Alam, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pengetahuan, Taman, Tips Travelling

6 Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur

6 Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:republika.co.id

6 Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:republika.co.id

Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur – Kabupaten Barito Timur adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah dan beribu Kota di Tamiang Layang. Di Kabupaten Barito Timur terdapat banyak destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi, untuk berlibur dan menikmati waktu santai bersama teman,dan keluarga.

6 Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur

Berikut ini adalah 6 Tempat Wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang pastinya menarik dan Ciamik.

1. Pegunungan Bahalang

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang pertama adalah Pegunungan Bahalang .Pegunungan Bahalang terletak diantara 2 desa atau penghubung antara desa Lalap dan Desa Ampari Bura. Destinasi wisata Pegunungan Bahalang menyajikan wisata alam pegunungan yang asri dan sejuk serta hamparan pegunungan yang luas.

Pegunungan Bahalang Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:sangkaycity.id

Pegunungan Bahalang Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:sangkaycity.id

Untuk Kalian yang ingin berkunjung ke Pegununga Bahalang  kalian dapat melewati berbagai jalur yaitu melewati jalan perusahaan batu bara, Jl.Kec Patangkep Tutui (Bentot) dan Jl.Kec.Awang (Tangkan) serta dari Kab.Tabalong melewati Kec.Bintang Ara(Panaan).

Waktu tempuh terdekat dari Kota Tamiang Layang menuju pegunungan Bahalang berkisar antara 60-100 menit dengan rute tercepat melalui jalur perusahaan Batu Bara.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Pegunungan Bahalang

Untuk Kalian yang ingin berkunjung ke wisata Pegunungan Bahalang ini, tidak ada  pungutan biaya. Namun untuk tiket masuk dan biaya parkir lokasi wisata menyesuaikan perubahan harga sewaktu-waktu oleh pengelola wisata.

2.Taman Anggrek Hitam

Taman Anggrek Hitam Taman Anggrek Hitam Foto:virustraveling.com

Taman Anggrek Hitam Taman Anggrek Hitam Foto:virustraveling.com

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang ke 2 adalah Taman Aggrek Hitam. Disini kalian bisa melihat langsung salah satu tanaman yang dilindungi di Indonesia yaitu anggrek hitam, tidak ada salahnya anda menunjungi taman anggrek hitam yang berada di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat.

Lihat Juga :

Disini terdapat sekiar 4 hektar lahan yang digunakan khusus untuk konservasi tanaman anggrek. Tak hanya anggrek hitam saja, ada beberapa spesies tanaman anggrek juga yang memang yang ada di taman ini. Taman ini berada di sekitaran hutan, jadi anda akan merasakan hawa sejuk ketika disini  serta keindahan tanaman anggrek yang sangat memanjakan mata anda.

Harga Tiket Masuk Ke Wisata Taman Anggrek HItam

Untuk Tiket Masuk ke Wisata Taman Anggrek yaitu,15.000 rupiah per orang untuk dewasa dan 10.000 rupiah untuk anak-anak. Serta terdapat biaya parker untuk kendaraan roda 2 sebesar 2.000 rupiah dan kendaraan roda 4 yaitu 5.000 rupiah.

3. Museum Lewu Hante

Museum Lewu Hante Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:wisatasia.com

Museum Lewu Hante Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:wisatasia.com

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang ke 3 adalah Museum Lewu Hante. Museum Lewu Hante merupakan sebuah museum dengan bangunan khas rumah panggung khas Suku Dayak. Museum Lewu Hante ini merupakan salah satu kebanggan bagi warga Barito Timur, mempunyai tempat yang sangat luas, jadi sering digunakan untuk acara-acara kebudayaan.

Selain itu, di dalam bangunan rumah juga terdapat benda-benda bersejarah yang masih tersimpan rapi dan baik hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Ke Museum Lewu Hante

Untuk Tiket Masuk ke Wisata Ke Museum Lewu Hante saat weekend yaitu 20.000 rupiah dan saat hari biasa yaitu 15.000 rupiah. Namun untuk tiket masuk dan biaya parkir lokasi wisata menyesuaikan perubahan harga sewaktu-waktu oleh pengelola wisata.

4.Gua Liang Saragi

Gua Liang Saragi Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:facebook.com

Gua Liang Saragi Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:facebook.com

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang selanjutnya adalah Gua Liang Saragi. Goa Liang Saragi ini berada di Kecamatan Awang Lapai. Gua Liang Saragi merupakan gua alami, yang sekaligus menjadi tempat dari mengalirnya air sungai.

Air yang melintasi goa-goa ini sangatlah jernih. Jika kalian ingin masuk ke dalam goa, ada persewaan perahu yang bisa mengatar anda masuk ke dalam goa, dan melihat keindahan alam yang terbentuk secara alami tersebut. Untuk Tiket Masuk ke Wisata Ke Gua Liang Saragi yaitu 10.000 rupiah saja.

5. Makam Temangggung Jayakarti

Makam Temangggung Jayakarti Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:situsbudaya.id

Makam Temangggung Jayakarti Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:situsbudaya.id

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang selanjutnya Makam Temangggung Jayakarti. Makam Temanggung Jayakarti merupakan makam dari seorang yang berasal dari Belanda, dan membantu Belanda pada masa perang Banjar.

Makam Temanggung Jayakarti ini berada di Tamiang Layang. Makam ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk berkunjung ,berziarah dan menikmati sejarah, sekaligus melihat bekas-bekas peradaban pada masa perang banjar.

Untuk Kalian yang ingin berkunjung ke Makam Temangggung Jayakarti ini, tidak ada  pungutan biaya.

6. Air Terjun Riam Kendong

Air Terjun Riam Kendong Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:tempatwisataunik.com

Air Terjun Riam Kendong Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Foto:tempatwisataunik.com

Destinasi wisata di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur yang terakhir adalah Air Terjun Riam Kendong. Air Terjun Riam Kendong ini terletak di Kecamatan Raren Bertuah. Disini anda bisa merasakan pemandangan yang masih asri dan masih alami, serta bersantai di bawah guyuran air terjun yang mengalir dari atas bukit. Di Air Terjun Riam Kendong kalian juga bisa menikmati relaksasi berendam atau mandi air hangat

Lokasi Air Terjun Riam Kendong berjarak sekitar 72 Km dan butuh waktu sekitar 2 jam dari kota Tamiang laying atau sekitar 1 jam dari Kota Ampah. Disarankan jika kalian yang ingin mengunjungi Air Terjun Riam Kendong menggunakan kendaraan roda 2, karena kondisi jalan menuju air terjun yang masih belum bagus.

Untuk Kalian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Riam Kendong biaya masuk masih gratis , karena belum ada pengelola dari pemerintah setempat.

***

Sumber: tempatwisataunik.com, wisato.id, pariwisataku.com

Leave a Reply