Air Terjun, Alam, Harga Tiket, Tips Travelling

Air Terjun Jambuara yang Indahnya Juara

Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara- Sumber: phinemo.com

Air Terjun Jambuara – Sumatera Utara adalah kota yang kaya akan wisata alam yang sangat indah.  Selain keindahan Danau Toba yang memang sudah sangat legendaris bagi wisatawan di seluruh Indonesia, ada objek wisata di Kabupaten Simalungun yang tidak kalah indahnya, yaitu Air Terjun Jambuara.

Air Terjun Jambuara adalah air terjun yang bersumber dari aliran sungai Komangin.  Air terjun ini menjulang tinggi sepanjang 30 meter yang dengan gagahnya diapit oleh tebing di sekelilingnya.

Air Terjun Jambuara menjadi tempat wisata kebanggaan masyarakat Simalungun, Sumatera Utara. Banyak wisatawan dari luar daerah, seperti Medan, Asahan, Pematang Siantar, Batam, atau yang dari luar pulau Sumatera, suka berkunjung ke sini pada akhir pekan.

Lokasi Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara berlokasi di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Rute menuju destinasi wisata ini adalah dari kota Medan menuju Pematang Siantar, dan lanjut ke Desa Aek Komangin. Bila diukur dari pusat kota Medan, jarak yang harus ditempuh adalah 183 km atau menempuh waktu 4 hingga 5 jam menggunakan mobil.

Air Terjun Jambuara Simalungun

Air Terjun Jambuara Simalungun – Sumber: Instagram/randa_2626

Sebelum kamu tiba di kawasan air terjun, kamu akan melewati perkebunan kelapa sawit. Saat tiba di tempat parkir, kamu perlu menyiapkan Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-  untuk biaya parkir dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Kamu akan berjalan sejauh 200 meter untuk bisa tiba di titik air terjun. Jalan yang ditempuh akan sedikit curam sehingga kamu bisa saja menempuh perjalanan selama 30 menit. Rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar lunas saat kamu tiba dan melihat langsung keindahan Air Terjun Jambuara.

Baca juga:

Daya Tarik Air Terjun Jambuara

Wisata alam yang satu ini mempunyai daya tarik yang cukup unik. Tidak banyak air terjun yang memiliki tinggi air yang sangat tinggi. Tidak banyak pula air terjun yang di sekitarnya memiliki pemandangan yang sangat hijau dan asri.  Suasana yang masih alami ini menarik pengunjung lokal dari Sumatera Utara dan dari luar kota untuk selalu datang.

Selain berenang di air terjun ini, para wisatawan juga bisa berfoto. Air Terjun Jambuara adalah wisata alam yang sangat instagramable bagi kalian  para muda-mudi yang  suka membagikan momen di media sosial.

Air Terjun Jambuara simalungun

Air Terjun Jambuara Simalungun – Sumber: phinemo.com

Tips Saat Berwisata di Air Terjun Jambuara

  • Siapkan fisik dan mental.
    Karena para pengunjung perlu berjalan melewati jalan yang sedikit curam, maka diperlukan persiapan fisik dan mental. Pastikan kamu sedang dalam kondisi kesehatan yang baik ya.
  • Berhati-hati saat main di dalam air terjun.
    Debit air di Air Terjun Jambuara termasuk besar sehingga cukup membahayakan. Bila kamu tidak bisa berenang, kamu harus ekstra hati-hati. Bila kamu datang bersama anak-anakmu, jangan lengah! Pastikan anak-anakmu selalu dalam pengawasan.
  • Sebaiknya tidak datang saat musim penghujan.
    Saat musim penghujan, debit air akan sangat besar dan air pun menjadi keruh. Jadi apabila kamu datang saat musim penghujan, kamu tidak bisa berenang.

Dengan dukungan dari masyarakat di Kecamatan Simalungun, terutama para pemuda-pemudinya yang mempromosikan wisata alam ini melalui media sosial, Air Terjun Jambuara sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Pulau Sumatera. Para masyarakat di sini terus berupaya memperbaiki jalan menuju air terjun agar akses menjadi lebih mudah untuk dilalui.

Jadi, tunggu apa lagi? Bila kamu sedang berwisata ke Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke Air Terjun Jambuara, juaranya wisata alam yang asri dan indah.

 

Leave a Reply