Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Oncer Nusa Tenggara Barat

Gendang-beleq-ini-dulu-dimainkan-kalau-ada-pesta-pesta-kerajaan-sedangkan-kalau-perang-berfungsi-sebagai-komandan-perang-sedangkan-copek-jadi-prajuritnya.

Tari oncer merupakan tarian tradisional yang berasal dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Yang diciptakan oleh Muhammad Tahir dari puyung desa jonggat lombok tengah pada tahun 1960. Tarian oncer biasanya diiringi dengan alat musik gamelan tradisional lombok yang disebut gendang beleq.

 Tari Oncer

Tari Oncer, Foto: mobillombok.com

Asal Usul Tari Oncer

Pada zaman dahulu gendang tersebut digunakan untuk peperangan oleh raja-raja lombok, untuk memberikan semangat bagi prajuritnya yang ada pada pertempuran. Bila pertempuran telah selesai, gendang beleq dipukul sambil menari yang menjadi hiburan sendiri bagi para prajurit.

Selain gendang alat musik lain yang dapat mengiringi tarian ini yaitu gong, suling, ceng-ceng, reong dan gendang kecil.

Kata Oncer berasal dari kata ngoncer dalam bahasa indonesia  yang memiliki arti berenang. Tarian oncer diambil dari gerakan pepait ngoncer atau ikan sepat berenang, tarian ini sering ditampilkan di desa-desa wisata yang ada di Lombok Tengah seperti desa sadedan, desa ungge.

Baca Juga ya : 6 Tari Adat Tradisional Dari Nusa Tenggara Barat

Perkembangan Tari Oncer

 Tari Oncer

Tari Oncer, Foto: republika.co.id

Tarian ciptan dari Muhammad Tahir terbagi menjadi 3 bagian sebagai berikut:

Pada bagian pertama tarian menggambarkan peperangan yang dimainkan oleh semua penari sembari menari secara bersama dengan gerakan tari berturut-turu seperti dibawah ini:

  • Gerak Tanduk merupakan gerak menangkah yang mencerminkan keberangkatan ke medan perang terlihat disini gerakan mengangkat kaki ditonjolkan.
  • Gerak Bukaq Jebak memiliki makna membuka pintu. Para penari membentuk sebuah formasi membuka barian oleh penari kenceng dengan membentuk sudut menyerupai alat untuk menangkap ikan.
  • Gerak Kadal Nengos yang menggambarkan suatu bentuk kewaspadaan terhadap musuh dengan gerakan selalu melihat ke kanan kiri.
  • Gerak Rebek Taping disebut juga gerakan menangkap hurting tapong di tengah sawah.
  • Gerak Tereng Repoq, berasal dari kata tereng berarti bambu sedangkan repoq berarti tumbang. Pada bagian ini diperagakan gerakan bambu yang setengah tumbang karena tertiup angin, diartikan jika sewaktu-waktu prajurit bersembunyi sambil mengintip lawan atau musuh.

Bagian kedua berlaku untuk semua penari duduk kecuali penari petuk, gerakan penari petuk yang lincah serta lucu bergerak- gerak membawakan kian kemari sambil bernyanyi. Pada saat yang bersamaan para penari kenceng dengan posisi duduk menari sambil berpantun (belelakaq) yang bersahutan dengan penari petuk.

Bagian ketiga, melukiskan keadaan suasana setelah peperangan, gerakan-gerakan adalah:

  • Gerakan Cempaka Panclang bermakna bunga cempaka yang berguguran mencerminkan prajurit yang gugur di medan perang, bangunan rusak dan lainnya.
  • Gerakan Keroton Kombol atau kembang sepatu kuncup ini mengibaratkan dimulainya kembali pembangunan setelah kehancuran akibat pertempuran dalam medan perang.
  • Gerakan Sandal Kebak atau kembang sandat sedang mekar mencerminkan bahwa pembangunan telah rampung dilaksanakan dan keadaan telah kembali normal.

Selesai tarian ditutup dengan penghormatan bersama dengan membentuk formasi sate hersap dengan meletakkan kedua tangan terkatup di depan wajah.

Tata Rias dan Busana Tari Oncer

Busana untuk penari laki-laki yaitu mengenakan kemeja putih, celana hitam yang dilapisi pada bagian luar dengan kain bermotif songket, dan aksesoris seperti kalung, gelang berwarna gold yang melingkar di bagian tangan terletak di bawah bahu, bunga yang menempel pada telinga.

Gerakan Tari Oncer

Gendang Beleq di Tari Oncer

Tari Oncer, Foto: sasakadie.blogspot.com

Tarian oncer adalah tarian yang dilakukan secara bersama-sama dan terdiri dari 3 kelompok diantaranya 6-8 orang terbagi orang pembawa kenceng yang disebut juga  penari kenceng, 2 orang pembawa gendang atau penari gendang  dan 1 orang pembawa patuk atau penari patuk. Untuk setiap orang dapat membawakan gerakannya sendiri-sendiri atau bisa dikatakan gerakan dalam tarian ini bebas.

Gendang beleq menjadi alat musik yang mengiringi dalam tarian ini yang dijadikan sebagai tari penyambutan tamu telah berkunjung di Lombok NTB. Formasi pertunjukan tarian oncer dengan diawali masuknya 2 orang penari gendang, kemudian disusul dengan masuknya 4-6 orang penari oncer.

Posisi penari gendang berada di samping kanan kiri sebagai lata belakang dan untuk penari once posisi duduk sambil menyanyikan lagu Pampang Paoq. Di akhir tarian untuk semua penari oncer keluar yang diikuti dengan penari gendang.

Baca Juga ya : Mengenal Pesona Tari Nguri, Tarian Tradisonal Dari Sumbawa NTB

Nilai dan Makna Tari Oncer

Seni tari ini menggambarkan pertempuran raja dan para prajurit. Media tari oncer bertujuan untuk menghibur, tanda penghormatan, rasa syukur atas selesainya peperangan tersebut, dan usaha dalam melestarikan kesenian tari ini kepada masyarakat secara luas khususnya bagi para pemuda-pemudi sebagai penerus bangsa.

Leave a Reply