Alam, City Tour, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua

Tempat Wisata di Seba

Tempat Wisata di Seba

Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua – Kabupaten Sabu Raijua adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa tenggara timur. Merupkan salah satu pulau terluar Indonesia. Seba adalah kota kecamatan Sabu Barat, merupakan kota paling ramai di Pulau Sabu. Pulau Sabu yang merupakan bagian dari Kabupaten Sabu Raijua adalah pulau paling selatan kedua setelah pulau Rote.

Orang sering menyebut Sabu Raijua sebagai surga tersembunyi di Sunda kecil. Alam yang indah di Pulau Sabu sangat sayang untuk kamu lewatkan. Kita simak yuk.

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua

Tapi sebelum kita bahas satu persatu tempat wisata eksotis di Sabu, Raijua, Seringjalan.com ingin membagikan informasi buat akses kamu ke Pulau Sabu yaitu  melalui laut dan udara.

Jika menggunakan jalur udara, hanya satu maskapai yang melayani rute Kupang – Sabu dan Ende Sabu yaitu Susi Air dengan biaya sebesar Rp. 900.000 – Rp. 1.200.000 (Kupang – Sabu) dengan jadwal sehari 3 kali penerbangan dan Rp. 300.000 – Rp. 400.000 (Ende – Sabu). J

Jika melalui jalur laut dapat menggunakan, kapal cepat dengan lama perjalanan 4 jam dan biaya Rp. 250.000 – Rp. 350.000 dimana jadwalnya senin berangkat dari Kupang menuju Sabu dan hari Selasa dari Sabu menuju Kupang, begitu seterusnya. KM. Awu (Pelni) yang jadwalnya 10 – 14 hari sekali, dengan biaya Rp. 60.000 – Rp. 80.000 menuju Kupang dengan lama perjalanan lebih kurang 10 – 12 jam.

Bisa juga menggunakan kapal ASDP (Ferry) agar bisa membawa kendaraan dan kapal Perintis. Okeh, berikut ini  6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua yang bisa kalian datangi.

1. Kelabba Maja

Kelabba Maja dalam bahasa Sabu berarti ‘tempat para dewa’ adalah salah satu Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua yang paling ngehits. Tempat ini adalah tempat sakral yang indah. Jika dihitung, ada 29 tingkatan pilar di sana. Berbentuk ngarai berukir hasil erosi ribuan tahun dan berwarna gradasi merah marun, pink, coklat, dan kelabu.

Kelabba Maja

Kelabba Maja, Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua – Foto by Liputan6.com

Tampak pilar-pilar batu berwarna merah muda dengan puncak berbentuk mirip jamur berwarna merah tua menjadikannya sangat indah. Jika kita ke sana pada jam-jam tertentu, gradasi warna itu akan berubah menjadi biru dan putih yang kerap memesona wisatawan.

2. Pantai Napae

Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua  selanjutnya adalah Pantai Napae. Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan pantai terindah Di Sabu Raijua, NTT selanjutnya yang dapat Kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Sabu di NTT.

Pantai yang terletak di Kecamatan Sabu Barat atau berada tidak jauh dari Pelabuhan Laut Seba ini menawarkan keindahan pantai yang sangat memesona dengan hamparan pasir putih yang bersih dan masih alami serta air laut yang jernih berwarna hijau tosca.

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua 1

Pantai Napae – Foto by Pesonaindo.com

Diseputaran pantai Napea, pemerintah telah membangun lopo-lopo unik khas Sabu yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat. Disini juga terdapat aula budaya yang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan adat budaya.

3. Kampung Adat Namata

Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua

Kampung Adat Namata,Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua – Foto by travelingkuy.com

Kampung Adat Namata juga masuk kedalam Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua  yang bisa kalian kunjungi. Kampung Adar Namata ini berada di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Pulau Sabu, NTT. Tidak terlalu jauh dari Kota Seba, ibu kota kabupaten, tapi jalanan ke kampung Namata lumayan menanjak.

Jika datang ke Kampung Namata akan disambut oleh pengurus kampung yang memang terbiasa menerima wisatawan. Kita dapat mengenakan baju adat setempat berupa kemben dan berfoto.

Di Kampunga Namata terdapat batu-batu megalitik yang memiliki  nama dan fungsi masing-masing, memang ada sedikit aura mistis jika kita berkunjung ke Kampung Namata tapi tidak mengurangi nilai untuk kita belajar kebudayaan setempat.

Di balik hamparan batu yang dinaungi pohon-pohon tersebut terlihatlah beberapa rumah adat beratap rumbia. Ada yang berbentuk kerucut besar dan atap rumbianya menutup sampai ke bagian bawah, nyaris menyentuh tanah. Ada juga yang berbentuk memanjang dengan atap rumbia yang nyaris menutup semua bagian rumah juga. Rumah -rumah ini masih ditinggali oleh penduduk setempat.

Baca Juga Yuk

4. Pantai Ege, Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua  yang indah

Pantai Ege merupakan pantai terindah di Sabu, Raijua . Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai olahraga selancar. Gelombang di pantai ini sangat besar dan menggairahkan untuk segera ditaklukkan karena langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua 2

Pantai Ege – Foto by Facebook.com

Pantai Ege berlokasi di Desa Waduwala, Kecamatan Sabu Liae. Menjelang sunset atau sunrise, Pantai Ege adalah tempat yang cantik untuk mengagumi bumi Indonesia serta kamu bisa mendapatkan hasil foto-foto yang extraordinary.

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua 3

Siluet di Pantai Ege – Foto by mytrip.co.id

5. Gua Lie Mabala

Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua  lainnya yang bisa kalian kunjungi adalah Gua Lie Mabala. Gua ini berada di Desa Eimau Kecamatan Sabu Tengah Kabupaten Sabu Raijua, NTT. Akses ke sini cukup mudah, hanya perlu berkendara sekitar 20-30 menit dari Kota Seba (ibu kota Sabu Raijua). Lalu dari lokasi parkir masih harus jalan kaki di jalur yang sudah rapi dibeton di antara hamparan rumput yang mengering coklat, tidak sampai 10 menit.

Gua Lie Mabala - Foto by Twitter.com

Gua Lie Mabala – Foto by Twitter.com

Jalannya sudah rapi, kamu akan tiba di lokasi yang terdapat  2 atau 3 pohon beringin tua yang bersulur-sulur. Di bawah pohon-pohon itulah letak guanya. Untuk masuk ke mulut gua kita harus menunggu penjaga atau pemandu lokal membukakan pintu pagar kayunya. Begitu pintu pagar dibuka terlihatlah mulut gua vertikal yang cukup lebar, di sekelilingnya terdapat akar-akar pohon dan dahan pohon serta daun-daunnya.

Masuk ke sini diberlakukan tiket masuk per orang Rp10.000 plus Rp5.000 untuk sewa selendang/ikat kepala. Serta ada kotak donasi yang bisa kamu isi dengan nominal sukarela. Di Gua Lie Mabala kamu dapat menemukan batu mirip menhir, serta batu yang konon adalah fosil buaya. Kamu dapat dapat berswafoto di tempat ini dan mendapatkan experience luar biasa di Gua Lie Mabala.

6. Pantai Seba

6 Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua 4

Pantai Seba – Triptrus.com

Pantai Seba juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Seba Kabupaten Sabu Raijua yang harus kalian datangi. Pantai Seba begitu eksotis terutama dengan kehadiran batu–batu cantik yang ada di sepanjang pantainya. Selain itu, dari pantai ini juga bisa dinikmati saat  momen matahari terbenam yang menawan.

Pantai Seba terletak di kota Seba. Jika menggunakan kapal untuk berkunjung ke Sabu, kamu pastinya akan diperlihatkan langsung dengan pemandangan keren pantai ini, ketika kapal yang dinaiki tengah bersandar di Pelabuhan Seba. Pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai terbaik di Pulau Sabu. Pasir yang putih, airnya jernih, kondisinya tenang, sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata favorit.

Leave a Reply