Air Terjun, Alam

Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Sisi Kota Pekalongan

Curug Muncar, Surga Tersembunyi di Sisi Kota Pekalongan 1

Wisata Curug Muncar Di Pekalongan. Sumber : Superadventure.co.id

Curug Muncar adalah sebuah wisata alam air terjun yang menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di Kota Pekalongan. Selain terkenal dengan kerajinan batiknya, Pekalongan juga memiliki pesona alam yang begitu luar biasa. Mempunyai wilayah hijau khas dataran tinggi yang berada di daerah lereng Gunung Rogojembangan, membuat Pekalongan diisi cukup banyak wisata alam asri yang menarik untuk dikunjungi, dan salah satunya adalah Air Terjun Muncar yang berada di Kecamatan Petungkriyono.

Seputar Curug Muncar Pekalongan

Curug Muncar

Sumber : Jadwaltarvel.com

Air terjun Curug Muncar adalah kawasan wisata alam yang berada di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah. Curug Muncar ini terletak di lereng Gunung Rogojambangan yang terletak di perbatasan antara Pekalonagn dan Banjarnegara dan mempunyai ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Untuk menuju ke obyek wisata Curug Muncar ini diperlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam dari pusat kota pekalongan. Cukup jauh karena memang letaknya yang berada di daerah pegunungan dengan medannya yang menanjak dan jalannya yang berkelok-kelok. Namun lamanya perjalanan tidak akan terasa membosankan, karena sepanjang perjalanan menuju ke obyek wisata Curug Muncar, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan di kanan kiri jalan. Hijaunya hutan dan perkebunaan khas daerah dataran tinggi akan menemanimu dan memanjakan matamu di sepanjang perjalanan.

Pesona Curug Muncar Pekalongan

Curug Muncar

Sumber : Inibaru.com

Berada di kawasan hutan yang asri, Curug Muncar menawarkan sebuah sensasi wisata alam yang begitu menyejukkan dengan panorama alamnya yang begitu eksotis. Di Curug Muncar ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan air terjun yang menjulang tinggi dengan airnya yang jatuh dengan deras berpadu dengan hijaunya alam di sekitar air terjun.

Jernihnya air yang berada di Curug Muncar akan sangatlah menyegarkan jika digunakan untuk membasuh setelah perjalanan panjang menuju air terjun ini. Selain itu area bawah air tejun yang terdapat kubangan membentuk kolam yang cukup luas sangat cocok digunakan untuk bermain air dan berenang. Namun jika bermain air di area air terjun, pengunjung juga harus hati-hati karena banyaknya batuan-batuan yang besar dan permukaannya tajam. Selain itu batuannya juga licin karena cukup banyak ditumbuhi lumut.

Bagi yang suka menikmati keindahan alam dengan duduk bersantai, Curug Muncar juga menyajikan spot-spot yang sangat pas digunakan untuk duduk bersama keluarga ataupu kawan sembari menikmati pemandangan alam yang hijau dengan deburan suara air yang jatuh dari ketinggian. Duduk dibawah pohon rindang atau di gazebo-gazebo yang sudah disediakan sembari menikmati makanan atau minuman favorit menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan stres dan kepenatan dari kehidupan harian yang menguras tenaga dan pikiran.

Curug Muncar di Pekalongan ini pun juga sangat direkomendasikan untuk para pecinta camping yang ini bermalam dibawah air terjun. Terdapat banyak area lapang yang sangat cocok memungkinankan untuk mendirikan cukup banyak tenda. Setelah melewati malam dengan nuansa alam sunyi yang begitu menenangkan, Curug Muncar akan menyajikan suasana pemandangan pagi yang luar biasa. Deburan air terjun yang masih diselimuti kabut di sekelilinganya, berpadu suara burung-burung yang berkicau akan membuat betah dan memberi pengalaman yang tidak terlupakan.

Fasilitas di Curug Muncar Pekalongan

Curug Muncar

Sumber : Travel.tempo.com

Jika ingin berwisata ke Curug Muncar, tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada karena di obyek wisata Curug Muncar memberikan kelengkapan fasilitas yang akan mampu memanjakan setiap pengunjung yang datang. Di Curug Muncar sudah tersedia berbagai fasilitas penjunjang seperti kamar mandi, taman bermain, gazebo-gazebo untuk duduk bersantai dan juga pos penjagaan.

Selain itu cukup banyak juga usaha-usaha warung dari warga lokal disekitaran area Air Terjun yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman. Jadi tidaklah perlu khawatir jika tiba-tiba terasa lapar atau haus saat berada di obyek wisata Curug Muncar ini, karena sudah banyak pedagang-pedagang yang siap menyambut setiap pengujung dengan ramah.

Transportasi Menuju Curug Muncar Pekalongan

Curug Muncar

Sumber : Guidenesia.com

Untuk menuju ke Curug Muncar bisa ditempuh dengan menggunakan kendaran pribadi baik itu mobil ataupun motor menuju ke arah kecamatan Petungkriyona yang ada di kaki Gunung Rogojambangan.

Selain itu Curug Muncar juga bis ditempuh dengan menggunakan angkutan umum yaitu dengan menggunakan bus menuju ke Kecamatan Petungkriyona. Setelah sampai di Kecamatan Petungkriyono berganti menggunakan ojek atau mobil bak terbuka yang sudah dimodif untuk mobil penumpang untuk langsungĀ  menuju ke lokasi Obyek Wisata Curug Muncar.

 

Demikianlah informasi seputar Curug Muncar yang merupakan salah satu wisata alam andalan di Pekalongan karena keindahannya yang begitu mempesona. Jika berkunjung ke Pekalongan jangan lupa untuk berkunjung ke Curug Muncar.

Leave a Reply