City Tour, Budaya, Bukit, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Jarang Dikunjungi

sijujuk hill

sijujuk hill - foto ig @hasiholanstg

Jika membicarakan tentang tempat wisata di Sumatera Utara, tentu yang pertama terlintas di benak kita adalah Danau Toba dan Pulau Samosir yang ada di tengahnya.

Namun ternyata, masih banyak tempat wisata tersembunyi yang berada di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir, lho!

Sumatera Utara pun tidak terbatas di danau dan pulau tersebut. Yuk simak, apa aja sih hidden gems yang bisa kalian eksplor di tanah Batak?

1. Pulau Sibandang

6 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Jarang Dikunjungi 1

Pulau Sibandang – Source: instagram.com/pesoid_travel

Mestinya kamu tidak asing dengan Danau Toba. Danau paling terkenal di tanah Sumatera ini dapat kamu nikmati keindahannya dari satu lokasi yang belum lama ini menjadi destinasi wisata, yaitu Pulau Sibandang.

Pulau yang secara administratif masuk ke daerah Kecamatan Muara, Tapanuli Utara ini berada di areal Danau Toba. Lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Silangit, kira-kira hanya membutuhkan waktu perjalanan 45 menit.

Pulau Sibandang memiliki pantai yang unik. Hal ini lantaran pantai di sini tidak berpasir, melainkan berbatu. Di Pulau Sibandang, kamu akan dapat menyaksikan berbagai pertunjukan atau atraksi budaya, pemandangan alam yang mengagumkan, dan berjumpa dengan masyarakat setempat yang ramah.

2. Sijukjuk Hill

sijujuk hill

sijujuk hill – foto ig @hasiholanstg

Bukit Sijukjuk atau yang lebih terkenal dengan nama Sijukjuk Hill adalah salah satu hidden gem yang belum terlalu banyak diketahui oleh wisatawan. Masih berlokasi di sekitar Danau Toba, Sijukjuk Hill terletak di Desa Boho, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir.

Perlu diketahui bahwa jalan menuju Sijukjuk Hill hanya ada satu, yaitu melalui Pangururan – Aek Rangat – Desa Boho. Jalan aksesnya pun cukup menantang, yang menjadi alasan mengapa tempat ini disebut sebagai hidden gem.

Namun jangan khawatir perjalanan yang sulit itu tidak setimpal dengan pemandangan yang kamu dapatkan. Sesampainya di sini, kamu akan disambut pemandangan Danau Toba yang berwarna biru dikelilingi oleh pepohonan pinus dan bukit-bukit hijau.

Untuk menikmati pemandangan dari puncak bukit ini, kamu hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000,00/orang. Jika kamu berniat untuk camping dan bermalam, maka biaya menjadi Rp 10.000,00/orang.

3. Pantai Sigurgur

6 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Jarang Dikunjungi 2

Perahu di Pantai Sigurgur – Source: pariwisatasumut.net

Pulau Samosir menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersatu dengan air Danau Toba. Ya, Pantai Sigurgur memang terletak di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Unik sekali, ya? Asiknya lagi, kamu tidak dikenakan biaya apa pun untuk masuk ke lokasi pantai, menggunakan toilet, maupun berfoto di spot selfie yang tersedia. Pantai Sigurgur justru mengusung konsep gratis ini untuk menarik wisatawan.

Nah, selagi gratis, datanglah ke sini bersama keluarga untuk liburan! Kamu bisa menyewa perahu untuk merasakan percikan air danau di kulitmu.

4. Huta Siallagan

6 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Jarang Dikunjungi 3

Rumah Adat di Huta Siallagan – Source: travel.tempo.com

Desa adat yang berada di Kecamatan Simanindo, Ambarita, Pulau Samosir ini merupakan desa adat yang memiliki mitos dan sejarah panjang tentang hukuman pancung dan praktik kanibal.

Yang paling menarik dari tempat ini adalah adanya sejumlah rumah adat Suku Batak yang penuh dengan filosofi. Di Huta Siallagan ini kamu juga akan diajak melihat batu persidangan yang merupakan tempat dilakukan musyawarah untuk menjatuhkan hukuman pada seseorang.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi desa adat Huta Siallagan, disarankan untuk menyewa tour guide agar kamu mendapatkan informasi yang lengkap!

5. Tangkahan Ecotourism

6 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Jarang Dikunjungi 4

Gajah di Tangkahan Ecotourism – Source: travel.kompas.com (Barry Kusuma)

Ketika orang Sumatera Utara mendengar nama Tangkahan, maka yang pertama kali terlintas di benak adalah gajah.

Hal ini dikarenakan banyaknya gajah liar yang hidup di Tangkahan. Kini telah hadir Ekowisata Tangkahan dimana kamu bisa berjumpa dengan gajah-gajah liar dan menikmati keasrian alam hutan serta sungai yang mengalir dengan jernih.

Ekowisata Tangkahan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Di sini, kamu bisa mendapatkan kesempatan langka untuk memandikan gajah juga, lho!

Namun kamu harus membayar sebesar Rp 150.000,00/orang untuk mendapatkan pengalaman unik ini. Tidak perlu khawatir gajah akan mengamuk atau kamu akan tersesat, karena sudah ada pawang gajah dan pemandu wisata yang akan mendampingimu.

6. Wisata Alam Kotarih

Wisata Alam Kotarih

Wisata Alam Kotarih – foot ig @ahmadwalianhadi

Tempat wisata yang dikembangkan oleh masyarakat setempat ini memiliki dua daya tarik utama, yaitu air terjun dan pemandian yang letaknya di sungai.

Masyarakat setempat mengembangkan potensi alam yang ada di Kotarih, Desa Perbahingan, Kabupaten Serdang Bedagai dan hanya menarik tarif tiket sebesar Rp 5.000,00/orang dan biaya parkir roda empat Rp 5.000,00 serta parkir roda dua Rp 3.000,00.

Tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, kamu sudah bisa merasakan kesegaran Air Terjun Cekungan dan Pemandian Alam Batu Jalur.

Leave a Reply