Alam, Air Terjun

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap - Sumber: Tempat Wisata

Air Terjun Sikulikap – Daerah Sumatera Utara memiliki banyak sekali tempat wisata yang memukau, salah satunya adalah Berastagi. Banyak yang dapat dinikmati dari daerah ini, misalnya Taman Alam Lumbini dan Danau Lau Kawar. Ketika berkunjung ke Berastagi, Sumatera Utara, banyak yang belum mengetahui keberadaan air terjun bernama Sikulikap padahal objek wisata ini sangat cantik dan sangat bisa untuk dinikmati.

Letaknya persis terdapat di bawah jurang Panatapan di Desa Doulu. Air terjun cantik satu ini tentu saja bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati akhir pekan dan juga untuk para pelancong yang sedang mengeksplor daerah Sumatera Utara.

Akses Menuju Air Terjun Sikulikap

akses menuju Air Terjun Sikulikap

Rute menuju Air Terjun Sikulikap – Sumber: Rienews

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Air Terjun Sikulikap, kalian bisa berangkat dari Kota Medan. Kalian cukup mencari transportasi dengan rute menuju arah Martelu. Akan terdapat petunjuk untuk mencapai objek wisata ini pada gerbang perbatasan Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

Hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit dari pintu masuk untuk mencapai air terun dengan ketinggian 30meter ini. Dalam perjalanan menuruni tangga di tengah hutan hujan tropis yang masuk sebagai bagian dari Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana eksotis berupa pemandangan yang asri, monyet gibbon yang berkeliaran dengan bebas, dan juga udara yang sejuk.

Dalam perjalanan mencapai air terjun pun jalur terbilang sudah aman dengan adanya pagar besi di sepanjang jalur trekking. Namun, tetap pengunjung harus berhati-hati karena banyak pula batu yang licin.

Air Terjun Sikulikap Indah dan menenangkan

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap – Sumber: Tribunnews

Kalau di kota-kota besar udara sudah mulai banyak tercemar polusi, di Air Terjun Sikulikap ini merupakan kondisi sebaliknya. Lingkungan sekitar obyek wisata ini masih sangat asri dan tidak tercemar polusi. Sumber air terjun Silangkap berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan.

Baca juga : Mengenal sejarah lewat Museum Deli Serdang  yang baru dibangun

Dengan arus yang cukup deras, tidak banyak pengunjung yang berani untuk berenang, namun bermain dengan percikan airnya saja sudah menyejukan. Pengunjung ada baiknya memantau dulu cuaca sebelum berkunjung dan sebaiknya menunda kunjungan jika curah hujan sedang tinggi.

Ketika sudah tiba di lokasi air terjun, banyak pengunjung yang menikmati berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan alami. Kontur batu tebing dan lumut yang tumbuh alami di bebatuan menambah kecantikan suasana alami di air terjun ini. Obyek wisata ini pun terbilang bersih dan terjaga.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap – Sumber: Tempat Wisata

Banyaknya tempat hiburan berbayar kadang membuat banyak pengunjung berpikir dua kali ketika ingin mengajak keluarga ikut serta. Berbeda dengan air terjun Silangkap ini belum mematok biaya masuk atau retribusi, pengunjung hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan.

Pengunjung dapat juga membawa bekal makanan untuk disantap sambal menikmati suasana yang berbeda dari suasana perkotaan. Berkumpul Bersama keluarga, berfoto Bersama, bersenda gurau menikmati suasana alami sekaligus kebersamaan keluarga, banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di air terjun Silangkap ini.

Leave a Reply