Pantai, Air Terjun, Alam

Berburu Keeksotisan Air Terjun Karang Bolong di Pacitan

instagram.com

Air Terjun Karang Bolong – Ada banyak tempat wisata menakjubkan di Indonesia. Salah satu tempat yang menyuguhkan banyak objek wisata alam seperti pantai, air terjun, dan gunung adalah provinsi Jawa Timur. Meski lokasinya di Pulau Jawa yang dikenal banyak perkotaan, namun rupanya objek wisata alam di Jawa Timur luar biasa menarik untuk dijelajahi.

Salah satu objek wisata alam yang menarik di Jawa Timur terletak di Kota Pacitan. Dikenal dengan daerahnya yang banyak dataran tinggi dan tebing-tebing, Pacitan rupanya menyimpan pesona alam yang memukau. Bahkan turis mancanegara juga berdatangan untuk melihat dan menikmati objek wisata alam di Pacitan.

Air Terjun Karang Bolong

Air Terjun Karang Bolong – foto bonvoyagejogja.com

Air terjun Karang Bolong di Pacitan menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi paling tidak sekali sumur hidup. Meski Pacitan terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Timur, namun Pacitan menyuguhkan objek wisata alam berkelas dan sangat indah, salah satunya adalah Air Terjun Karang Bolong ini.

Berikut merupakan informasi mengenai destinasi wisata alam air terjun Karang Bolong.

Objek wisata Karang Bolong Pacitan

Destinasi yang satu ini awalnya dikenal dengan pantainya yang menakjubkan dengan batu karang yang berlubang di tengahnya. Oleh karena itu dinamakan Pantai Karang Bolong. Namun di sekitaran tebing yang langsung terhubung dengan pantai terdapat air terjun yang sangat eksotis dan bernama Air Terjun Karang Bolong. Jadi jika mengunjungi tempat ini jangan bingung karena Pantai Karang Bolong dan Air Terjun Karang Bolong itu ada di satu lokasi.

Air terjun Karang Bolong ini berlokasi di sebelah barat Pantai Klayar atau lebih tepatnya di Dusun Donorejo, Kelurahan Sendang, Pacitan, Jawa Timur. Pemandangan Air Terjun Karang Bolong ini tidak kalah memesona seperti air terjun di luar negeri.

Air Terjun Karang Bolong

Air Terjun Karang Bolong – foto resesepan.id

Aliranya yang deras turun dari bawah tebing dengan ombak yang cukup keras di bawahnya membuat wisata alam di Karang Bolong Pacitan ini punya pemandangan berkelas. Tak salah jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berburu keindahan Pantai dan Air Terjun Karang Bolong.

Air terjun ini merupakan muara dari sungai kecil yang terputus oleh tebing sehingga menghasilkan aliran air yang langsung jatuh ke laut dengan aliran yang cukup kuat. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati permukaan tebing yang datar sambil berjalan-jalan dan melihat air terjun. Permukaan tebing yang datar membuat lokasi ini menjadi sasaran wisatawan untuk menikmati alam Karang Bolong.

Ada beberapa objek wisata air terjun Karang Bolong yang sangat sayang jika dilewatkan, berikut daftarnya:

  1. Sabana di Air Terjun Karang Bolong

Air Terjun Karang Bolong

Sabana di Air Terjun Karang Bolong – foto bonvoyagejogja.com

Di permukaan tebing yang mana mengalir air terjun merupakan sabana dengan hamparan tanaman dan pepohonan yang hijau menyegarkan. Sabana ini juga menghubungkan daratan dengan tebing batu karang bolong. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan sangat pas dari sabana ditemani dengan semilir angin yang sejuk.

  1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong pacitan

Pantai Karang Bolong Pacitan inews.com

Banyak orang yang belum tahu bahwa Pacitan menyimpan keeksotisan alam yang begitu memukau.  Namun pantai ini bukan pantai yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain-main di tepian karena dikelilingi tebing dan ombaknya yang cukup besar dan membahayakan.

Baca juga : Inilah Jadwal Kapal Fajar Bahari dari Jakarta ke Sampit  terbaru

Daya tarik pantai ini bisa dinikmati dari atas sambil melihat tebing batu yang berlubang. Deburan ombak yang kuat juga membuat pemandangan pantai Karang Bolong ini lebih memesona.

  1. Melihat sunset dan sunrise

Sunset di Air Terjun Karang Bolong

sunset di Air Terjun Karang Bolong – foto phinemo

Karena spot wisatanya ada di atas tebing, otomatis pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam dari kawasan Karang Bolong ini. Adanya lubang pada tebing membuat pemandangan sunrise dan sunset menjadi lebih memukau. Cocok sekali bagi fotografer yang senang berburu sunrise dan sunset untuk hasil gambar yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

Air Terjun Karang Bolong

Air Terjun Karang Bolong Pacitan – resesepan.id

Untuk wisatawan yang berminat menjelajah kawasan Pantai Karang Bolong dan melihat indahnya air terjun Karang Bolong, tiket yang ditarik harganya tidak terlalu mahal dan bahkan murah sekali. Yaitu muali dari Rp 1.000-Rp 5.000. Harga tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan pengalaman dan pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun Karang Bolong Pacitan ini.

**

Nah, itulah sekilas mengenai Air Terjun Karang Bolong yang super cantik dan nggak kalah keren dengan air terjun bertebing di luar negeri. Berminat mengunjungi air terjun Karang Bolong?

Leave a Reply