Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Daftar Wisata

Curug Love, Pesona Mini Grand Canyon Asal Bogor

Curug Love, Pesona Mini Grand Canyon Asal Bogor 1

Curug Love Leuwiliang adalah salah satu destinasi wisata baru yang populer di sosial media. Banyak orang yang berkunjung ke sini dan memposting foto dan memberi tagar lokasi ini. Tahukah kamu dimanakah lokasi Curug Love ini? Curug love terletak di Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Apa sih yang membuat curug love jadi terkenal di sosial media? Alasannya adalah keindahan alam yang masih asri dan terjaga menjadi daya tarik tempat ini. Orang-orang yang datang bisa mengambil foto dengan pemandangan indah dengan latar curug love. Keindahan alamnya mulai dari air kolam, bebatuan sekitar, aliran sungai, termasuk air terjun itu sendiri.

Sejarah Singkat Curug Love

curug love

sumber : inews.com

Curug Love, namanya sangat unik bukan? Namun ternyata curug ini punya berbagai nama. Curug ini bagi warga sekitar lebih dikenal dengan nama Curug Leuwi Cateng. Nama love sendiri berasal dari batu yang berada ditengah curug yang menyerupai bentuk love. Curug ini mulai dikenal pada tahun 2017 dengan nama curug love.

Selain itu ada nama lain yaitu curug putri kencana. Hal ini berasal dari mitos yang beredar di masyarakat yaitu adanya suara wanita di sekitar curug. Suara tersebut diyakini sebagai suara putri kencana yang merupakan seorang putri kerajaan.

Baca juga : Pendakian Gunung Kencana Bogor

Bagaimana cara untuk mencapai Curug Love?

Seperti yang diketahui, curug love berada di Kabupaten Bogor. Jika ingin ke sini dari Jakarta, jaraknya tidaklah jauh. Jika datang dari kota lain pun aksesnya terbilang mudah. Pasalnya curug ini berada di perkampungan sekitar Sentul. Kamu hanya perlu mengambil jalur ke arah Sentul dan keluar di gerbang Tol Sentul City kearah Jungle Land. Sebelum gerbang Jungle Land, belok ke kanan ambil arah pemukiman. Jalan terus sampai bertemu pertigaan. Belok ke kiri lalu ikuti petunjuk arah ke Curug Kencana. Sekitar 30 meter dari sini kamu bisa sampai di lokasi pos awal.

Dari pos awal kamu harus berjalan kaki untuk sampai tepat di lokasi curug. Kurang lebih perjalanan dengan jalan kaki ini ditempuh selama 1 jam. Selama perjalanan kamu akan melihat berbagai pemandangan alam dan pemukiman yang indah. Warga disini pun ramah terhadap tamu yang datang.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Saat berkunjung ke Curug Love?

Bermain air

Curug Love, Pesona Mini Grand Canyon Asal Bogor 2

sumber : inews.com

Seperti tempat dengan air terjun lainnya, disini juga bisa menikmati air terjun. Air terjun tidak terlalu tinggi sehingga bermain air tepat dibawah guyuran air terjun. Selain itu bisa berendam dikolam sambil santai sejenak. Suasana alam yang masih terjaga membuat seakan-akan tempat ini milik sendiri. Karena lokasinya ini bisa juga dijadikan sebagai tempat liburan sejenak dari keramaian.

Body Rafting

Curug Love, Pesona Mini Grand Canyon Asal Bogor 3

sumber : travel.detik.com

Tahukah kamu kalau curug love juga dikenal sebagai mini Grand Canyon? Ini karena keunikan yang dimiliki aliran sungai yaitu berupa bebatuan yang membingkai sepanjang aliran air. Bebatuan ini seakan-akan dipahat padahal itu terjadi dari proses alami. Pengelola wisata setempat memberikan fasilitas untuk susur sungai menggunakan ban karet. Tenang saja, akan ada protokol keamanan yang memastikan kamu bisa nyaman selama menikmati wahana ini. Selama mengendarai aliran air sungai, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menarik. Tingginya bebatuan serasa dikelilingi oleh tebing-tebing. Wah, ini sih sangat cocok jika kamu ingin merasakan pengalaman mini Grand Canyon asli dari Kabupaten Bogor.

Wisata ke Hutan Pinus

Dari lokasi curug, ada hutan pinus yang cukup lebat. Disini kamu bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sambil melihat pemandangan alam. Hutan pinus ini juga masih terjaga dengan baik. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar hutan atau sekedar bersantai di bawah rindangnya pohon pinus. Karena lingkungan yang terjaga, kamu harus tetap menjaganya agar selalu bersih ya! Jangan buang sampah sembarangan dan jaga kenyamanan sesama pengunjung.

Biaya yang harus dikeluarkan

Untuk mengunjungi curug love ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan yaitu :

Tiket Masuk Curug Love                                10.000

Parkir Motor                                                            5.000

Parkir Mobil                                                          10.000

Jam buka kawasan wisata curug kencana 07.00-17.00

Baca juga : Review Curug Love Bogor Jawa Barat Yang Indah Luar Biasa

Nah, itulah tentang curug love, Kabupaten Bogor. Wah keindahan alamnya sangat mengagumkan ya! Siapa yang berencana datang ke sini?

Leave a Reply