Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata, Danau, Harga Tiket, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan

Danau Paisupok

Wisata Danau Paisupok Banggai Kepulauan-sumber: Kumparan.com

Tempat Wisata di Salakan – Banggai adalah kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Banggai juga memiliki ciri khas berupa lautan yang dipecah menjadi daratan-daratan kecil. Bagi kalian yang menyukai tempat wisata alam dan juga perairan, cocok sekali liburan ke sini. Selain jalan-jalan jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen saat travelling ke Kabupaten Banggai Kepulauan.

Daftar Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan yang wajib untuk dikunjungi.

1. Danau Paisupok di Kabupaten Banggai Kepulauan

Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepuauan yang pertama adalah Danau Paisupok. Danau cantik ini adalah salah satu tempat wisata di Salakan yang harus kalian kunjungi. Danau Pasiu Pok sendiri menjadi tempat wisata yang sangat mnarik untuk dikunjungi karena keindahan dan keunikan yang dimiliki seperti air danaunya yang bewarna Biru terang dan sangat jernih.

Danau Paisupok, Tempat Wisata di Salakan Banggai Kepulauan

Danau Paisupok, Tempat Wisata di Salakan Banggai Kepulauan-sumber: Kumparan.com

Arti nama Paisu Pok sendiri adalah air hitam. Yap bagi masyarakat setempat menyebutnya demikian karena warna air di sekitar danau yang hampir menghitam. Padahal, itu semua adalah pantulan dari rumput yang tumbuh di bagian dasar sehingga air yang berwarna biru terlihat lebih gelap. Dulunya, danau ini dipenuhi dengan air asin. Namun seiring berjalannya waktu, di kolam tersebut juga terdapat air tawarnya.

Lokasi Danau Paisu Pok berada di Desa Luk Panenteng, Bulagi Utara, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota, kamu memerlukan waktu 2,5 jam menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Setelah sampai desa tersebut, kamu hanya perlu mendaki selama 5 sampai 10 menit dari jalan utama untuk sampai Paisu Pok.

2. Bukit Luwuk atau Teletubbies di Kabupaten Banggai Kepulauan

6 Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan 1

Wisata Bukit Luwuk Banggai Kepulauan-sumber: Pariwisataku.com

Tidak hanya di Jawa saja yang punya bukit berkelok atau yang sering disebut dengan Bukit Teletubbies. Di Kabupaten Banggai Kepulauan juga ada bukit dengan hamparan rumput hijau yang berkelok.

Orang di sini menyebutnya dengan Bukit Luwuk. Sebuah Bukit yang menjadi Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan ini menyugguhkan hamparan savana rerumputan yang sangat indah bak permadani yang terbentang.

Jika kalian liburan ke Bukit Luwuk ini, bisa menemukan banyak spot foto yang bagus. Di tempat wisata Bukit Luwuk ada pohon jomlo yang berada di tengah-tengah bukit. Kemudian, jangan lewatkan untuk menikmati matahari terbenam jika jalan-jalan ke Bukit Luwuk.

Baca Juga ya :

3. Molino Tontouan di Kabupaten Banggai Kepulauan

Molino Tontouan, Tempat Wisata di Salakan Banggai Kepulauan

Molino Tontouan, Tempat Wisata di Salakan Banggai Kepulauan – sumber: pesonawisataalam.wordpress.com

Selanjutnya ada Molino Tontouan yang menjadi Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan. Tempat ini adalah sebuah kawasan pemandian air alami yang menyejukkan. Di tempat ini kalian bisa melihat pemandangan alam dan air terjun yang memanjakan mata.

Lokasi wisata Molino Tontouan di Kabupaten Banggai Kepulauan berada di pusat kota dan mudah dikunjungi. Bagi kalian yang suka travelling ke alam yang masih alami cocok sekali datang ke tempat wisata ini.

4. Pantai Kilo Lima di Kabupaten Banggai Kepulauan

6 Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan 2

Wisata Pantai Kilo Lima Banggai Kepulauan-sumber: Celebes.com

Sebenarnya Pantai Kilo Lima ini berada di kota Luwuk. Dinamakan Pantai Kilo Lima karena terletak di 5 KM dari kota Luwuk itu sendiri. Jika kalian liburan ke sini, bisa menikmati pesona pantai yang masih bersih dan alami. Lokasinya yang dekat dengan Luwuk membuatnya masuk menjadi Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Selain menikmati pesona keindahan pantai. Di tempat wisata Pantai Kilo Lima juga ada fasilitas tempat makan dengan hidangan kuliner khas daerah maupun dari luar daerah Kabupaten Banggai.

5. Air Terjun Salodik di Kabupaten Banggai Kepulauan

Air Terjun Salodik, Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan

Air Terjun Salodik, Tempat Wisata di Salakan – sumber: Kacamatawisata.blogspot.com

Tempat Wisata di Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan lainnya adalah Air Terjun Salodik yang berada di ketinggian 750-1000 mdpl. Wisata Air terjun Solodik ini berada di Desa Salodik, kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggi.

Daya tarik Air Terjun Salodik adalah adanya sungai yang berwarna jernih dan hijau keabu-abuan. Selain itu, kalian juga bisa berenang dan berendam di sungai ini serta menikmati suasana yang sejuk.

Kemudian, di sekitar tempat wisata Salodik terdapat hutan tropis yang mengelilingi air terjun tersebut. Kawasan ini juga cocok sekali buat kalian yang hobi fotografi. Ada spot bebatuan alami yang datar dan dialiri oleh curahan air dari aliran sungai Salodik.

6. Danau Tendetung

Tempat Wisata di Salakan Banggai Kepulauan yang juga wajib kalian kunjungi adalah salah satunya Danau Tendetung atau Danau Musiman. Danau Tendetung termasuk unik karena pada bulan-bulan tertentu airnya akan kering akibat musim kemarau dan sewaktu-waktu akan penuh dengan air saat musim penghujan.

Danau Tendetung Temppat wisata di Salakan Banggai Kepulauan

Danau Tendetung Temppat wisata di Salakan Banggai Kepulauan – foto travelplusindonesia.com

Jika musim kemarau atau kering biasanya terjadi pada Mei sampai November. Sementara, musim penghujan mulai November hingga April airnya begitu melimpah. Nah pada saat musim kemarau, masyarakat sekitar memafaatkan kawasan tersebut dengan berladang, berternak maupun menanam berbagai macam tumbuhan.

Mereka biasanya menanam kacang-kacangan dan bahkan ada yang menggembalakan sapinya karena danau tersebut juga ditumbuhi rumput dan pepohonan. Dan pada saat danau kembali terisi oleh air maka tempat ini kembali menjadi kawasan wisata yang cantik dan menarik.

Saat musim penghujan tiba danau tendetung yang memiliki luas hingga 70 hektar ini akan digenangi air setinggi enam sampai tujuh meter dan akan banyak hidup berbagai ikan di dalamnya.

Secara administratif, danau musiman berada di wilayah Kecamatan Totikum dan masuk dalam wilayah tiga desa yaitu Desa Peley, Desa Kanali, dan Desa Tobungku.

Leave a Reply