Harga Tiket Air Terjun Doyam Gerigu Dan Rutenya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata, Harga Tiket

Harga Tiket Air Terjun Doyam Gerigu Dan Rutenya

doyam gerigu

doyamgerigu - foto ig _petualang_senja_

Air Terjun Doyam Gerigu – Tujuan wisata yang ada di Kabupaten Paser, mau itu objek pariwisata alam ataupun sejarah, perlu untuk dikembangkan guna penopang perekonomian daerah setempat.

Kabupaten Paser ini memilii luas sekitar 7.731 km² dengan kondisi topografi beragam.

Mulai dari daratan rendah, laintai, bergelombang sampai berbukit dan bergunung.

Tidak salah apabila Kabupaten ini mempunyai ragam tempat wisata seperti wisata laut hingga pegunungan. Salah satunya pada wisata Air Terjun Doyam Gerigu.

Air Terjun Doyam Gerigu

Air Terjun Doyam Gerigu – Sumber foto: sengkatel.blogspot.com

Air Terjun Doyam Gerigu ini terletak di Desa Semuntai, Kecamatan Long Ikis.

Tempat wisata ini dekat dengan perkebunan kelapa sawit yang alamnya masih terjaga alami.

Terbukti dengan banyaknya pepohonan yang masih rapat di sekitar air terjun.

Air Terjun Doyam Gerigu ada 7 tingkat

doyam gerigu

doyamgerigu – foto ig _petualang_senja_

Air Terjun Doyam Gerigu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ada beberapa tingkatan air terjun (7 tingkatan) yang dilengkapi dengan kolam alaminya.

Dan salah satu tingkatannya berupa kolam yang lumayan luas dan dijadikan sebagai tempat berenang hingga berendamnya para wisatawan.

Untuk yang ingin berkunjung ke tempat air terjun ini, kalian bisa memulai perjalanan dari Samarinda dengan melewati jalur menuju kota Balikpapan.

Air Terjun Doyam Gerigu

Air Terjun Doyam Gerigu – foto ig _petualang_senja_

Lalu, melakukan penyebrangan dari teluk Balikpapan ke Penajam Paser Utara menggunakan kapal Ferry atau Speedboat.

Dari Penajam, dilanjutkan perjalanan darat sampai ke daerah Kecamatan Long Kali, yang melewati perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Dari sana, kalian melanjutkan perjalanan lagi hingga melewati jembatan Sungai Lembok dan setelah itu kalian sudah memasuki daerah Perigi atau Jalan Pangeran Panji.

Tak jauh dari sana, kalian akan ditunjukkan jalan masuk utama ke Air Terjun Doyam Gerigu.

Air Terjun Doyam Gerigu

wisata Air Terjun Doyam Gerigu – Sumber foto: sengkatel.blogspot.com

Air terjun ini berada tepat di daerah aliran Sungai San yang berjarak sekitar 13 km dari Jalan Pangeran Panji dan masjh berada di wilayah Desa Semuntai.

Ditengah perjalan sejauh 10 km, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun kelapa sawit inti yang berada di kiri dan kanan.

Sementara sisa perjalanan lainnya, wisatawan akan melihat hutan berlukar dengan pohon besar dan tinggi.

Baca Juga :

Pesona Alami Dari Air Terjun Doyam Gerigu

Suasana Air Terjun Doyam Gerigu memang sangat menantang, ditambah dihimpit gunung terjal dan tinggi dikiri kanan sungai. Air terjun ini masih sangat alami dan akan terasa sangat dingin.

Tidak ada kegiatan pertambangan dan kebun sawit di sekitar area tersebut. Namun, sayangnya air terjun ini belum memiliki fasilitas lengkap atau hanya seadanya.

Apalagi sarana dan prasaranan pendukung lainnya.

Air Terjun Doyam Gerigu

Air Terjun Doyam Gerigu – Sumber foto: sengkatel.blogspot.com

Selain itu, di tempat air terjun ini kalian akan menemukan beragam pohon buah-buahan yang selalu berbuah pada waktu musimnya.

Seperti pada buah letan, durian, lahung, dan lain-lain. Dan ada pula informasi yang didapatkan, tempat ini juga menjadi tempat habitatnya beruang madu.

Pemburu hewan kijang, kancil dan babi hutan juga mengatakan sering melihat hewan berbulu hitam di sekitar air terjun tersebut.

Air terjun ini juga menjadi salah satu wilayah hulu penyuplai air untuk PDAM yang terletak di Sungai Lembok di hilirnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Doyam Gerigu

Air Terjun Doyam Gerigu

Air Terjun Doyam Gerigu – Sumber foto: sengkatel.blogspot.com

Jika kalian berminat dan ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun Doyam Gerigu ini, tidak perlu mengeluarkan dana sepeser pun atau gratis.

Wisata air terjun ini juga dibuka setiap hari. Namun, apabila tidak ingin tempat ramai, para pengunjung bisa berkunjung di hari Senin hingga Jumat atau menghindari hari libur atau Sabtu dan Minggu.

Leave a Reply