudia ke daerah Nanggulan, Dekso, Samigaluh, Pasar Plono, Kebun teh Nglingo dan terakhir mencapai Lereng Gunung Kukusan. Waktu tempuh perjalanan dari kota jogja ini bisa ditenpuh dengan waktu kurang lebih satu setengah jam dengan total jarak sekitar 30 km.

Karena jalannya yang berbelok-belok dengan tanjakan dan turunan yang lumayan curam, maka harus berhati-hati dalam berkendara menuju ke Watu Giring. Jika sudah sampai kendaraan akan diarahkan ke tempat parkir yang sudah tersedia dengan biaya parkir sebesar 10.000 rupiah untuk motor dan 20.000 rupiah untuk mobil.

***

Begitulah informasi seputar salah satu obyek wisata yang sedang hits di Yogyakarta, yaitu Batu Miring.  Dan hal yang harus selalu diingat adalah untuk bersikap sopan dan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak melakukan perusakan jika berkunjung ke Obyek Wisata Batu Miring.

Dengan kita tidak membuang sampah sembarang dan tidak merusak, maka kita sudah ikut merawat alam di kawasan obyek wisata Batu Miring.

Leave a Reply