Asal Usul dan Sejarah Tari Kancet Ledo - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya, Pengetahuan

Asal Usul dan Sejarah Tari Kancet Ledo

Tari Kancet Ledo

Tari Kancet Ledo - sumber : kamera budaya

Tari Kancet Ledo – Indonesia memiliki kekayaan yang tidak ternilai harganya. Salah satu kekayaan yang dimiliki negara kita ini adalah di dalam bidang kebudayaan. Mempelajari kebudayaan-kebudayaan indonesia seolah tidak ada habisnya saking kayanya negara kita ini.

Salah satu kekayaan indonesia yang perlu kita ketahui adalah Tari Kancet Ledo, karena tarian ini terkenal keindahannya di kalangan masyarakat Dayak.

Gong merupakan alat musik yang terkenal di Indonesia yang sering mengiringi berbagai macam instrumen lagu. Namun di Kalimantan Timur gong tidak hanya digunakan untuk alat musik saja.  Namun juga dipakai di sebuah tarian, selain menjadi alat musik pengiring tarian.

Sejarah Tari Kancet Ledo

Tari Kancet Ledo adalah salah satu tarian yang berasal dari Dayak Kalimantan Timur, tepatnya dari daerah Suku Dayak Kenyah. Tari Kancet Ledo juga biasa di kenal dengan sebutan Tari Gong. Tari Kancet Ledo merupakan kebudayaan berjenis seni yang menjadi kebanggaan masyarakat Dayak.

Tari Kancet Ledo

Tari Kancet Ledo – sumber : kamera budaya

Tarian indah ini ditarikan oleh seorang gadis dengan gong sebagai alat pengiring gerakan. Selain diiringi dengan alunan gong keunikan lainnya dari tarian ini adalah penari Kancet Ledo juga menari di atas gongnya.

Tari Gong dalam pementasannya menceritakan kemolekan seorang gadis yang menari di atas sebuah gong, dimana gadis itu akan diperebutkan oleh 2 orang Pemuda Dayak.  Selain gong tari ini juga diiringi dengan alat musik tradisional suku Dayak yang bernama Sampe.

Tari Kancet Ledo adalah tarian yang sarat akan makna sebagai penggambaran tentang kelembutan seorang wanita. Kecantikan, kepandaian, serta kelemah lembutan wanita diungkapkan secara manis dalam gerakan tari

Gerakan dalam Tari Gong menggambarkan kelembutan seorang gadis yang terlihat dari gerakan tubuh dan tangannya yang bergerak dengan lemah lembut. Gerakan dalam tarian ini memang tidak begitu banyak dibandingkan dengan tarian dari Kalimantan Timur lainnya, bahkan kebanyakan gerakan dalam tari ini dilakukan dengan berulang-ulang. Akan tetapi yang ditonjolkan dalam tarian ini adalah kelembutan sang penari dalam bergerak dan menari.

Sejarah Tari Kancet Ledo

Sejarah Tari Kancet Ledo – Sumber : myimage

Leave a Reply