Dari Mana Asal Tari Suling Dewa? - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Dari Mana Asal Tari Suling Dewa?

Dari Mana Asal Tari Suling Dewa? 1

Tari Suling Dewa. Foto: luhusnulyakin.blogspot.com

Tari Suling Dewa – Musim kemarau seringkali datang tidak sesuai dengan perkiraan. Bahkan, musim kemarau juga bertahan sangat lama hingga menyebabkan kekeringan dimana-mana. Hal ini tentu saja sangat meresahkan masyarakat.

Musim kemarau yang tak kunjung pergi pastinya akan menyebabkan sumber air mengering, sedangkan pasokan air pun semakin menipis. Padahal, air merupakan salah satu kebutuhan paling utama bagi manusia.

Dari Mana Asal Tari Suling Dewa? 2

Salah Satu Contoh Kekeringan Air. Foto: merdeka.com

Di Indonesia, dalam mengatasi kekeringan yang berkepanjangan, beberapa upaya dilakukan oleh masyarakat. Upaya tersebut juga berhubungan dengan ritual-ritual untuk memanggil hujan. Ritual tersebut dipercayai oleh masyarakat sebagai cara yang ampuh dan merupakan warisan dari nenek moyang. Salah satu ritual yang berhubungan dengan ritual memanggil hujan ini adalah Tari Suling Dewa.

Ada cerita khusus mengenai diciptakannya Tari Suling Dewa. Selain itu, tari ini juga memiliki keunikan khasnya yang membedakan dari tari-tari yang lain. Lalu, dari mana Tari Suling Dewa ini berasal? Berikut ini akan diulas mengenai asal Tari Suling Dewa beserta hal menarik lainnya dari tari ini.

Asal-Usul Tari Suling Dewa

Tari Suling Dewa yang terkenal sebagai tari untuk memanggil hujan berasal dari Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Ada penyebab yang membuat tari ini diperagakan oleh masyarakat sekitar. Tidak lain adalah kondisi kekeringan berkepanjangan terjadi sekitar 3 tahun di Bayan, NTB.

Adanya kekeringan ini telah menyebabkan tanaman mati termasuk tanaman yang ditanam oleh para petani. Kondisi ini jelas memberikan dampak yang sangat buruk bagi kalangan petani, karena banyaknya gagal panen. Apalagi mayoritas masyarakat Bayan mengandalkan penghasilan terbesar mereka dari hasil panen. Bila masalah ini tidak diatasi, tentu akan terjadi bahaya kelaparan bagi masyarakat setempat.

Dari Mana Asal Tari Suling Dewa? 3

Pertunjukan Tari Suling Dewa. Foto: luhusnulyakin.blogspot.com

Lalu, seorang sesepuh Bayan mendapatkan pencerahan berupa bisikan suara yang datang dari langit. Bisikan itulah yang kemudian membuat sesepuh sekaligus masyarakat setempat sepakat untuk melakukan ritual memanggil hujan dengan Tari Suling Dewa. Suara dari suling yang ditiup dipercaya oleh masyarakat sebagai suara yang dapat berkomunikasi dengan langit sehingga air hujan dapat turun saat mendengat suara tersebut.

Leave a Reply